Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    TipsCatat, Kapan Waktunya Ganti Cairan Rem Mobil dan Motor

    Catat, Kapan Waktunya Ganti Cairan Rem Mobil dan Motor

    Tak semua pemilik mobil atau sepeda motor tau kapan waktunya mengganti cairan-cairan yang ada pada tunggannya. Biasanya mereka hanya tau harus ganti oli, bensin, atau wiper dan radiator.

    Namun ternyata, ada bagian lain yang tak kalah penting dan wajib dilakukan penggantian, yaitu cairan rem. Hal ini karena salah satu fungsi cairan rem adalah melumasi komponen logam yang saling bergesekan pada sistem pengereman.  

    Bahkan menurut Robby Hartono, Direktur PT Autochem Industry (distributor produk aftermarket Prestone, Master, Busi Autoliter dan Filter Fram), jangan pergantian, para pemilik kendaraan bermotor terkadang tak mengerti apa itu cairan rem. Bahkan mereka kerap menyebutnya ciaran rem sebagai minyak rem.

    “Padahal yang disebut cairan rem ini bukanlah minyak, karena sifatnya higroskopis atau menyerap air,” ungkapnya.

    Sementara itu, pemilik Garden Speed, Taqwa Suryo Swasono mengatakan, jika cairan rem perlu diganti secara berkala setiap satu tahun atau 20.000 km untuk mobil atau 10.000 km untuk sepeda motor.

    “Cairan rem di mobil dapat bertahan lebih lama karena posisi tabung reservoir cairan rem ada di dalam ruang mesin sehingga lebih tertutup, dibandingkan sepeda motor yang tabung reservoirnya berada di tempat lebih terbuka,” papar Taqwa.

    Mantan pembalap ini juga menyatakan, dengan kondisi iklim di Indonesia yang memiliki tingkat kelembaban 60 – 80 persen, maka sangat berpengaruh terhadap kondisi cairan rem dan kemampuan pengereman.

    “Dengan kandungan air sebanyak 3 persen, titik didih cairan rem akan turun hingga lebih dari 100 derajat celcius. Jika titik didih cairan rem tersebut terlewati, maka rem akan rentan untuk blong,” ujar Taqwa.

    Di kesempatan yang sama, PT Autochem Industry  juga mengenalkan cairan rem Prestone Brake Fluid DOT 4, cairan rem ini memiliki keunggulan dalam hal titik didihnya yang lebih tinggi.

    Pada cairan rem Prestone DOT 4 memiliki titik didih 265 derajat Celcius sementara standar cairan rem DOT 4 kebanyakan hanya 230 derajat celcius. Dengan kandungan air tiga persen, titik didih Prestone DOT 4 diklaim tetap memiliki suhu lebih tinggi hingga 155 derajat celcius. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here