Rabu, Januari 19, 2022
More
    Panduan Pembeli"Cari Untung Malah Buntung", Begini Tips Aman Bertransaksi Online di Musim Liburan

    “Cari Untung Malah Buntung”, Begini Tips Aman Bertransaksi Online di Musim Liburan

    Musim liburan sudah di depan mata, banyak sekali rencana-rencana liburan asyik yang sudah kalian persiapkan tentunya. Mulai dari menentukan daerah tujuan wisata yang sudah diincar serta itinerary kegiatan selama masa liburan.

    Liburan asyik tahun ini juga mungkin didukung dengan banyaknya promo-promo menarik yang ditawarkan, seperti tiket murah, voucher menginap di hotel ataupun tempat penginapan, hingga jasa sewa kendaraan.

    Nampaknya rencana kalian berlibur kali ini akan berjalan mulus sesuai dengan yang dibayangkan, dengan bajet yang minim.

    Eits, tunggu dulu! Berandai-andai sih sah-sah saja, tapi tidak lantas hal tersebut bikin kewaspadaan kalian kendor.

    Kalian juga harus tahu, bahwa di musim liburan seperti ini banyak juga oknum-oknum nakal yang mencoba mencari keuntungan memanfaatkan kelengahan kalian lewat transaksi online.

    Yuk, baca dulu tips aman bertransaksi online di musim liburan kali ini.

    Jenis – Jenis Transaksi Online di Musim Liburan yang Wajib Diwaspadai

    Jasa Sewa Mobil Lepas Kunci

    Young business man test drive new car

    Salah satu jenis transaksi online yang ramai dicari saat liburan tiba adalah jasa sewa atau rental mobil dengan sistem lepas kunci.

    Saking ramainya jasa sewa mobil ini di masa liburan, terkadang ada saja oknum nakal yang berusaha mendapatkan keuntungan dengan cara membuka layanan sewa mobil di platform e-commerce tapi tujuannya adalah untuk menipu.

    Caranya juga beragam, bisa dengan memberikan harga sewa mobil lepas kunci dibawah harga pasaran, atau menjanjikan banyak keuntungan ketika sewa mobil kepada kalian. 

    Agar terhindar dari kerugian, kami sangat menyarankan agar kalian tidak pernah melakukan transaksi apapun, termasuk membayarkan uang muka sebelum kalian ketemuan langsung dengan penyedia jasa sewa mobil tersebut.

    Jika kalian dipaksa dengan alasan banyak sekali yang mau menyewa mobil tersebut, abaikan saja. 

    Penyedia jasa sewa mobil dengan sistem lepas kunci banyak sekali dan mudah kalian dapatkan di daerah manapun secara online. 

    Jadi pastikan kalian bertransaksi dengan pemilik mobil atau penyedia jasa sewa mobil langsung, bukan calo ataupun oknum yang bermaksud menipu kalian. 

    Jual Voucher Murah

    Gift voucher concept. Gift voucher card placed inside a hotel room bed with White towel.

    Selain jasa sewa mobil, jenis transaksi lain yang patut kalian waspadai saat liburan adalah membeli voucher menginap di hotel atau masuk lokasi wisata.

    Di musim liburan seperti ini biasanya banyak bermunculan seller yang mencoba menawarkan voucher menginap atau masuk tempat wisata dengan harga sangat miring.

    Disini kalian dituntut agar berpikir menggunakan logika. Mengapa? Karena setiap musim liburan bagi industri pariwisata disebut sebagai high season

    Artinya, akan sangat banyak orang yang merencanakan liburan, sehingga pihak hotel maupun pengelola tempat wisata menerapkan atau melakukan penyesuaian harga. 

    Biasanya harga kamar hotel atau harga tiket masuk ke tempat wisata akan lebih mahal dari sebelumnya.

    Disinilah biasanya banyak konsumen yang mudah kena tipu dengan membeli voucher menginap dengan harapan bisa memangkas bajet menginap saat liburan.

    Kami sampaikan sekali lagi, ini sah-sah saja kalian lakukan. Tapi sebaiknya kalian bisa lebih meningkatkan kewaspadaan serta lebih teliti lagi.

    Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan dulu tanggal berlaku voucher, apakah masih bisa digunakan atau sudah expired

    Jika ternyata masa berlaku voucher masih panjang, lakukan double check ke hotel yang menerbitkan voucher menginap tersebut, apakah berlaku ketika high season atau tidak.

    Jangan sampai kalian kecewa karena berharap bisa menginap gratis dengan membeli voucher tersebut, namun pada kenyataannya voucher tidak berlaku.

    Barang Branded Harga Murah

    Nah, ini juga merupakan salah satu jenis transaksi online yang punya peluang besar membuat kalian rugi.

    Sebenarnya jenis transaksi ini tidak hanya ramai saat momen liburan, tapi hampir sepanjang waktu.

    Buat kalian yang gemar belanja secara online, pasti akan sangat tertarik ketika menemukan iklan di e-commerce yang menjual barang-barang branded dengan harga yang luar biasa murah.

    Baca juga  Komponen Mobil Ini Jangan Dianggap Sepele Saat Hujan

    “Cuci gudang akhir tahun”, “Beli barang dari HARBOLNAS, mau dijual murah” merupakan bagian dari deskripsi iklan yang akan membuat kalian sangat yakin untuk membeli barang dari iklan tersebut. 

    Saran kami, jangan mudah percaya! Jika menemukan iklan jual barang seperti sepatu, tas, jam tangan atau apapun jenis barangnya yang punya merek terkenal, sebaiknya waspada.

    Jika harganya jauh dibawah harga pasaran, bisa jadi barang tersebut palsu (KW), atau memang mau menipu. 

    COD untuk melihat langsung barang yang akan dipilih merupakan langkah paling bijaksana saat melakukan transaksi. Selain untuk memastikan keaslian barang yang dibeli, juga agar terhindar dari upaya penipuan.

    Banyak kejadian, konsumen tertipu karena yakin dengan melihat gambar kemudian terbujuk untuk transfer pembayaran, dengan harapan barang yang diincar segera dikirim. 

    Alih-alih barang sampai di rumah, ketika uang sudah diterima, oknum penjual yang nakal tersebut justru sudah tidak bisa dihubungi. Bayangan pakai barang branded menguap, berganti rasa kecewa dan marah.

    Biasanya kalau sudah begini, yang jadi sasaran kemarahan adalah platform e-commerce tempat iklan tersebut dilihat. 

    Jual Beli dan Sewa Properti

    Yang terakhir yang juga harus kalian waspadai adalah iklan jual properti seperti tanah, rumah maupun unit apartemen. 

    Tidak sedikit kejadian ketika berencana untuk membeli properti dari iklan di e-commerce, bukannya untung malah buntung.

    Merasa properti yang diincar bakal mendatangkan keuntungan karena harganya sangat murah, kemudian langsung melakukan transaksi. 

    Padahal pihak yang diajak bertransaksi bukan pemilik properti, melainkan calo.

    Masuk musim liburan seperti ini, biasanya banyak juga iklan yang menawarkan jasa sewa apartemen dengan harga yang sangat murah di lokasi dekat dengan area wisata.

    Nah, sebaiknya pastikan terlebih dulu unit yang ditawarkan benar ada dan kalian memang berurusan langsung dengan pemiliknya ataupun jasa penjual properti yang terpercaya.

    Jika hal ini kalian abaikan, bisa jadi kalian akan mengalami kerugian dalam jumlah yang sangat besar lantaran ditipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    Tips Aman Transaksi Online di Musim Liburan

    Dari berbagai jenis transaksi online yang sudah kami kemukakan di atas, kita bisa ambil kesimpulan bahwa, hampir semua jenis transaksi jual-beli lewat online, bisa menimbulkan risiko kerugian. 

    Siapapun kalian, apapun jenis transaksi kalian lewat online, kami sangat perlu untuk mengingatkan agar tidak melakukan pembayaran apapun lebih dulu, sebelum benar-benar memastikan jenis barang yang dibeli ada, atau kalian memang benar-benar berurusan dengan penjual aslinya, bukan orang lain.

    Jangan mudah percaya ketika penjual terlalu mudah untuk menyerahkan data pribadinya dengan harapan agar kalian percaya sudah berurusan dengan orang yang tepat.

    Harga yang sangat murah jangan membuat kalian terpancing untuk masuk dalam perangkap. Bisa jadi itu barang palsu atau jelas-jelas bermaksud untuk menipu.

    Jika kalian terbiasa menggunakan platform OLX.co.id, ada fitur OLX Chat yang bisa digunakan agar terhindar dari tindakan penipuan. 

    Gunakan selalu fitur tersebut untuk berkomunikasi selama proses transaksi, jangan mau diajak untuk pindah ke platform komunikasi lain seperti Whatsapp atau fitur komunikasi lainnya.

    Tips yang terakhir, jangan mau memberikan data pribadi dengan alasan apapun, apalagi jika sampai meminta nomor rekening bank atau data pribadi lainnya. 

    Pesan kami buat kalian di masa liburan seperti ini, tetap tingkatkan kewaspadaan dan jangan lengah. Nikmati kebersamaan bersama keluarga tercinta dan selalu lakukan transaksi lewat situs resmi OLX Indonesia!

    Baca tips aman bertransaksi online disini. (Z)

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here