Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    InformasiJasa & KeuanganCiri-Ciri Pemimpin Era New Normal di Mata Rhenald Kasali

    Ciri-Ciri Pemimpin Era New Normal di Mata Rhenald Kasali

    Untuk bisa melalui kondisi sulit akibat pandemi yang melanda negeri kita setahun belakangan, peran pemimpin akan sangat menentukan. Leader dituntut bisa memberikan arah baru bagi bisnis yang dijalankan serta memiliki jiwa sebagai pelayan, pengayom, dan penerang jalan. Sebagai pemimpin harus mampu untuk bekerja lebih keras, bertanggung jawab, lebih berempati dan bersedia memberikan dukungan.

    Ciri-ciri pemimpin di era pandemi ini dibeberkan langsung oleh Prof. Rhenald Kasali Ph.D, Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dalam kesempatan Monthly Business Clinic (MOBIC) FIFGROUP, Selasa, 19 Januari 2021 yang berlangsung virtual.

    “Pemimpin dituntut untuk bekerja lebih keras, bertanggung jawab, lebih berempati dan bisa memberikan dukungan serta arah baru,” ungkap Founder of Rumah Perubahan tersebut berbagi kiat kepada lebih dari 1,000 peserta, terdiri dari jajaran direksi, manajemen dan seluruh leader FIFGROUP di Indonesia.

    Untuk menjadi pemimpin dengan karakter tersebut, menurut Rhenald Kasali, pemimpin harus mulai bisa beradaptasi dengan kondisi saat ini, tahu bagaimana menyikapi situasi pandemi, membentuk pola pikir, serta jeli dalam melihat sebuah peluang untuk terus maju kedepannya.

    “Menghadapi pandemi ini, setiap leader harus melakukan 5 hal yang untuk tetap agile dalam kondisi saat ini. Keep it relevant atau senantiasa beradaptasi dengan perubahan apapun, menjaga mindset untuk selalu positif, mau investasi untuk mempelajari keahlian baru dari manapun sepanjang kita hidup,” tuturnya.

    Ia menambahkan, leader juga harus bisa responsif terhadap perubahan pada konsumen dengan menggunakan cara-cara baru, produk baru dan layanan baru, serta saling membantu dengan cara simpati, empati dan engagement.

    “Leader dalam konsepnya adalah penentu arah yang membawa angin perubahan serta ide-ide dan menentukan arah baru terutama dalam kondisi ini. Sementara manager adalah seseorang yang selalu melakukan pekerjaan yang bersifat rutin,” pungkasnya.

    Dalam prediksinya, bisnis atau usaha yang masih memiliki peluang besar di era new normal seperti sekarang adalah bidang yang berkaitan dengan digitalisasi, teknologi dan robot, ekosistem dan lingkungan, serta energi alternatif.

    Arti Pemimpin Menurut CEO FIFGROUP

    Acara bertema “Agent of Change: Leader’s Role in Optimizing Opportunities” tersebut dibuka langsung oleh Margono Tanuwijaya, CEO FIFGROUP.

    Dalam sambutannya, Margono menyampaikan bagaimana pentingnya peran seorang pemimpin saat ini. 

    “Seorang leader harus mampu berubah dan agile serta memiliki sense of crisis yang tinggi, tidak hanya dalam memotivasi tim agar dapat berkolaborasi dan berkontribusi secara maksimal, namun juga menjadi sosok yang mampu menjadi panutan. Saya mengingatkan untuk tetap fokus bersama tim dalam mencapai target yang telah kita tentukan bersama,” tuturnya.

    “Pemimpin adalah sosok yang memberikan motivasi kepada timnya, sekaligus menjadi panutan. Leader harus menjadi pribadi yang proaktif, produktif, menerima dan beradaptasi dengan perubahan,” pungkasnya.

    Acara Monthly Business Clinic (MOBIC) sendiri merupakan program Human Capital Division FIFGROUP yang rutin digelar setiap bulan untuk memberikan gambaran atas proses kerja yang dilakukan dalam meningkatkan produktivitas perusahaan untuk meningkatkan service culture dan memberikan kepuasan terhadap pelanggan.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait