Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    InformasiJasa & KeuanganCara Mudah Mendapatkan Uang Lewat Gadai Mobil

    Cara Mudah Mendapatkan Uang Lewat Gadai Mobil

    Gadai mobil atau multiguna mobil mungkin jadi salah satu cara mudah masyarakat untuk mendapatkan uang cash. Gadai mobil sendiri jadi salah satu produk jasa keuangan yang memberikan fasilitas pinjaman dimana peminjam (Aplikan) diharuskan untuk memberikan agunan atau jaminan mobil. 

    Hanya saja, besarnya pinjaman yang dapat diperoleh, dapat disesuaikan dengan taksiran harga mobil yang dijadikan jaminan tersebut.

    Namun jika OLXer belum tahu bagaimana cara melakukan proses gadai mobil atau masih takut dan belum ada waktu untuk mendatangi langsung ke tempat gadai, mungkin bisa langsung mencari tahu di situs catchadeal.id.

    Ya, situs ini merupakan financing marketplace atau marketplace untuk pembiayaan, dengan produk utamanya adalah pembiayaan dengan jaminan kendaraan bermotor (mobil dan motor), yang terdiri atas pembiayaan atau kredit pemilikan mobil, pembiayaan atau kredit pemilikan motor, kredit multiguna mobil dan motor (Gadai BPKB mobil dan motor).

    Kenapa harus gadai?

    Menurut situs catchadeal.id, faktor utama yang menjadi pertimbangan dari debitur untuk memilih fasilitas gadai mobil dari perusahaan pembiayaan, sejatinya ada tiga yaitu :

    1. Nilai Pencairan

    Dana yang diperoleh debitur dari perusahaan pembiayaan dan dicairkan langsung ke rekening, apakah nilai pencairan dari gadai mobil sesuai dengan kebutuhan pinjaman modal atau modal usaha atau kebutuhan pembelian barang dan jasa konsumsi yang dibutuhkan?

    2. Angsuran

    Angsuran yaitu jumlah angsuran yang harus dibayar debitur setiap bulannya selama jangka waktu kredit sampai lunas.

    3. Kecepatan Proses

    Kecepatan proses mengingat biasanya kebutuhan dana ini bersifat mendesak, maka debitur memerlukan kepastian segera kapan dana bisa disetujui dan dicairkan, serta berapa jumlah dana yang dapat diperoleh dari gadai mobil, supaya dapat melakukan perencanaan keuangan dengan baik.

    Cara gadai mobil dan motor

    Adapun cara untuk mendapatkan uang dari cara gadai mobil di catchadeal.id, antara lain:

    1. Pastikan mobil yang hendak diagunkan untuk gadai mobil berada dalam kondisi baik dan layak pakai. Staf perusahaan pembiayaan akan menilai kondisi mobil, oleh karena itu jika mobil ada kerusakan fisik ada baiknya diperbaiki terlebih dulu sebelum inspeksi.

    2. Siapkan dokumen asli dan fotocopy yang dibutuhkan yaitu: KTP, KK, STNK (untuk mobil bekas) dan BPKB (untuk mobil bekas) Kendaraan, serta data pelengkap seperti bukti penghasilan (slip gaji, rekening tabungan), bukti domisili (kontrak rumah, PBB atau Rekening Listrik).

    3. Otoritas Jasa Keuangan mempersyaratkan bahwa debitur harus mencantumkan tujuan pemakaian dana yang diperoleh dari gadai mobil, oleh karena itu siapkan rencana anggaran sederhana dan bukti pembelian atau pembayaran saat diminta oleh perusahaan pembiayaan.

    4. Pastikan STNK Mobil dalam kondisi hidup untuk mempercepat proses. Apabila STNK sudah mati, sebaiknya lunasi terlebih dahulu pajak kendaraan bermotor karena nantinya biaya ini juga akan dipotong oleh perusahaan pembiayaan (Multifinance, Leasing) dari nilai pencairan gadai mobil.

    5. Sebaiknya nama pada pengajuan kredit multiguna sama dengan nama yang tertera pada BPKB, sebab perusahaan pembiayaan memandang resikonya lebih kecil. Apabila ada perbedaan nama, biasanya nilai pencairan gadai akan lebih kecil 5-10 persen.

    Nah, OLXer ingin melakukan gadai mobil atau motor, ngga ada salahnya langsung kunjungi catchadeal.id

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here