Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    TipsCara Pencegahan Tikus Masuk ke Mobil

    Cara Pencegahan Tikus Masuk ke Mobil

    Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kebijakan pemerintah untuk melakukan kegiatan di rumah secara otomatis membuat mobil atau sepeda motor Anda saat ini semakin jarang digunakan.

    Namun OLXer harus tau, meski sedang tidak dipakai, sebaiknya tetap melakukan perawatan. Tak hanya itu, mobil yang jarang dipakai juga harus dilakukan pengecekan sesering mungkin, sebab bisa saja karena tidak dipakai mobil menjadi sarang tikus.

    Nah bicara soal tikus, memang hewan pengerat tersebut banyak membuat pemilik mobil mengaku mengalami kerusakan cukup besar pada bagian mesin, kabel-kabel, atau lainnya.

    Ya, tikus memang pemakan segalanya. Karena pengerat ini merupakan jenis hewan omnivora dan pemakan oportunistik, termasuk doyan mengkonsumsi makanan yang dimakan manusia.

    Oleh karena itu, selagi di rumah aja, sebaiknya OLXer melakukan pencegahan agar tikus tak masuk ke kokpit atau kompartemen mesin. Berikut ini cara pencegahan tikus masuk ke area mobil seperti dilansir Axle Addict:

    1. Buka Kap Mesin

    Sejatinya tikus menyukai tempat yang gelap untuk bersarang. Oleh karena itu, jika kap mesin dibuka secara otomatis cahaya akan lebih banyak masuk dan cara ini jadi pilihan tepat untuk menghindari tikus bersarang.

    2. Jauhkan Mobil dari Makanan Hewan

    Jika OLXer memelihara anjing, kucing, atau burung dan lainnya, maka jauhkan makananya dari mobil. Sebab, makanan hewan tersebut juga akan disukai tikus.

    Nah, jika posisi makan dekat dengan mobil, maka bukan tak mungkin lama kelamaan tikus akan membawa makan dan bersembunyi di area mobil.

    3. Tutup Persembunyian Tikus

    Tikus merupakan hewan yang sering kali bersembunyi di tempat kotor atau lubang-lubang gelap. Karena itu, sebaiknya menutup sarang-sarang tikus atau menyemprotnya dengan racun tikus.

    Sedangkan jika di dekat mobil OLXer terdapat rumput-rumput liar merambat, sebaiknya segera dipotong.

    4. Tutup Jalur Masuk Menuju Kompartmen Mesin

    Alangkah baiknya menutup akses menuju mobil dengan cara membuat jebakan atau perangkap tikus di sekitar mobil seperti roda atau ban. Hal ini karena roda-roda bisa menjadi jalan untuk memanjat ke dalam mesin.

    5. Memanfaatkan Perangkat Teknologi Suara Ultrasonik

    Untuk mengusir hewan ordo rodentia seperti tikus, setidaknya dapat menggunakan suara ultrasonik dengan frekuensi tinggi, yaitu 35.000 Hz.

    Dengan suara ultrasonik, tikus dipercaya akan merasa resah, karena suara tersebut sangat mengganggu sehingga tikus jadi tidak merasa nyaman.

    6. Gunakan Wewangian di Area Mobil

    Beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk mencegah tikus datang yaitu dengan memberikan wewangian yang tidak disukai si tikus.

    Beberapa bahan ini juga dipercaya tidak disukai tikus, seperti bubuk kopi, buah mengkudu, cangkang telur, bawang putih, daun mint, daun sirsak, cuka, merica, kantung teh, cengkeh, dan masih banyak lainnya.

    7. Jangan Biarkan Mobil Tidak Digunakan Dalam Waktu Lama

    Agar tikus tak bersarang, sebaiknya sesekali mobil digunakan. Selain terhindar dari tikus, hal ini untuk memastikan mesin dan kelistrikan masih berfungsi.

    Nah, itulah OLXer beberapa tips mencegah tikus bersarang di mobil. Mumpung lagi di rumah boleh juga dicoba.

    Ayo bantu perangi COVID-19 dengan melakukan donasi untuk pembelian APD, caranya klik disini.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here