Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni Cara Mudah 'Kepoin' Mobil Bekas Banjir

    Ini Cara Mudah ‘Kepoin’ Mobil Bekas Banjir

     

    Banjir datang lagi, namun kali ini dianggap paling parah yang pernah terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Sialnya lagi, banyak masyarakat yang tidak bisa mengantisipasinya karena terjadi di saat banyak orang yang pergi ke luar kota bahkan luar negeri untuk liburan akhir tahun.

    Harta benda menjadi korban, kendaraan pribadi seperti mobil dan motor banyak yang terendam bahkan hanyut terbawa air.

    Setelah kejadian ini, banyak pemilik mobil yang berpikir xepat untuk segera menjualnya. Tentunya ini sah-sah saja, kadung rugi daripada harus membenahinya lagi.

    Namun yang jadi persoalan adalah bagi calon pembeli. Karena dijual dengan harga cukup miring menjadi tawaran yang pastinya sangat menggoda bukan?

    Tapi jangan sampai OLXers jadi konsumen yang “beli kucing dalam karung”. Sebagai calon pembeli kalian juga harus pintar dalam memutuskan untuk membeli mobil bekas. 

    Jangan tergiur harga murah, bodi mulus, tapi ujung-ujungnya menyesal karena mobil bekas yang kalian beli ternyata harus mengeluarkan ongkos perbaikan yang jauh lebih besar dari harga pasarannya.

    Deteksi Mobil Banjir Secara Mudah

    Tidak sedikit pedagang atau oknum pemilik mobil yang bertindak kurang profesional dengan sengaja tidak menginfokan kepada calon pembeli soal kondisi mobil yang dijual adalah bekas terendam banjir. 

    Tapi OLXers juga tak perlu menjadi korban akibat tindakan yang kurang profesional seperti ini. Caranya dengan memperhatikan ciri mobil bekas banjir. 

    Berikut adalah ciri-ciri khas mobil yang pernah terendam air atau kebanjiran :

    1. Ada Bekas Endapan Lumpur di Dalam Kabin

    Yang paling pertama untuk mengantisipasi beli mobil bekas banjir adalah dengan memeriksa kondisi kabin atau interior. Perhatikan dengan teliti beberapa panel interior. Biasanya mobil yang pernah terendam banjir akan menyisakan endapan lumpur atau pasir di celah-celah sempit. 

    2. Ada Bercak Lumpur dan Air

    Setelah itu, giliran mencari noda atau bercak air yang menempel. Biasanya, setelah beberapa hari terendam air, akan muncul kerak dan bercak. Hal ini bisa kalian pastikan dengan cara melihat karet pintu yang tertempel pada bodi mobil dan bukan pada pintu. Tarik bagian karetnya dan perhatikan apakah ada lumpur atau pasir yang tertinggal disitu.

    Tapi soal kerak di karet mobil juga bukan mutlak disebabkan karena banjir. Hal ini bisa terjadi karena mobil terlalu sering dicuci dan tidak kering dengan sempurna.

    Juga jangan lupa untuk memperhatikan karpet dasar mobil, apakah masih bawaan standard atau sudah diganti. Kalau terlihat masih baru, patut juga untuk dicurigai. Tapi hal ini juga tidak mutlak untuk mengambil kesimpulan mobil yang akan dibeli adalah bekas banjir. Karena jika belinya di showroom mobil bekas, sudah biasa dalam urusan mengganti beberapa bagian interior biar terlihat lebih rapi, termasuk karpet dasar mobil. 

    3. Ada Bau Apek

    Untuk ciri yang satu ini, menjadi ciri paling khas. Mobil yang pernah kebanjiran akan menyisakan aroma apek atau bau lumpur. Kalau sekadar bau apek ada kemungkinan karpet belakang pernah ketumpahan air atau cairan lainnya. Tapi kalau sudah berbau lumpur, maka sudah bisa dipastikan jika mobil tersebut merupakan mobil bekas banjir.  Air yang meresap ke dalam busa jok dan meninggalkan bau apek yang susah hilang. 

    4. Ada Kerusakan pada Perangkat Elektronik

    Sebelum membeli, pastikan OLXers bisa melakukan test drive. Selain untuk mengetahui kondisi mesin mobil, sambil jalan kalian juga bisa mengecek fungsi perangkat elektronik di mobil seperti headunit, power window, lampu kabin, lampu sein, lampu dashboard, central lock, sekring dan juga wiper.

    Jangan cuma melakukan sekali, kalau bisa diulang-ulang untuk memastikan semua masih berfungsi dengan baik. Selain itu, cobalah untuk menghidupkan mesin mobil berulang-ulang. Kalau bekas banjir, biasanya untuk menyalakan mesin agak susah. 

    5. Ada yang Jual dengan Harga Sangat Murah

    Seperti yang dijabarkan di awal, bahwa pemilik mobil yang terkena banjir banyak yang tidak mau ambil risiko untuk melanjutkan kepemilikan mobilnya. Menjualnya menjadi opsi paling instan. Nah, biar cepat laku, biasanya mobil dibandrol dengan harga dibawah pasaran. Ini harus OLXers waspadai. Tak perlu bicara bekas banjir, bahkan mobil yang kondisinya aman-aman saja, kalau dijual dengan harga miring, biasanya ada masalah dibelakangnya. ENtah itu surat-surat yang tidak lengkap atau punya masalah lainnya. Biasakan untuk mencari tau informasi harga pasaran mobil sesuai dengan merek, tipe serta tahun pembuatannya disini. 

    6. Ada Karat di Bagian Bawah Mobil

    Air yang merendam mobil biasanya berefek di bagian bawah atau kolong. Karena material di bagian kolong rata-rata terbuat dari besi baja, saat bercampur dengan air berpotensi menimbulkan karat. Bagian kolong yang harus menjadi perhatian adalah tromol. Coba di cek apakah ada karat yang cukup signifikan hingga ke sela-sela tromol tersebut. 

    7. Ada Embun di Bagian Lampu 

    Saat memeriksa bagian eksterior mobil, jangan cuma mencari dent atau cacat pada bagian bodi saja. Bagian lampu juga harus diperhatikan. Apakah ada bekas uap air atau embun yang menempel di kaca lampu atau tidak. Kalau ada dan kondisi kaca lampu tidak pecah, ada kemungkinan air masuk saat terendam banjir. 

    8. Ada Cairan Pelumas Berwarna Putih Susu

    Kalau ciri yang satu ini bisa di cek dengan cara membuka kap mesin dan melihat kondisi oli mobil menggunakan plastidip. Kalau di ujungnya terlihat warna oli yang sudah berubah menjadi putih susu, ini bisa dipastikan mobil pernah terendam air. Tapi banyak pemilik mobil yang terendam sudah mengantisipasinya dengan masuk ke bengkel dan melakukan penggantian oli sebagai langkah pertama menangani mobil kebanjiran. 

    Gunakan Jasa Layanan Inspeksi Mobil di OLX

    Memang bukan perkara mudah dalam menilai sebuah mobil bekas yang hendak dibeli pernah terendam banjir atau tidak. Tapi dengan memahami ciri-ciri di atas, setidaknya OLXers memiliki gambaran bagaimana untuk menilainya. 

    Tapi bila kalian tidak mau ribet dengan urusan mengecek kondisi mobil bekas yang mau dibeli, OLXers bisa memanfaatkan layanan inspeksi mobil bekas yang disediakan oleh OLX. 

    OLX bekerjasama dengan OtoSpector menyediakan layanan pengecekan indikasi mobil bekas terendam banjir di lebih dari 150 titik, terutama di sektor mesin, kaki-kaki, transmisi, interior dan eksterior mobil yang dilakukan oleh mekanik berpengalaman dan ahli di bidang inspeksi mobil.

    Caranya bisa dengan melakukan registrasi https://inspeksimobil.olx.co.id/ atau bisa langsung hubungi (WA/call) di nomor customer service di nomor +62 813-1445-9843.

    Dengan layanan ini, bisa dipastikan OLXers akan aman dalam membeli mobil bekas dan tidak perlu khawatir mobil yang dibeli bermasalah di kemudian hari. Mari jadi pembeli pintar bersama OLX. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here