Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsCara Menghilangkan Baret Mobil, Perlengkapannya Bisa Juga Beli di Warung

    Cara Menghilangkan Baret Mobil, Perlengkapannya Bisa Juga Beli di Warung

    Munculnya baret, goresan, lecet, atau scratch pada bodi mobil tentunya sangat menjengkelkan. Pasalnya, bodi mobil membuat tampilan luar menjadi tak sedap dipandang. Apalagi, jika mobil baru. 

    Terkadang meski hanya sedikit atau kecil, tak jarang sang pemilik merasa sangat resah. Sebaliknya, jika baret bodi mobil terasa dalam atau berat, hal perlu dipikirkan adalah berapa biaya yang harus dikeluarkan!

    Periksa kedalaman goresan pada mobil

    Nah, jika mobil OLXer mengalami baret atau terdapat goresan, maka tak perlu panik. Sebaliknya hal tersebut bisa diperiksa seberapa dalam atau parah goresan yang dialami pada permukaan bodi mobil.

    Adapun cara memeriksa dalam atau tidaknya goresan bisa dilihat dengan kasat mata, kemudian sentuh dengan jari atau kuku. 

    Lalu kenapa harus diperiksa? Tentu saja hal ini untuk menentukan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Karena jika goresan halus pada mobil bisa dilakukan mandiri di rumah, sedangkan goresan sangat dalam dan parah harus diserahkan kepada para ahli.

    Cara menghilangkan baret mobil

    bodi mobil lecet diperbaiki
    Ilustrasi bodi mobil lecet dan sedang diperbaiki. (shutterstock)

    Goresan pada mobil sejatinya bisa dihilangkan dengan beberapa perlengkapan sederhana dan bisa ditemui di warung. Sedangkan goresan berat dan dalam sangat sulit, bahkan tak jarang mereka yang mobilnya mengalami hal itu justru harus mengecat ulang.

    Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan baret mobil secara halus dan dalam:

    1. Gunakan compound

    Cara menghilangkan baret yang pertama adalah dengan menggunakan compound. Untuk menggunakan bahan ini, OLXer perlu membersihkan bodi mobil yang lecet terlebih dahulu dengan air, kemudian keringkan menggunakan lap kering. Setelah itu, poles bagian yang baret kompon.

    Lakukan hal ini secara berulang kali, kemudian bilas dengan air bersih dan lap menggunakan kain microfiber. Tapi perlu dicatat, jangan menggunakan kompon secara berlebihan, karena akan mengikis cat di sekitar goresan.

    2. Gunakan amplas

    Cara menghilangkan goresan halus pada mobil juga bisa dilakukan dengan cara diamplas. Hanya saja untuk menggunakan amplas ini tidak boleh sembarangan, karena harus memperhatikan jenis amplas sesuai tingkat kekasaran atau kehalusannya.

    Nah, untuk menggunakan amplas pilih jenis dengan grit tinggi berkisar 1000-2000 grit. Adapun sebelum, mengamplas bersihkan bodi mobil dari kotoran dan debu, kemudian amplas secara searah bagian yang tergores secara lembut atau jangan terlalu ditekan. 

    Karena jika salah, menerapkannya maka goresan bisa bertambah lebar dan banyak.

    3. Lotion anti nyamuk

    Lotion anti nyamuk yang dapat dibeli di warung juga dipercaya dapat menghilangkan baret. Obat nyamuk ini dianggap memiliki kandungan kimia dengan efek yang cukup keras pada cat mobil.

    Cara menggunakannya cukup sederhana, oleskan lotion anti nyamuk  pada bagian mobil yang baret dan kemudian gosok secara merata. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih dan keringkan.

    4. Pasta gigi

    Odol atau pasta gigi, bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan baret halus. Hanya saja, pasta gigi lebih cocok untuk digunakan pada mobil dengan cat putih.

    Cara menghilangkan baret dengan pasta gigi terbilang mudah, yaitu cukup membersihkan permukaan mobil yang lecet, kemudian oles pasta gigi pada kain lembut yang telah dibasahi, lalu gosok dengan cara melingkar hingga merata. Setelah itu, bersihkan kembali dengan kain bersih. 

    5. Minyak rem

    Cara mudah untuk menghilangkan baret halus juga bisa menggunakan minyak rem. Ya, OLXer cukup menuangkan minyak rem pada kain halus kemudian oleskan pada permukaan yang lecet. Setelah itu  bersihkan dengan air dan lap menggunakan kain microfiber kering.

    6.  Scratch Remover

    Cara ampuh untuk menghilangkan baret halus mobil yaitu dengan menggunakan scratch remover. Memang harganya melebihi lotion anti nyamuk, pasta gigi, atau amplas, tapi scratch remover masih dapat mudah didapat di toko-toko aksesori mobil dan harganya masih terjangkau.

    Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu mengoleskan cairan scratch remover pada bagian bodi mobil yang tergores secara merata dan gosok bagian tersebut dengan menggunakan kain microfiber. Lakukan proses tersebut beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    7. Wax

    Salah satu cara yang banyak digunakan untuk menghilangkan baret halus yaitu tipe wax. Jika ingin melakukan cara ini, disarankan untuk menggunakan wax padat, karena tidak memiliki kandungan bahan abrasif, jadi aman untuk Anda gunakan.

    Sebaliknya wax cair memiliki komponen abrasif yang jika digosok terlalu kuat atau dipakai berlebihan, maka goresan pada mobil justru bertambah lebar.

    Adapun jika menggunakan wax padat, maka silikon dan bahan atau kandungannya dapat mengisi goresan atau menambal luka yang ada. Keuntungan wax padat juga membuat OLXer tak khawatir ketika melakukan pengolesan.

    8. Ketok magic

    Bila OLXer merasa tak punya waktu untuk menghilangkan baret atau lecet secara mandiri di rumah, maka bisa juga pergi ke ketok magic atau salon mobil.

    Setidaknya, para tenaga ahli di ketok magic memiliki keahlian memperbaiki bodi mobil dengan goresan yang cukup dalam. Bahkan mereka juga bisa memperbaiki bodi mobil penyok dan rusak. Paling penting, ketok magic cepat dalam pengerjaanya.

     9. Cat ulang

    Mengecat ulang jadi pilihan tepat jika memang baret atau lecet pada mobil sanga dalam dan lebar. Setidaknya, cara ini bisa dilakukan sendiri. Namun untuk lebih aman, akurat dan sempurna secara detail bisa dilakukan di bengkel resmi maupun bengkel cat mobil.

    Memang, kesulitan mengecat mobil ini mencocokan warna. Hal ini  agar warna bodi mobil jadi cantik Kembali. Nah, jika pengecatan dilakukan secara asal atau pengerjaanya tidak sempurna, maka hasilnya akan kurang memuaskan.

    Satu hal yang perlu OLXer ketahui, untuk mengecat ulang biasanya membutuhkan biaya yang dikeluarkan lebih mahal, karena goresan pada mobil tidak bisa diselamatkan compound, wax, atau lotion anti nyamuk, minyak rem, bahkan pasta gigi. Mahalnya pengecatan bodi, tak lain karena prosesnya tidak mudah, perlengkapan mahal, dan memakan waktu lama.

    Penyebab mobil baret

    Bodi mobil lecet karena ulah iseng shutterstock
    Bodi mobil lecet karena ulah iseng. (shutterstock)

    1. Usia mobil sudah tua

    2. Benturan dengan mobil lain atau saat parkir

    3. Hujan yang meninggalkan noda debu dan kerikil

    4. Kesalahan cara mengelap

    5. Penggunaan lap dan sponge kotor saat mencuci

    6. Ulah Iseng

    7. Noda aspal

    8. Binatang atau hewan karena mengeluarkan kotoran atau kukunya bodi mobil 

    Cara Mencegah Baret Mobil

    Bodi mobil lecet saat parkir shutterstock
    Bodi mobil lecet saat parkir. (shutterstock)

    Sebelum baret muncul dari segala sisi bodi sehingga menyebabkan mobil tak sedap dipandang, berikut cara mencegah munculnya baret pada mobil:

    1. Hati-hati saat mengemudi

    Cara pertama untuk mencegah terjadinya goresan pada mobil tentu saja berhati-hati saat mengemudi. Artinya, saat kondisi jalanan lengang atau macet, pastikan mobil OLXer selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain baik di depan, belakang dan juga samping.

    Selain itu, jangan mengemudi di bahu jalan, karena biasanya kondisi jalan penuh batu, semak-semak, hingga rating pohon menggantung rendah. Hal-hal seperti ini faktanya akan mudah membuat cat bodi mobil lecet.

    2. Hati-hati saat parkir

    Setelah mengemudi, pastikan sesampainya di lokasi pilih tempat parkir yang aman. Potensi parkir yang aman yaitu berada dalam garis hal ini sudah pasti mobil akan terhindar dari gesekan mobil lainnya, karena mobil berhenti dan berada dalam garis parkir sangat dianjurkan.

    OLXer juga disarankan parkir tidak di dekat lajur pejalan kaki atau pintu masuk. Hal ini tentu saja dapat menghindari tangan-tangan usil atau memang tidak sengaja tersenggol.

    Selain itu, hindari parkir di bawah pohon, karena selain kemungkinan rating jatuh, bisa saja kotoran burung atau getah pohon menempel pada body mobil.

    3. Rajin cuci mobil dengan cara yang benar

    Rajinlah mencuci mobil. Selain itu, mencuci menggunakan pencucian mobil otomatis, tidak terlalu disarankan. Sebaliknya, lakukan dengan tangan menjadi pilihan terbaik.

    Mencuci juga tak bisa asal-asalan, misalnya jangan asal basuh lantaran spons sudah dibasahi, kemudian ditambah sabun maka menghasilkan busa yang banyak. Sementara body mobil yang kotor belum disiram. Alhasil, akan muncul goresan baru.

    Maka dari itu, langkah yang harus diperhatikan pastikan kotoran yang menempel pada body mobil disiram air dengan menggunakan selang.

    4. Gunakan pembersih berkualitas

    Selain rajin mencuci mobil, pastikan perlengkapan mencuci mobil menggunakan perlengkapan berkualitas seperti kain microfiber dan lap jenis chamois, serta lap kering.

    Saat ini banyak juga bermacam-macam jenis pembersih mobil. Hanya saja, OLXer jangan hanya melihat dari harga yang murah, tetapi pastikan komposisi jenis pembersih sesuai  dan memiliki standar terbaik.

    5. Lakukan Wax

    Jika mobil sudah dicuci, tidak ada salahnya lakukan wax agar melindungi cat mobil dari pancaran sinar matahari yang dapat membuat pudar cat bodi, serta mampu menghindari air, debu dan kotoran menempel.  Dengan cara wax, maka potensi air, debu atau kotoran sulit menempel, karena jika kita pegang saja terasa halus dan licin.

    Baret bisa diperbaiki asuransi?

    Jika bodi mobil baret mungkin OLXer akan merasa risau. Namun hal itu tidak akan terjadi jika memiliki asuransi.

    Ya, asuransi dapat digunakan untuk klaim bodi mobil lecet atau baret. Hanya saja, perlu OLXer ketahui, bahwa untuk klaim bodi mobil lecet harus menggunakan jenis asuransi All Risk atau Comprehensive, dan bukan total loss only (TLO).

    Jenis asuransi All Risk memang dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap risiko yang mungkin OLXer alami saat berkendara mobil. Pasalnya, jenis asuransi ini menanggung kerusakan ringan hingga sedang, seperti lecet sedikit.

    Sedangkan jenis asuransi TLO, merupakan asuransi mobil yang memberikan klaim jika mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan 75 persen atau lebih.

    Artinya, kerusakan mobil yang alami kurang dari 75 persen, tidak bisa mengajukan diklaim. Sedangkan asuransi hanya akan menanggung atau membiayai perbaikan untuk kerugian yang terjadi nilainya lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum mengalami kerugian. Contoh kerugian yang bisa dijamin seperti hilang atau dicuri.

    Cara klaim asuransi mobil baret

    Bodi mobil lecetlangsung kontak asuransi
    Jika mobil baret maka langsung kontak pihak asuransi. (Shutterstock)

    Jika OLXer ingin melakukan klaim asuransi karena mobil baret, setidaknya ada beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain:

    –  Kontak pihak asuransi

    –  Siapkan dokumen yang diperlukan secara lengkap

    –  Lampirkan bukti foto kondisi mobi

    –  Isi formulir pengajuan klaim

    –  Informasikan dan ceritakan kronologi kejadian dengan jelas

    –  Datangi bengkel rekanan asuransi

    Klaim mobil baret bisa juga ditolak

    Klaim asuransi karena mobil baret bisa saja ditolak. Hal ini karena beberapa hal termasuk :

    – Polis sudah tidak aktif

    – Dokumen tidak lengkap

    – Kerusakan sudah terjadi sebelum membeli polis diasuransikan

    – Melanggar aturan yang berlaku

    – Polis tidak dalam masa tunggu, atau periode sekitar satu bulan setelah polis diterbitkan

    – Sengaja dirusak

    – Modifikassi atau tambahan aksesoris tanpa melapor perusahaan asuransi.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here