Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsCara Menguras dan Membersihkan Tangki BBM yang Tepat

    Cara Menguras dan Membersihkan Tangki BBM yang Tepat

    OLX sudah tau kan kalau tangki bahan bakar minyak (BBM) pada mobil atau sepeda motor harus dikuras dalam beberapa waktu. Hal ini dikarenakan di dalam tangki yang sudah lama, biasanya  terdapat unsur sedimen atau endapan kotoran.

    Jika tidak tau alasan kenapa harus dikuras lihat artikel dengan judul ‘Alasan Kenapa Tangki Bahan Bakar Perlu Dikuras’ di News OLX.

    Tapi perlu dicatat juga OLXer, menguras tangki bisa saja dibutuhkan karena kesalahan ketika mengisi bahan bakar. Meski OLXer menganggap tak masuk akal, namun hal tersebut mungkin saja terjadi.

    Nah, jika sudah mengetahui alasannya, berikut ini kita akan membahas bagaimana cara menguras tangki BBM yang tepat

    Pertama, habiskan BBM dalam tangki. Jika cuma beda kadar oktan memang tak masalah, mobil cukup jalan-jalan sampai berkurang. Tapi, jika mobil bensin dipakai solar, nah ini yang menjadi masalah. Harus cepat-cepat dikuras. 

    Adapun cara untuk menguras BBM bisa menyedotnya menggunakan selang. Perlu dicatat, untuk mobil keluaran terbaru saat ini memiliki logam berbentuk bola yang diketahui fungsinya dapat mencegah bensin keluar dari tangki jika terjadi kecelakaan. Oleh karena itu lakukan dengan tepat ya.

    Untuk menguras BBM juga bisa digunakan alat penyedot bahan bakar. Hal ini juga mempermudah saat mengeluarkan BBM dari tangki. Bahkan alat yang digunakan dapat dibeli di toko otomotif atau suku cadang.

    Bisa juga menggunakan alat penyedot cairan, yang dioperasikan secara manual. Oia, mengeluarkan bensin juga memakan waktu cukup lama lho.

    Perlu dicatat, ketika mengeluarkan BBM, ada baiknya mempersiapkan wadah atau jerigen kosong di bawah penyumbat tangki untuk menampung BBM agar tidak tercecer ke lantai. Jika itu terjadi hal ini berisiko memicu hal yang tidak diinginkan.

    Kedua, jika sudah memastikan tangki BBM habis, OLXer bisa melepas tangki dengan terlebih dahulu melepas beberapa mur dan baut sebagai pengikat.

    Ketiga, lepaskan pompa, pelampung bahan bakar, serta kabel dan selang bensin secara hati-hati agar tidak mengalami kerusakan.

    Keempat, jika tangki sudah kosong OLXer bisa sedikit mengisi BBM lalu menggoyang-goyangkannya. Kemudian keluarkan BBM dari tangki yang sudah tercampur kotoran. Lakukan hal tersebut beberapa kali.

    Perlu dicatat, ketika menggoyang-goyangkan tangki tak sedikit orang memasukan logam seperti mur atau baut, dengan harapan mampu membuat kotoran yang menempel jadi rontok.

    Jika cara membersihkan tangki selesai, OLXer bisa memasangkan kembali. pastikan semua dipasang dengan benar dan jangan sampai ada yang terlepas atau bocor. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here