Jumat, Mei 20, 2022
More
    TipsCara Mudah Membersihkan dan Mencegah Kaca Mobil Berjamur

    Cara Mudah Membersihkan dan Mencegah Kaca Mobil Berjamur

    Awal kemunculan kaca mobil pada tahun 1900-an hanya dibuat sebagai perangkat tambahan untuk mobil-mobil mewah. Namun tidak untuk saat ini, kaca mobil jadi perangkat wajib yang sudah pasti ada.

    Bahkan seiring perkembangan zaman, kaca mobil dengan teknologi canggih dibuat tak hanya sekadar jadi penghalang atau pencegah debu masuk ke kabin, melainkan pelindung dari serangan peluru.

    Ya, mobil anti pecah ini pertama kali ditemukan oleh ahli kimia asal Prancis bernama Edouard Benedictus, dari sebuah peristiwa yang tidak disengaja.

    Kala itu, Edouard menjatuhkan salah satu gelas kimia, namun gelas tersebut tidak pecah lantara dilapisi selulosa nitrat. Seiring teknologi kaca mobil pun semakin dikembangkan.

    Meski ada kaca mobil anti pecah atau anti peluru, namun jika dilihat harganya tentu saja sangat mahal. Tak heran, mobil dengan kaca anti peluru dibuat untuk jenis mobil tertentu.

    Nah, kaca mobil yang dibuat di pasaran tentu saja dibuat untuk memberikan efek aerodinamis, serta melindungi pengemudi dan penumpang terhindari dari dari puing-puing, debu, kerikil yang beterbangan.

    Selain itu, adanya kaca mobil juga sangat berguna melindungi pengemudi dan penumpang terhindar saat kondisi turun hujan, hembusan angin, dan lainnya.

    Penyebab kaca mobil berjamur

    Wiper
    Ilustrasi kaca jendela mobil depan basah setelah hujan dan tidak dilap. (Shutterstock)

    Dibalik fungsi kaca mobil yang memiliki peran penting, OLXers juga harus tahu, jika kaca mobil mobil bisa saja mengalami masalah, tidak hanya pecah atau retak, tapi muncul jamur.

    Ya, muncul jamur pada kaca mobil memang terlihat sepele. Akan tetapi, jamur yang menempel bisa mengurangi visibilitas saat mengemudi.

    Menurut Assistant to Service Department Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, munculnya jamur pada kaca mobil disebabkan air menempel, kemudian mengering setelah terkena panas atau sinar matahari.

    Biasanya, kaca mobil berjamur muncul karena saat mencuci mobil kaca tidak lekas dilap. Demikian juga saat mobil kehujanan, bagian kaca tidak segera dikeringkan dengan lap.

    Perlu diketahui, air hujan mengandung pH cenderung asam yang dapat mempengaruhi kondisi permukaan kaca mobil. 

    Kualitas air saat mencuci juga bisa jadi penyebab munculnya jamur. Meski terlihat jernih, namun tak menutup kemungkinan air tersebut mengandung zat-zat seperti kandungan kapur atau besi kuning.

    Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka kaca mobil akan berbekas seperti kerak atau kotor. Selain itu jarak pandang juga akan terganggu, apalagi saat mengemudi malam hari ditambah turun hujan.

    Cara mengetahui kaca mobil berjamur

    Kaca mobil
    Ilustrasi kaca mobil dilap sampai kering untuk cegah munculnya jamur. (Shutterstock)

    Kaca mobil berjamur sejatinya sangat mudah diketahui ciri-cirinya, yaitu adanya noda berkerak dan sulit dibersihkan meski sudah dicuci dengan sabun berulang kali. 

    Selain itu, kaca mobil berjamur akan sangat mudah diketahui ketika kita mengemudi pada malam hari, dimana jarak pandang pengendara saat melihat objek lain jadi kurang jelas.

    Nah, untuk memastikan kaca mobil berjamur atau tidak ada cara  yang bisa OLXers lakukan sendiri di rumah, yaitu;

    1. Cek setelah mobil dicuci

    Cara yang perlu OLXer lakukan adalah ketika setelah mencuci mobil, maka langsung dikeringkan. Setelah itu, perhatikan kondisi kaca secara seksama. 

    Apabila terdapat bercak-bercak putih yang terkesan menempel dan tidak hilang walaupun sudah dilap sampai bersih, maka itulah jamur kaca yang dapat mengganggu jarak pandang pengendara.

    2. Cek saat malam hari

    Cara mengetahui kaca mobil berjamur bisa dicek saat malam hari. Ya, biasanya pantulan cahaya ketika melewati kaca menyebabkan jarak pandang pengemudi jadi terganggu. 

    Ini biasanya disebabkan cahaya dari kendaraan lain berpendar tak jelas terlihat.Apalagi ketika mengemudi kondisinya turun hujan. 

    Cara membersihkan kaca berjamur

    Kaca mobil
    Ilustrasi seorang wanita memberihkan kaca mobil. (shutterstock)

    Jamur pada kaca mobil kerap kali muncul saat musim hujan. Padahal, kita sendiri bisa melakukan pencegahan munculnya jamur .

    Menurut berbagai sumber, bila mendapati jamur di kaca mobil ada beberapa langkah cara membersihkannya, antara lain:

    1. Siapkan cairan pembersih jamur yang banyak dijual di toko aksesori kendaraan atau supermarket.

    2. Cuci kaca mobil dengan air bersih, lalu keringkan dengan menggunakan lap atau kanebo.

    3. Lumuri kaca secara rata dengan cairan pembersih jamur.

    4. Gosok dengan kain kering bersih dan halus dengan arah memutar.

    5. Lap lagi dengan kanebo basah sampai cairan penghilang jamur tidak tersisa di kaca, lalu keringkan kaca dengan kanebo.

    6. Ulangi sampai dua atau tiga kali untuk jamur yang membandel.

    Baca juga  Nggak Boleh Mudik, Begini Cara Benar Parkir Mobil di Rumah

    Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, jangan lumuri kaca secara keseluruhan. Lumurilah beberapa bagian dulu saja yang akan kita gosok. 

    Hal ini untuk mencegah timbulnya efek buram (atau seperti pelangi ketika diterpa sinar) akibat pembersih jamur yang sudah mengering di kaca sebelum kita sempat menggosoknya.

    Pilih cairan pembersih jamur yang aman dan tidak membuat kaca menjadi kusam atau malah tergores.

    Agar lebih aman, sebaiknya coba dahulu pada kaca yang ukurannya kecil, setelah dipoles lalu tunggu beberapa menit untuk melihat hasilnya.

    Jika langkah-langkah tadi tetap tak membuahkan hasil, artinya jamur yang melekat pada kaca-kaca mobil tergolong sangat bandel. Jenis ini tidak bisa kita selesaikan hanya dengan cairan pembersih jamur.

    Langkah yang harus ditempuh, OLXer bisa membawa ke salon mobil. Mereka memiliki alat dan cairan khusus untuk menggosok kaca yang terkena jamur.

    Perlengkapan penghilang kaca berjamur

    Kaca Jendela
    Ilustrasi membersihkan kaca jendela.(Shutterstock)

    Untuk menghilangkan kaca mobil berjamur, ternyata ada beberapa perlengkapan yang mudah kita dapat, yaitu:

    1. Alkohol

    Cara membersihkan jamur menggunakan alkohol yaitu, terlebih dahulu kaca dibersihkan untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel. Kemudian keringkan menggunakan lap.

    Setelah itu, ambil lap baru yang juga berbahan lembut dan halus seperti microfiber kemudian teteskan cairan alkohol, lalu gosok ke kaca mobil secara perlahan. Lakukan cara ini berulang.

    2. Minuman soda

    Minuman bersoda juga bisa digunakan, yaitu dengan cara , tuangkan sedikit air soda pada lap microfiber kering, lalu gosok ke kaca mobil. Lakukan beberapa kali hingga jamur hilang.

    Setelah itu, bersihkan kembali kaca dengan air bersih dan lap lembut, kemudian keringkan dengan lap. Ini dilakukan untuk menghindari munculnya semut.

    3. Pasta gigi

    Pasta gigi rupanya jadi bahan material yang paling ampuh. Untuk caranya, cukup oleskan pasta gigi pada kaca, kemudian gosok menggunakan kain lembut pada kaca yang terdapat jamur.

    Lakukan cara ini beberapa kali sampai jamur menghilang. Setelah itu bilas dengan air bersih kemudian keringkan.

    4. Cuka Apel

    Cuka apel juga  bisa menghilangkan jamur, yaitu dengan cara campurkan tiga sendok cuka apel dengan satu liter air, kemudian masukan lap lembut ke dalam campuran tersebut. 

    Selanjutnya, gosok menggunakan lap lembut pada bagian yang terkena jamur. Lakukan beberapa kali, setelah itu bersihkan dan keringkan. 

    5. Air tembakau

    Jika menggunakan tembakau, maka terlebih dahulu tembakau direndam air selama beberapa menit. Setelah itu, cipratkan ke kaca mobil, kemudian basuh menggunakan lap halus kering. 

    Lakukan beberapa kali sampai jamur menghilang.

    6. Pemutih pakaian

    Cairan pemutih pakaian juga sangat berguna hilangkan jamur. Adapun caranya celupkan lap lembut kering ke cairan pembersihkan pakaian. 

    Setelah itu gosokkan pada kaca mobil. Lakukan cara ini beberapa kali.

    Cara mencegah kaca berjamur

    Jika mobil belum berjamur atau baru saja dibersihkan, sebaiknya lebih peka untuk melakukan perawatan. Karena untuk menghindari munculnya jamur sangat mudah dan sederhana, yaitu:

    Pertama, segera bersihkan mobil setelah berkendara di bawah guyuran hujan agar debu atau kotoran tidak menempel lama di kaca-kaca mobil.

    Kedua, untuk kaca-kaca depan dan belakang, selalu jaga kondisi air washer agar dapat kita gunakan untuk membersihkan kaca-kaca.

    Ketiga, hindari memakai car cover jika cuaca lembab. Jika tetap ingin menggunakannya, pastikan kaca dan car cover dalam keadaan kering sebelum kendaraan ditutupi.

    Biaya membersihkan jamur kaca mobil

    Kaca jendela
    Ilustrasi membersihkan kaca jendela. (shutterstock)

    Jika OLXer malas atau memiliki biaya lebih untuk membersihkan jamur di kaca mobil, maka bisa juga pergi ke salon mobil yang biasanya telah dilengkapi perlengkapan memadai dan teknisi ahli.

    Lantas berapa ongkos untuk membersihkan jamur di kaca mobil?

    Untuk jasa membersihkan jamur di kaca mobil biasanya bervariasi, karena tergantung jenis mobil dan seberapa banyak kaca yang ingin dibersihkan.

    Pasalnya, ada saja pemilik mobil hanya ingin membersihkan pada bagian depannya saja. Bahkan, ada juga mobil dengan ukuran kecil seperti city car dan mobil besar serta lebar bentuknya seperti SUV atau High MPV, yang tentunya harga jasa membersihkannya berbeda-beda.

    Namun biasanya harga untuk membersihkan jamur kaca jendela mobil bisa kurang lebih sekitar Rp 300 ribu.

    OLXers yang ingin berencana jual mobil lama kalian bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here