Minggu, Mei 5, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPanduan Cara Membaca Ukuran Baut Semua Jenis dengan Mudah

    Panduan Cara Membaca Ukuran Baut Semua Jenis dengan Mudah

    JAKARTA – Untuk sebagian orang yang hobi atau memiliki sebuah kendaraan bermotor, sudah tidak asing lagi dengan barang-barang seperti baut. Namun tidak jarang, pemilik kendaraan yang masih belum mengetahui jenis-jenis dan ukuran baut. Lewat artikel ini, kita akan pahami jenis dan ukuran baut.

    Apa pentingnya memahami tabel ukuran baut kendaraan? Tujuannya jelas, karena baut adalah komponen penting dari kendaraan yang sifatnya permanen, maka mengetahui dan mengenal jenis dan ukuran adalah hal penting, agar Anda tidak salah beli dan paham jika ada masalah pada komponen kendaraan Anda.

    Baca juga: Apa Itu Thermostat AC Mobil? Cek Fungsi, Cara Membersihkan, Menyetel dan Menggantinya

    Jenis-jenis Baut

    Jenis baut sangat banyak dan mempunyai bentuk serta kegunaan yang bisa berbeda. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mengetahui macam-macam baut. Sehingga saat Anda ingin membelinya sudah tahu jenis mana yang harus Anda beli. Berikut kami sampaikan beberapa jenis baut yang lazim ditemui di toko.

    Carriage Bolts

    Baut jenis ini biasa dipakai untuk menyambungkan komponen berbahan kayu. Baut ini mempunyai kepala menyerupai kubah dan mempunyai bentuk segiempat di sisi leher. Fungsi bentuk persegi ini untuk mengencangkan komponen yang disambungkan dengan menekan masuk ke dalam kayu. Dengan demikian ikatan baut menjadi kuat.

    Square Head Bolts

    Sesuai dengan namanya, baut ini mempunyai kepala berbentuk persegi. Baut ini cukup sering dipakai oleh banyak orang. Biasanya baut ini dipakai untuk pekerjaan konstruksi maupun industri berat.

    Flange Bolts

    Jika diamati pada baut ini terdapat bubungan atau flens yang terletak di bawah kepala baut. Flens tersebut bertugas memberikan kekuatan pada baut seperti memakai washer. Baut ini biasanya terbuat dari material yang beragam, seperti baja hitam maupun besi biasa.

    Hex Bolts

    Baut ini sangat lazim dipakai untuk konstruksi atau perbaikan. Ciri khas dari baut ini adalah bentuknya yang segi enam atau hexagonal. Bahan baku baut ini beragam dan disesuaikan dengan kegunaannya. Di antaranya carbon steel, stainless steel, dan alloy steel yang dilapisi dengan kadmium atau seng plating untuk mencegah terjadinya korosi.

    Baut dengan kepala berbentuk segi enam ini bisa digunakan untuk keperluan yang beragam. Mulai dari otomotif, eksterior bangunan, pesisir, atau bahkan lingkungan yang memiliki suhu tinggi.

    Baca juga: Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

    Ukuran Baut

    Sebelum Anda membaca tabel ukuran baut, ada baiknya memahami dulu bagian-bagian dari baut agar mudah mengetahui ukurannya. Jika Anda tidak dapat membedakan ukurannya, akan bingung ketika ingin membelinya. Karena beda ukuran, pasti beda juga jenis bautnya.

    B (Width Across Flats)

    Nah bagian ini merupakan ukuran lebar kepala baut di bagian yang sejajar. Pada ukuran ini, kita juga bisa menentukan ukuran kunci yang biasa digunakan untuk membuka dan mengencangkan baut.

    L (Length)

    Kemudian Length, sama seperti namanya, ukuran L merupakan pernyataan Panjang dari baut itu sendiri.

    TL (Thread Length)

    Length adalah Panjang baut, maka Thread Length adalah Panjang dari ulir yang mengelilingi baut itu sendiri. Ulir yang dimiliki baut memiliki fungsi agar baut dapat menancap kuat di berbagai permukaan yang digunakan. Jadi, ulir itulah yang disebut dengan TL.

    P (Pitch atau Jarak Antar Ulir)

    Bukan cuma panjang saja, namun jarak antar ulir pun ada ukurannya, Pins. P merupakan satuan untuk menyatakan jarak antara puncak ulir yang satu dengan ulir lainnya.

    D (Diameter)

    Nah sedangkan diameter, merupakan satuan yang menyatakan diameter ulir dari baut itu sendiri.

    Oke, setelah memahami bagian-bagian pada baut, sekarang kita pelajari bagaimana cara membaca tabel ukuran baut.

    Baca juga: Kupas Tuntas Cara Memperbaiki dan Merawat Power Steering

    Cara Membaca Ukuran Baut

    Jenis dan macam baut
    Jenis-jenis baut

    Meskipun Anda bukan mekanik sebuah mesin, namun pengetahuan cara membaca ukuran baut memang harus tahu. Karena sewaktu-waktu pasti akan membutuhkannya.

    Berikut ini cara untuk mengetahui ukuran baut, agar lebih jelasnya mari simak ulasan di bawah ini:

    Ukur Panjang Baut

    Cara pertama cukup mengukur saja panjang baut itu sendiri, untuk mengukurnya memang sangat mudah sekali. Anda bisa menggunakan jangka sorong atau mistar untuk mengetahuinya, apabila kedua benda tersebut tidak ada. Maka bisa menggunakan alternatif alat ukuran lainnya yakni penggaris.

    Ukur Jarak Ulir Baut

    Lalu cara kedua juga sangat mudah dalam penggunaanya, hanya saja pada cara ini Anda harus memiliki alat ukuran ulir baut dengan nama screw pitch gauge. Alat ini bisa mengukur jarak uliran dari baut tersebut. Namun sebelum Anda  menggunakan dengan alat ini harus mengaturnya terlebih dahulu.

    Ukur Lebar Kepala Baut Sejajar

    Berlanjut ke cara ketiga ialah dengan mengukur kepala dari baut tersebut. Cara ini dinilai lebih mudah, cepat dan simpel. Untuk mengukurnya Anda harus menggunakan alat yakni jangka sorong, penggunaan alat ini dapat dikatakan sangat akurat sekali. Namun tetap Anda harus melihat dari kode baut tersebut, sehingga dapat mengetahui lebih spesifik untuk ukuran dari baut tersebut.

    Spesifikasi Baut

    Pada kasus seperti ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasi dari baut tersebut. Karena ada dua macam baut yang sering digunakan.

    Standar Baut Ukuran Inchi

    • Simbol dalam skala inchi ialah W merupakan kependekan dari Witworth. Simbol akan muncul seperti W ½ mewakili diameter baut berukuran ½ inchi
    • Sudut alpha atau puncak-nya 55 derajat

    Standar Baut Ukuran Metrik (Milimeter)

    • Simbol dalam skala Metrik ialah M, jika simbol M 10 maka diameter bautnya berukuran 10 mm
    • Sudut alpha atau puncak-nya 60 derajat

    Lakukan Pengukuran Diameter Baut

    Cara terakhir ialah dengan mengukur diameter baut. Cara ini bisa menggunakan alat jangka sorong seperti beberapa cara lainnya. Akan tetapi jika anda ingin lebih mantap lagi bisa menggunakan alat lainnya yakni micrometer luar

    Baut adalah salah satu komponen penting pada kendaraan, salah satunya mobil. Peran baut sebagai penghubung antara bagian satu dengan bagian yang lainnya juga menentukan apakah mobil dalam kondisi baik atau tidak. 

    Jika ada baut yang tidak sesuai, pasti mobil menjadi tidak nyaman. Untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas, salah satu yang harus dicek juga adalah kondisi baut tersebut.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait