Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    TipsCara Pintar Beli Mobil Bekas ala Gofar Hilman

    Cara Pintar Beli Mobil Bekas ala Gofar Hilman

    Nama Gofar Hilman mungkin gak asing di kuping para car enthusiast di Indonesia. Penyiar sekaligus content creator di channel Youtube otomotif, khususnya mobil bekas ini memang sangat terkenal.

    Gofar Hilman hadir di acara OLX DealFest sebagai salah satu pengisi program DealTalks di hari terakhir, Minggu, 27 Oktober 2019. Tema yang dibawakannya pun juga menarik, “Cara Pintar Beli Mobil Bekas”.

    Dalam kesehariannya Gofar merupakan salah satu pengguna aplikasi OLX aktif yang selalu mencari mobil bekas. Tapi beda dengan pencari mobil bekas lainnya, Gofar lebih mengincar mobil-mobil hot collection, bukan mobil pasaran.

    “Gue selalu nyari yang jarang ada, dan bagusnya di OLX itu untuk kategori mobil termasuk punya listing mobil bekas yang sangat lengkap,” puji Gofar yang mengaku sudah mengoleksi 9 unit mobil.

    Dalam bertransaksi dengan penjual mobil maupun aksesoris di platform OLX, Gofar punya trik tersendiri agar ia tidak terjebak dengan oknum yang coba cari untung dengan cara yang tidak baik.

    “Jujur kalau gue lihat iklan mobil dengan harga yang gak wajar atau di bawah pasaran, gue langsung buru-buru lihat deskripsinya. Harus ada alasan yang diinfokan oleh penjual mengapa mobil yang dijualnya murah,” jelasnya. 

    Terus lebih jauh harus aware dengan foto yang dipasang penjual. Pastikan foto asli dan bukan comotan dari iklan yang lain. 

    “Sebagai pembeli paling pertama gue lihat pastinya harga. Baru lanjut ke foto. Kalau gue lihat fotonya diambilnya pas malam (gelap) biasanya gue langsung skip iklannya. Kalau penjual beneran dan ngerti, biasanya dia bakal mengedepankan foto-foto bagian paling istimewa dari mobil yang dijualnya,” sebut Gofar. 

    Pria yang juga penyiar radio ini juga tak lupa memberikan saran kepada yang berjualan di platform OLX untuk concern sama judul dan kolom deskripsi dari iklan yang mau mereka upload. 

    “Upayakan agar judul iklan menarik dan juga deskripsinya bikin selengkap mungkin, jadi orang gak perlu nanya-nanya lebih jauh lagi,” sebutnya.

    Mengomentari layanan baru di OLX, yakni car inspection (pengecekan mobil), Gofar mengaku sangat terbantukan dengan adanya layanan ini.

    “Sudah pasti layanan baru OLX ini sangat membantu orang-orang seperti saya dalam mencari mobil bekas. Sangat menghemat waktu dan kita juga gak khawatir soal kualitas mobil yang mau kita beli. Bayangkan saja kalau kita lagi ngincar mobil yang ada di Jakarta Utara, terus kita harus kesana untuk ngecek sendiri. Apalagi pastinya pemilik mobil bakal bilang kalau mobil yang dijualnya kondisinya oke, gak pernah tabrakan, pokoknya melebih-lebihkan kondisi. Nah, dengan car inspection kita gak perlu lakukan itu, cukup duduk manis dan terima data laporan saja dari tim inspeksi, simpel,” kata Gofar.

    “Nah, yang terakhir buat teman-teman yang punya hobi beli mobil bekas, harus tetap pakai nalar. Kalau memang sudah ketemu mobil yang dicari, sudah cocok, komunikasi langsung aja sama penjualnya. Dan jangan lupa, nge-dealnya langsung ketemuan aja, karena itu jauh lebih nikmat. Hindari pedagang yang minta uang DP dibayar di muka, oke…” pungkasnya. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here