Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    TipsCara Mencegah Pencurian Pecah Kaca Mobil Versi Polisi

    Cara Mencegah Pencurian Pecah Kaca Mobil Versi Polisi

    Sebuah aksi kejahatan berupa pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil memang sering kali terjadi. Terlebih, kasus pencurian pecah kaca di siang hari bolong di kawasan Depok, Jawa Barat sempat terekam kamera video dan menjadi viral.

    Tentu saja berkaca dari kejadian tersebut, kita harus lebih ekstra waspada, apalagi ketika mengemudi dan membawa barang berharga termasuk uang dengan nominal yang cukup banyak.

    Atas dasar itu pula, Polda Metro Jaya melalui akun resmi instagram @humas.pmj memberikan lima tips agar terhindar dari pencurian pecah kaca, antara lain:

    1. Parkir di tempat aman

    Saat parkir di tempat umum, sebaiknya mobil diparkirkan di tempat yang cukup rama dan mudah dipantau oleh pemilik mobilnya. 

    Memang sebaiknya hindari parkir di tempat yang jauh dari keramaian atau sepi. Khusus di malam hari, hindari parkir di tempat gelap.

    2. Jangan menutup kaca secara penuh saat parkir

    Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan pencurian yang tidak diinginkan. Misalnya parkir di siang hari, kaca mobil harus dibuka paling tidak 1 cm sebagai jalur sirkulasi udara. Dengan begitu, pelaku pencurian pecah kaca mobil diyakini akan kesulitan memecahkan kaca dengan pecahan busi.

    3. Pasang alarm mobil

    Sangat penting untuk pasang alat pengaman seperti sensor tambahan, alarm ganda, atau electrical cut-off. Hal ini perlu dilakukan untuk mobil yang belum disematkan fitur Immobilizer dalam mencegah mobil dibawa kabur juga oleh para pelaku kejahatan.

    4. Pakai kaca film

    Cara lain mencegah aksi pencurian kaca mobil adalah dengan memasang kaca film. Seperti diketahui, 60 persen bagian dari mobil merupakan kaca mobil. 

    Untuk itu, disarankan bagi para pemilik mobil untuk memilih kaca film yang sulit terlihat dari luar, namun tidak mengganggu visibilitas.

    5. Simpan barang di tempat aman

    Untuk menjamin keamanan barang di dalam mobil, kamu bisa menyimpan barang berharga di tempat tertutup dalam mobil. Manfaatkan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, atau bagasi, serta juga bisa memanfaatkan tray penutup di bagasi bagi pemilik mobil SUV (Sport Utility Vehicle), atau hatchback.

    Jika tidak tersedia tempat atau kompartemen tertutup yang memadai, barang berharga bisa disimpan di kolong jok mobil, atau ditutupi dengan benda gelap agar dari luar mobil terlihat samar.

    Pada intinya, OLXer harus lebih berhati-hati, sebab seperti kata Bang Napi, ‘Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan’.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here