Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaCatat Rekor Baru, Tesla Kirim 241.300 Unit ke Seluruh Dunia

    Catat Rekor Baru, Tesla Kirim 241.300 Unit ke Seluruh Dunia

    News.OLX.co.id – Tesla berhasil mencatat peningkatan signifikan untuk penjualan mobil listriknya secara global.

    Pabrikan mobil bertenaga listrik ini di kuartal Juli hingga September 2021 mengirim hingga 241.300 unit, naik hingga 73% dari periode sama di tahun sebelumnya. 

    “Tesla mencatat rekor pengiriman jumlah mobil di kuartal ketiga, jauh dari perkiraan prediksi Wall Street. Ini setelah Elon Musk memecut seluruh karyawannya untuk bekerja keras mendorong pengiriman di kuartal akhir,” tulis Nikkei Asia, Minggu (3/10/2021).

    Sementara beberapa analis, termasuk data dari Refenitiv memprediksi Tesla hanya akan mampu mengirimkan sebanyak 229.242 unit karena terkait dengan krisis chip yang terjadi secara global.

    Namun sekali lagi Tesla berhasil melewati krisis ini dibanding kompetitor lainnya dan mampu meningkatkan kembali angka penjualan hingga 20% dari catatan rekor kuartal sebelumnya. 

    Elon Musk mengatakan krisis suku cadang yang sangat parah di awal kuartal ketiga lalu memang cukup berdampak, sehingga ia harus mengambil keputusan untuk terus mendorong pengiriman di akhir kuartal.

    “Gelombang pengiriman akhir kuartal kali ini luar biasa tinggi,” kata Elon Musk dalam email ke internal perusahaan.

    Ini sekaligus menandai kenaikan kuartal per kuartal selama enam kali berturut-turut. 

    Di China sendiri, Tesla raih peningkatan ekspor ke Eropa serta berhasil memperkenalkan Model Y yang harganya lebih murah sehingga sukses meningkatkan angka produksi Tesla.

    Di sisi lain, para pesaing Tesla seperti General Motors, Honda serta beberapa merek pesaing besar lainnya justru mencatat penurunan penjualan di Amerika Serikat pada kuartal ketiga karena dampak kekurangan chip berkepanjangan. 

    Penjualan GM di Amerika pada kuartal ketiga turun hingga level paling rendah dalam satu dekade terakhir, hampir 33%.

    Menurut Gary Black, portfolio manager di Future Fund dan Tesla Bull, menyebutkan bahwa rekor pengiriman Tesla periode ini juga didorong hasil yang diraih di China.

    Sekaligus menepis rumor bahwa permintaan mobil Tesla di China sedang melambat akibat pengawasan dari regulator dan publik disana serta persaingan dari merek mobil listrik lokal. 

    Sejauh ini Tesla memang belum merilis penjualan mereka di China pada bulan September. Namun di bulan Agustus pabrik mobil Tesla di Shanghai sudah mengekspor lebih dari dua pertiga jumlah total produksinya ke Eropa dan negara-negara Asia.

    Kondisi tersebut membuat total produksinya di kuartal ketiga naik lebih dari 15% menjadi 237.823 unit kendaraan dari kuartal sebelumnya.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here