Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    TipsCara Merawat Power Window Hingga Biaya Perbaikan dan Pemasangan Baru

    Cara Merawat Power Window Hingga Biaya Perbaikan dan Pemasangan Baru

    Power Window, istilah ini sering kita dengar dan ditemukan pada sebuah mobil. Ya, ini karena Power Window adalah fitur yang digunakan untuk mengoperasikan buka tutup kaca jendela samping kanan dan kiri.

    Dengan adanya Power Window maka pengemudi maupun penumpang akan sangat mudah untuk membuka kaca, karena hanya menekan tombol atau saklar yang biasanya menempel pada panel pintu atau door trim. Sebaliknya, jika ingin menutup kaca, maka OLXer cukup sedikit mencongkelnya.

    Power Window sendiri beroperasi karena terbantu adanya motor power, dimana energi listrik berubah menjadi energi gerak, sehingga membuat regulator gigi perlahan bergerak membantu kaca naik dan turun.

    Saat ini, penggunaan sebuah Power Window memang jamak digunakan pada mobil keluaran terbaru. Adapun jika saat ini masih ditemukan mobil tak dilengkapi window atau hanya menggunakan tuas engkol yang diputar, maka biasanya mobil tersebut merupakan tipe paling rendah minim fitur.

    Sejarah Power Window

    Power Window2
    Ilustrasi bentuk Power Window. (Shutterstock)

    Seperti disebutkan di atas Power Window merupakan fitur wajib pada sebuah mobil terbaru. Namun perlu diketahui jika fitur ini merupakan inovasi dan evolusi dari perkembangan teknologi otomotif.

    Sebelum muncul Power Window, untuk membuka kaca mobil biasanya harus menggunakan tuas engkol. Cara  menggunakannya memang harus mengeluarkan sedikit tenaga, dimana tangan menggenggam tuas kemudian memutar secara jarum jam. Untuk menutup kaca lakukan sebaliknya.

    Adapun Power Window sendiri ditemukan pada tahun 1940, dimana kala itu pertama kali dipasang pada mobil Packard 180. Hanya saja untuk menggerakan kaca jendela, saat itu belum menggunakan full-electric tetapi masih sistem hydroelectric.

    Selang setahun kemudian atau pada 1941, Ford ikut mengembangkan Power Window dan digunakan pada Lincoln Custom. Tak lama kemudian sebelum Perang Dunia ke-II,  General Motor juga ikut mengembangkan Power Window dengan system pengoperasian yang lebih sederhana.

    Hingga akhirnya inovasi Power Window hadir dengan menggunakan full electric, dan diikuti beberapa brand otomotif lainnya. Akan tetapi pada tahun 50-60’an, penggunaan Power Window disebut sangat spesial, karena dianggap bagian dari sebuah kemewahan.

    Nah, pada tahun 70’an, disebutkan bahwa Cadillac memperkenalkan Power Window yang digunakan pada mobil limousine dimana jendela bisa-naik turun antara pengemudi dan kompartemen penumpang belakang.

    Hingga akhirnya, pada tahun 80’an, hampir semua mobil yang pasar internasional dilengkapi power window.

    Fitur Power Window

    Teknologi Power Window kini tidak hanya sekadar naik dan turun saja saat saklar ditekan serta ditarik. Sebab ada juga berbagai fitur menarik.

    Seperti fitur Auto Up dan Down dimana fitur ini pengemudi dan penumpang tak perlu menekan saklar terlalu lama, karena sekali tekan bisa langsung turun atau naik secara penuh.

    Hanya saja terkadang brand otomotif ada yang hanya menawarkan fitur auto down nya saja, dan tidak bisa auto up atau down sekaligus.

    Dengan perkembangan teknologi, fitur Power Window juga bisa naik turun semua jendela yang dioperasikan di samping pengemudi maupun masing-masing penumpang di setiap pintu.

    Selain itu ada juga fitur Window Lock, dimana pengemudi bisa mengunci semua kaca jendela agar tak bisa naik maupun turun. Fitur ini bisa mencegah anak-anak membuka dan menutup kaca jendela dengan cara menekan tombol di pintu penumpang.

    Pengembangan dari Power Window juga menghadirkan fitur menarik yang disebut Jam Protection, dimana fitur ini sangat berguna untuk mencegah dan mengurangi resiko benda atau tangan terjepit kaca saat hendak menutup menggunakan auto up.

    Key off Power Window, dimana saat mesin mobil dimatikan namun kaca jendela belum tertutup rapat. Maka dengan fitur ini pengemudi bisa menutup kaca tanpa harus mengaktifkan kunci mobil ke posisi ON. Tapi perlu dicatat, untuk mengaktifkan Power Window setelah mesin mati hanya sekitar 45 menit.

    Masalah Power Window ‘Macet’

    Power Window
    Ilustrasi seorang mekanik sedang membongkar panel pintu untuk melakukan perbaikan pada Power Window. (Shutterstock) 

    Power Window juga kerap mengalami macet, dimana kaca jendela menjadi tak bisa naik atau turun, serta tak menutup kemungkinan terasa seret.

    Nah, berikut ini ada beberapa hal yang menjadi penyebab Power Window bermasalah, yaitu:

    Sekring

    Jika Power Window bermasalah, hal pertama yang harus dilakukan pengecekan yaitu pada bagian sekering. Tapi sebelum melakukan pengecekan OLXer harus mengetahui dimana posisi sekring tersebut, karena setiap mobil letaknya berbeda-beda.

    Jika sekring bermasalah, biasanya terjadi hubungan arus pendek atau konslet, yang pada akhirnya menyebabkan Power Window tak bisa naik atau turun. Adapun berkat adanya sekering, maka dapat memutuskan arus listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting.

    Saklar

    Apabila sekring sudah dicek namun tak ada masalah atau diganti tetapi Power Window belum aktif, maka bagian yang perlu diperiksa yaitu sistem kelistrikan seperti tegangan di saklarnya di sekitar pintu samping.

    OLXer bisa melakukan pemeriksaan tegangan aki, jika tidak normal namun tegangan bagus, kemungkinan saklar Power Window jadi akar masalahnya.

    Kerusakan saklar kemungkin terjadi karena adanya korsleting, sehingga terbakar. Atau, bisa juga karena terlalu sering dioperasikan dengan sangat kasar, sehingga saklar menjadi cepat rusak.

    Dinamo

    Jika semua sudah diperiksa namun kondisinya normal, OLXer juga bisa bisa mengecek bagian dinamo Power Window yang letaknya di dalam pintu.

    Masalah yang terjadi pada dinamo sehingga menyebabkan kaca jendela macet, biasanya karena usia pemakaian atau cara pemakaian Power Window yang tidak normal.

    Regulator

    Masalah pada Power Window juga bisa terjadi karena  regulator yang terletak di dalam pintu. Regulator Power Window ini memang bisa rusak sehingga kaca mobil tidak bisa naik dan turun.

    Karet kaca

    Masalah Power Window macet tidak selalu karena mekanismenya, maka dari itu cek bagian karetnya. Ya, masalah pada bagian karet biasanya terjadi lantaran terdapat debu, kotoran yang menempel pada karet dan kaca.

    Cara Merawat Power Window

    Power Window
    Ilsutrasi pengecekan Power Window. (Shutterstock)

    Power Window yang digunakan tidak semestinya, dan karena usia mobil yang sudah lawas, bukan tak mungkin hal itu jadi bermasalah.  

    Namun sebelum OLXer melakukan pengecekan ke bengkel, ada baiknya lakukan perawatan pada Power Window yang tentunya harganya akan jauh lebih murah jika dibandingkan perbaikan.

    Adapun untuk merawat Power Window bisa dilakukan sebagai, berikut:

    1. Lakukan Pemeriksaan secara berkala

    Periksa kaca jendela mobil secara berkala. Karena, sadar atau tidak, kondisi cuaca dan jalanan kotor serta berdebu yang kita lewati bisa jadi penyebabnya.

    Belum lagi, seiring dengan waktu dan penggunaan mobil, kinerja kaca jendela termasuk Power Window jadi tidak bekerja secara maksimal, sehingga kaca tidak dapat menutup sempurna.

    Disarankan, jika ingin melakukan pemeriksaan pada Power Window maka lakukan setiap enam bulan sekali.

    2. Bersihkan karet kaca mobil

    Kaca mobil bisa saja kotor, dan membuat Power Window bermasalah. Maka dari itu untuk membersihkan kaca dan karet dari debu bisa gunakan silicon spray. Seperti diketahui, silicon spray bisa ditemukan di toko offline maupun online.

    Adapun cara membersihkannya bisa dilakukan dengan menyemprot karet kaca dan karet di sepanjang jalur.

    3. Bersihkan kotoran pada Rel Power Window

    Bagian Power Window yang juga perlu perawatan adalah pada bagian rel, dengan cara mencuci kaca jendela. Jika komponen rel kaca ini diabaikan, maka kaca jendela yang kotor lama kelamaan tidak dapat bekerja dengan maksimal karena sulit dioperasikan secara elektrik.

    4. Gunakan Power Window Sewajarnya

    Cara mudah merawat Power Window yaitu dengan menggunakannya seperlunya saja. Sebab, jika kaca jendela terlalu sering naik-turun, bukan tak mungkin hal itu akan menjadi masalah.

    5. Pastikan kaca bersih sebelum diturunkan

    Satu hal yang penting untuk merawat Power Window adalah jangan menurunkan kaca jendela ketika masih basah dan kotor. Selain itu, jika hujan atau mencuci mobil, sebaiknya tutup rapat kaca jendela.

    Sebab, cairan dan debu yang menempel di kaca, kemudian diturunkan atau air masuk ke celah-celah doortrim, bisa  merusak jeroan sistem di dalam power window.

    Karet kaca jendela yang sering terkena air dan panas matahari bisa saja membuat karetnya jadi getas atau retak.

    Biaya Servis Power Window

    Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Power Window juga bisa mengalami masalah. Maka dari itu fitur wajib yang bisa menaikan dan menurunkan kaca jendela tersebut perlu dilakukan perawatan dan pengecekan lebih detail.

    Namun jika OLXer tak tahu soal Power Window, tidak ada salahnya menyerahkan masalah kerusakan bagian ini ke tenaga ahlinya.

    Lantas berapa biaya yang harus dikeluarkan jika Power Window bermasalah?

    Sejatinya biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan Power Window ini berbeda-beda, tergantung seberapa berat kerusakannya dan komponen apa saja yang perlu dilakukan pergantian.

    Bahkan sebelum melakukan servis Power Window seorang mekanik akan terlebih dahulu melakukan pengecekan dimana akar masalahnya.

    Namun tak dapat dipungkiri biaya kerusakan Power Window bisa berkisar Rp 100-500 ribu. Perlu dicatat pula, ongkos perbaikan kerusakan Power Window ini bisa berbeda-beda karena tergantung jenis mobil.

    Biaya Pasang Power Window Baru

    Mengingat fungsi Power Window sangat memanjakan pengemudi maupun penumpang saat membuka dan menutup kaca jendela, maka mobil OLXer yang belum memiliki fitur ini  bisa langsung memasangnya.

    Nah, untuk memasang Power Window bisa saja mendatangi bengkel aksesoris atau bisa juga bengkel spesialis di dekat rumah OLXer.

    Untuk biaya pasang Power Window ini sebenarnya berbeda-beda, tergantung jenis dan model komponennya. Untuk Power Window hanya central depan kurang dari Rp 1 juta.

    Tapi jika ingin dipasang di keempat pintu harganya bisa lebih mahal lagi, yaitu mulai dari Rp 1,5 juta sampai  2,5 jutaan, bahkan lebih.

     Jika ingin melakukan service atau pasang Power Window bisa juga OLXer mencarinya di 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here