Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    Tips7 Cara Mudah Mendeteksi Masalah Mobil

    7 Cara Mudah Mendeteksi Masalah Mobil

    Tidak semua pemilik mobil pribadi mengetahui masalah yang menerpa tunggangannya. Alhasil, tak sedikit dari pemilik mobil hanya pasrah melihat mobilnya mogok, dan akhirnya masuk bengkel tanpa mengetahui pasti apa akar permasalahan yang terjadi.

    Namun perlu dicatat OLXer, sebelum mobil mengalami masalah dan masuk bengkel, biasanya ada tanda-tanda khusus mobil akan sakit. Bahkan tanda tersebut bisa saja OLXer mengetahui kerusakan apa yang akan terjadi.

    1. Lampu Dashboard Menyala

    Pada bagian dashboard tak hanya odometer saja yang perlu diperhatikan. Karena ada juga simbol-simbol dengan bentuk tertentu seperti untuk suhu mesin, bensin, pintu, sabuk pengaman dan lainnya.

    Jika simbol-simbol tersebut menyala, itu tandanya ada sesuatu sedang terjadi. Contohnya lampu Check Engine menyala, maka kerusakan bisa saja terjadi pada sistem kerja mesin atau masalah lainnya.

    2. Suara Mesin

    Sama seperti manusia, ketika akan sakit maka tandanya bersin sampai batuk dianggap indikasi awal. Nah, kasus ini juga sama terjadi pada mobil.

    Tanda awal mobil bermasalah biasanya mengeluarkan suara mengganggu. Suara-suara ini bisa saja ketika dipacu ketika melaju dengan kecepatan tinggi atau perlahan. Belum lagi jika awalnya suara mesin halus lalu tiba-tiba kasar, kemungkinan akan banyak indikasi .

    Suara pada mobil bermasalah juga beda-beda letaknya, bisa saja di kap mesin, transmisi, sistem pengereman, sampai power steering

    Karena itu dengarkanlah secara seksama di tempat yang lebih sepi ya OLXer.

    3. Warna Asap Knalpot

    Mobil mengeluarkan asap tebal tentu ada masalah. Nah, jika asap hitam tebal, biasanya masalah terjadi pada sistem pembakaran, di mana bensin dan udara tidak bercampur secara tepat.

    Sedangkan jika asap putih tebal, biasanya masalah yang terjadi karena oli mesin merembes ke ruang bakar mesin.

    4. Cairan Menetes di Kolong

    Masalah mobil juga bisa dideteksi ketika parkir dimana terdapat cairan menetes bisa saja terjadi. Jika hitam kental mungkin ada kebocoran pada mesin, atau rem.

    Sedangkan jika berbentuk cairan bening, bisa saja karena radiator dan tangki wiper. Namun ketika cairan bening menetes, tak sedikit yang menganggap jika hal tersebut terjadi lantaran AC. Jika disepelekan maka hal tersebut akan vital.

    5. Bergetar Secara Berlebihan

    Mobil memang bisa bergetar, namun jika bergetarnya secara berlebihan mungkin ada masalah pada setir, ban, pelek, as roda, engine mount, busi, sampai suspensi. Ada baiknya ketahui sumber getaran di beberapa titik tersebut OLXer.

    6. Muncul Sumber Bau

    Sumber bau bisa saja muncul dan menjadi masalah pada mobil. Beberapa bau bisa saja timbul. Salah satunya, jika tercium aroma bensin, bisa saja ada masalah kebocoran pada sistem bahan bakar atau tangki bahan bakarnya.

    Selain itu, bau bisa juga muncul karena oli bocor. Terkadang jika di tanjakan ada juga bau yang muncul, nah itu biasanya karena kopling.

    Adapun jika bau apek terjadi dalam kabin, biasanya karena ada cairan yang masuk dan menempel pada karpet atau jok.

    7. Warna Oli

    Mobil bisa bermasalah bisa juga dilihat dari cairan oli. Caranya, cek stick oli, jika warna oli hitam berarti harus diganti, jika warnanya sama seperti awal dituangkan maka kondisinya masih cukup baik. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here