Jumat, Desember 9, 2022
More
    TipsMenjaga Tetap "Kinclong", Begini Cara Merawat Cat Mobil

    Menjaga Tetap “Kinclong”, Begini Cara Merawat Cat Mobil

    Proses pengecatan pada kendaraan begitu kompleks, sebagai pemilik mobil, OLXers tentunya harus tau cara merawat cat mobil agar tetap terlihat seperti baru keluar dari dealer.

    JAKARTA – Salah satu bagian mobil yang tidak kalah penting untuk kerap diperhatikan oleh para pemiliknya adalah bagian eksterior. Dalam hal ini yang kita bicarakan soal warna cat mobil.

    Kita punya alasan tersendiri saat beli mobil untuk menentukan warna cat apa yang kita inginkan. Tentunya ini balik lagi ke soal selera dari masing-masing.

    Disebutkan oleh PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), tren warna cat mobil dalam kurun tiga tahun terakhir ini adalah putih, hitam, silver dan grey.

    Namun intinya adalah bagaimana menjaga warna cat eksterior mobil tersebut agar tetap terlihat indah dan menarik perhatian dengan kilaunya yang sempurna saat dibawa bepergian.  

    Dari definisinya pada kendaraan, cat merupakan lapisan terluar dari bodi mobil yang fungsinya untuk melindungi plat bodi mobil agar tidak berkarat, sekaligus mempercantik tampilan pada eksterior mobil. 

    Revolusi Proses Pengecatan Eksterior Mobil di Pabrik

    Cara Merawat Cat Mobil

    Sebelum kita bahas soal bagaimana merawat warna cat mobil agar tetap terlihat indah, ada baiknya kita ulas sedikit tentang proses pengecatan bodi mobil yang dilakukan di pabrikan, khususnya di fasilitas produksi mobil Daihatsu.

    Dalam perkembangannya, proses pengecatan di industri otomotif diawali menggunakan metode “kuas” atau “brushing”, proses pengecatan manual ini terjadi di era tahun 1880-an.

    Di era tahun 1960-an proses mengecat mobil di pabrik sudah sedikit lebih canggih dengan menggunakan alat semprot atau spraying memanfaatkan udara bertekanan tinggi. 

    Selanjutnya proses pengecatan mobil semakin canggih dengan menggunakan teknologi “semi robotic“ dimana finishingnya masih mengandalkan tenaga manusia. Ini terjadi di era tahun 1980-an.

    Sekarang, proses pengecatan mobil di pabrikan sudah menggunakan teknologi “full robotic” dari awal sampai akhir dengan hasil yang tentunya jauh lebih sempurna.

    Cara Merawat Cat Mobil

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk urusan pengecatan mobil menggunakan standar manufaktur, yakni Heat Polymerization dengan proses pengecatan yang dipanaskan dengan suhu minimal 140 derajat celcius. 

    Proses ini melalui 4 tahap, mulai dari cleaning atau pembersihan bodi, pelapisan anti karat, surfacer dan sealing kemudian pada lapisan terakhir adalah top coating.

    Selain itu, cat bodi kendaraan dibagi menjadi beberapa karakter pigmen, seperti warna Solid, Metallic dan Pearl yang memiliki perbedaan dalam proses pengecatannya tergantung dari kebutuhan pesanan konsumen. 

    Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Tampil Ciamik

    Cara Merawat Cat Mobil

    Dengan proses pengecatan pada kendaraan yang begitu kompleks, sebagai pemilik mobil OLXers tentunya harus mampu menjaga dan merawat agar cat mobil OLXerstetap terlihat seperti baru keluar dari dealer.

    Berikut beberapa langkah cara merawat cat mobil dari Daihatsu, antara lain;

    • Simpan Kendaraan di garasi untuk menghindari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lainnya. Kalau tidak punya garasai, sangat disarankan untuk menggunakan cover mobil yang berbahan halus dan kuat terhadap cuaca (tidak luntur).
    • Mencuci mobil secara rutin minimum seminggu sekali menggunakan air yang bersih, shampoo mobil dan lakukan di tempat yang sejuk, bukan persis dibawah terpaan sinar matahari.
    • Periksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing maupun cairan dan bersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber.
    • Lakukan pemolesan paling tidak 6 bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengkilap. Pilih bahan polesan atau wax yang baik dan tidak berbahaya terhadap cat atau bebas amonia.

    “Kami berharap tips dan trik ini bisa bermanfaat dan membantu mempertahankan tampilan cat mobil tetap terjaga dan menambah kenyamanan dalam berkendara,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

    Merawat cat mobil juga menjadi faktor penentu tingginya harga jual kembali mobil Daihatsu. OLXers juga bisa memilih dan membeli dari sekian banyak model Daihatsu berkualitas yang dijual di OLX Autos.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai OLX Autos Indonesia, silakan kunjungi
    www.olxautos.co.id atau hubungi 150264.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here