Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsCara Menghilangkan Karat Mobil Dengan Bahan Rumahan Sampai Harga Bengkel

    Cara Menghilangkan Karat Mobil Dengan Bahan Rumahan Sampai Harga Bengkel

    Pemilik mobil pasti merasa kesal jika terdapat karat pada tunggannya. Terlebih karat pada mobil kerap muncul di bagian-bagian sulit dan tak terlihat ketika mencuci, seperti kolong, selah pintu, dan beberapa titik lainnya.

    Dengan munculnya karat, apalagi di body tentu saja hal itu akan tak sedap dipandang. Selain itu, munculnya karat lama kelamaan didiamkan, maka akan membuat bagian logam mobil menjadi rapuh atau mudah larut.

    Apa itu karat?

    Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Korosi sendiri adalah kerusakan atau kehancuran material akibat adanya reaksi kimia di sekitar lingkungannya.

    Korosi disebabkan adanya faktor kimia fisika, metalurgi, elektrokimia dan termodinamika. Dalam bahasa sehari-hari, korosi disebut perkaratan.

    Pada peristiwa korosi, logam mengalami oksidasi, sedangkan oksigen (udara) mengalami reduksi. Karat logam umumnya adalah berupa oksida atau karbonat. Biasanya logam seperti bermaterial besi sering mengalami korosi.

    Penyebab Muncul Karat

    mobil karat
    Ilustrasi mobil berkarat. (Shutterstock)

    Layaknya kanker, penyakit yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh dengan cepat. Adanya karat juga bisa menyebar dengan cepat dan sulit diatasi jika sudah mencapai level parah.

    Diketahui, munculnya karat karena beberapa penyebab, antara lain:

    1. Kotor

    Mobil kotor memiliki potensi lebih besar jadi berkarat. Kotoran seperti lumpur atau kotoran binatang jadi paling sering menempel dan jadi akar masalah munculnya karat.

    Ya, lumpur dan kotoran binatang, jika didiamkan biasanya akan mengikis permukaan cat, sehingga lama kelamaan permukaan cat hilang, lalu mengikis bagian logam hingga muncul karat.

    2. Air hujan

    Jika mobil yang dipakai kehujanan, sebaiknya jangan diabaikan sampai mengering sendiri. Sebab, sejatinya air hujan berbahaya untuk logam, karena mengandung mineral dan memiliki tingkat keasaman tinggi, terutama di wilayah perkotaan berpolusi tinggi.

    3. Bekas tabrakan

    Tabrakan atau benturan yang kemudian membuat lapisan cat terkelupas, biasanya jadi faktor utama munculnya karat. Maka dari itu, jika mengalami tabrakan sebaiknya langsung perbaiki.

    4. Dekat pantai

    Munculnya karat tidak hanya karena lumpur dan air, sebab letak geografis juga sangat berpengaruh menyebabkan korosi. Salah satu tempat yang memiliki potensi mobil berkarat yaitu wilayah pantai yang berdekatan dengan laut. 

    Nah, pemilik mobil yang tinggal atau sering beraktivitas di wilayah dekat pantai harus lebih hati-hati merawat mobilnya karena sifat air laut yang korosif, selain itu hawa atau udara di sekitar pantai juga ikut berpengaruh.

    5. Berlebihan saat mencuci

    Mencuci mobil memang menjadi hal wajib. Namun mencuci mobil yang berlebihan seperti menggunakan sikat kawat atau cairan pembersih yang terlalu kuat.

    Ya, jika pergi ke cuci steam sebaiknya kurangi volume penggunaan tekanan air, karena hal tersebut maka dapat mengikis lapisan cat atau anti karat.

    Cara Mencegah Karat

    Untuk menghindari karat muncul pada mobil, sebaiknya menjaga kebersihan mobil seoptimal mungkin.

    Adapun cara mencegah karat cukup mudah yaitu rajin mencuci mobil sesering mungkin. Apalagi jika mobil terkena air hujan, maka cuci sampai kotoran tidak menempel.

    Selain itu, pastikan mobil kering sempurna dan tidak lembab, terutama area kolong, celah dan sambungan di mobil yang merupakan bagian paling rawan karat.

    Jika ada bagian mobil yang terkikis atau terkelupas lapisan cat karena kecelakaan atau tabrakan, maka segera perbaiki dan jangan menunggu terlalu lama dengan alasan apapun.

    Selain itu, oleskan pelumas atau gemuk pada beberapa bagian engsel mobil yang berpotensi timbulnya karatan.

    Cara Menghilangkan Karat

    cara menghilangkan karat
    Ilustrasi cara menghilangkan karat. (shutterstock) 

    Cara terbaik untuk menghilangkan karat pada mobil yaitu dengan pergi ke bengkel yang menyediakan layanan penghilang dan pelapis karat.

    Seperti diketahui, saat ini banyak bengkel yang menyediakan pelapis karat dengan menghadirkan brand-brand khusus, mulai dari Tuff Kote Dinol, Protera Protection, Ultragard, Ziebart, atau Flintkote.

    Namun jika ingin menghilangkan karat secara mandiri, bisa juga mengikuti dengan cara-cara ini, yaitu:

    1. Cuka

    Cuka jadi bahan dasar yang dipercaya mampu menghilangkan karat. Hal ini karena cuka memiliki kandungan asam sitrat dan asetat.

    Sebelumnya, siapkan juga sikat, lap kering khusus, dan air.  Langkah selanjutnya, cuka dicampur sedikit air, lalu beberapa bagian yang terkena karat dicopot kemudian direndam 1-2 hari. Jika masih ada bisa direndam lagi, dan jangan lupa disikat.

    2. Lemon/ Jeruk Nipis

    Bahan alami yang merupakan jenis buah-buahan seperti Lemon juga dipercaya mampu menghilangkan karat. Caranya menghilangkan yaitu perasan lemon dicampur garam, kemudian rendam bagian part yang berkarat, dan jangan lupa disikat.

    3. Baking soda

    Baking Soda, yang biasa digunakan untuk membuat kue, juga bisa menghilangkan karat. Caranya, baking soda dicampur sedikit air, bagian yang terkena karat kemudian sikar t bagian karat pada mobil dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda. Lakukan beberapa kali untuk hasil yang lebih baik.

    4. Cola

    Minuman berkarbonasi atau soda seperti cola, juga dipercaya ampuh membersihkan karat. Caranya hampir sama dengan lainnya, yaitu merendam bagian yang berkarat kurang lebih satu jam.

    Setelah direndam, gosok bagian logam tersebut dengan kertas timah. Lakukan hal tersebut berulang kali.

    5. Cairan penghilang karat

    Cara ampuh berikutnya yaitu menggunakan cairan penghilang karat atau Rust Remover yang bisa dibeli di toko offline maupun online.

    Untuk menghilangkan karat, sebenarnya cukup mengolesnya kebagian yang berkarat, kemudian diamkan kurang lebih 15 menit.

    Perlu dicatat, saat mengoles cairan tersebut gunakan sarung tangan. Sebab, jika terkena kulit akan terasa panas. Selain itu, jika cairan menempel atau terkena body maka catnya mengelupas

    6. Ampelas

    cara menghilangkan karat shutterstock
    Ilsutrasi cara menghilangkan karat. (shutterstock)

    Untuk menghilangkan karat bisa juga menggosoknya dengan menggunakan ampas. OLXer bisa menggunakan amplas halus atau kasar sampai karat menghilang.

    7. Dempul dan cat ulang

    Jika bagian karat berlubang, maka langkah pertama adalah di amplas. Setelah itu lakukan pendempulan, kemudian haluskan dengan amplas kembali. Langkah selanjutnya bisa OLXer cat sesuai dengan warna semula atau selera.

    Harga pasang anti karat

    Untuk pasang anti karat pada mobil sudah pasti ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Akan tetapi, yang perlu OLXer pahami, jika mobil berkarat, maka pengeluaran jauh akan lebih banyak.

    Seperti disebutkan di atas, beberapa brand pelapis anti karat pada dasarnya sudah mematok harga berbeda-beda, tergantung jenis atau bentuk mobil, seperti halnya citycar, MPV, SUV, bahkan supercar.

    Adapun merk Ziebart berdasarkan situs resminya mereka menawarkan program pelapis anti karat yang dibanderol mulai dari Rp 2,9 juta sampai Rp 5,9 juta.

    Namun perlu dicatat, setiap brand menawarkan harga yang berbeda-beda, bahkan untuk mobil bekas disebutkan bisa juga diberikan pelapis anti karat.

    Hanya saja, biasanya pemasangan pelapis anti karat untuk mobil bekas harganya lebih mahal, karena ada pengecekan lebih detail.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here