Kamis, Juni 1, 2023
Lainnya
    TipsHal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Coating Mobil

    Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Coating Mobil

    JAKARTA – Coating mobil tentu saja bukan istilah yang asing bagi kita yang menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari. Selain mempercantik mobil, coating juga dilakukan agar cat mobil tidak menjadi kusam dan warnanya memudar. Selain itu, coating juga akan melindungi cat dari paparan debu di jalan, sengatan sinar matahari, air hujan, dan baret akibat terkena goresan.

    Menurut website resmi Suzuki di Indonesia, coating mobil adalah proses yang dilakukan oleh teknisi dengan mengaplikasikan lapisan khusus di permukaan mobil yang sudah dilapisi dengan cat warna. Lapisan ini akan menjaga ketahanan cat pada mobil yang dilapisinya.

    Selain itu, coating juga membuat mobil terlihat kinclong dan menawan. Hal ini dikarenakan bahan Si02 atau silikon dioksida yang digunakan. Bahan-bahan ini akan sangat berguna untuk membuat mobil menjadi tampak lebih cerah dan mengkilap.

    Baca juga: Mobil Kelar Dicoating, Jangan Sampai Lakukan 3 Hal Ini!

    Manfaat Coating Mobil

    Manfaat coating mobil
    Coating Mobil (olx.co.id)

    Melansir website resmi Auto2000, setidaknya terdapat lima manfaat coating untuk menjaga tampilan mobil kamu, yaitu:

    1. Cat Tidak Mudah Memudar

    Lapisan coating mobil berfungsi untuk memberikan perlindungan cat mobil dari sinar UV yang dibawa disebabkan oleh paparan matahari. Paparan matahari yang terjadi terus menerus akan membuat warna cat cepat pudar dan kusam.

    2. Mobil Terlihat Lebih Mengkilap

    Jika kamu ingin menghadirkan tampilan berbeda pada mobil, hal itu pasti dirasakan setelah melakukan coating. Tidak hanya menawan, mobil juga akan terlihat mengkilap seperti baru. Daya kilap mobil hasil coating ini dikatakan mampu bertahan setahun penuh.

    3. Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Air dan Jamur

    Selain mengkilap, mobil yang telah di-coating juga akan memiliki ketahanan lebih terhadap air dan jamur. Hal ini dikarenakan efek daun talas dari coating yang mencegah air dan kotoran untuk menempel di body mobil. Sehingga akan menghalangi munculnya bercak putih dan jamur pada mobil.

    4. Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Goresan

    Goresan halus sangat mungkin terjadi karena hal-hal sepele, seperti kesalahan dalam mencuci, terkena ranting pohon, maupun kerikil jalanan. Nah, coating merupakan cara terbaik agar kita terhindar dari goresan akibat hal-hal tersebut. Jika diibaratkan, coating seperti pelindung layer agar tidak tergores pada ponsel kita.

    5. Memudahkan Perawatan

    Manfaat coating selanjutnya adalah memudahkan pemilik ketika merawat body mobil. Pemilik mobil dapat lebih mudah mencuci mobil sendiri tanpa harus rutin ke salon mobil. Selain itu, jika terdapat kotoran yang menempel pada cat bisa langsung dilap dengan kain microfiber tanpa khawatir bekas noda yang tertinggal.

    Baca juga: 15 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

    Cara Coating Mobil dengan Baik dan Benar

    Tentu saja untuk melapisi mobil pasti ada tahapan-tahapannya. Sebagai pemilik mobil, wajib bagi kita untuk mengetahui tahapan-tahapan tersebut. Apa saja? Berikut proses yang akan dilakukan teknisi ketika melakukan coating pada mobil.

    Tahap Persiapan

    Ini adalah tahap awal yang paling penting. Persiapan yang baik dan benar akan memberikan hasil yang maksimal saat coating dilakukan. Pada tahap ini, biasanya body mobil akan dibersihkan. Semua kotoran dan minyak yang menempel akan diangkat. Hal ini penting agar hal-hal tersebut akan membuat coating tidak menempel dengan benar.

    Tahap Pengaplikasian

    Jika sudah dipersiapkan, maka permukaan body mobil akan dilapisi dengan beberapa teknik. Seringkali, teknik yang dipakai menggunakan alat semprot atau spray process

    Pada teknik ini, bahan coating akan disemprotkan ke seluruh permukaan mobil secara merata. Ingat, proses ini harus dilakukan di ruang tertutup dan bersih agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada body mobil.

    Tahap Pengeringan

    Ini adalah langkah terakhir agar lapisan coating menjadi keras dan kuat. Proses ini biasanya berlangsung lama, oleh karena itu beberapa bengkel menyediakan tempat pengeringan khusus yang memiliki temperatur tepat agar coating cepat mengering. Lama waktu pengeringan tergantung dengan kondisi temperatur udara. Ada yang waktu pengeringannya beberapa jam bahkan ada yang seharian.

    Baca juga: Ini Langkah Proses Coating yang Baik dan Benar

    Merawat Mobil Setelah di-Coating

    Merawat coating mobil
    Rutin Mencuci Mobil (olx.co.id)

    Setelah melakukan coating, hal terakhir yang perlu kamu ketahui adalah tata cara merawatnya. Sebaik apapun proses coatingnya, jika tidak dirawat dengan baik tentu akan percuma. Merawat coating mobil akan membuat kendaraan lebih menawan dan lapisannya menjadi awet. Berikut ini beberapa perawatan yang perlu dilakukan.

    Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memarkir mobil di tempat yang teduh. Hindari memarkir mobil sembarangan di tempat terbuka karena bisa menyebabkan lapisan pada coating rusak hingga akhirnya jadi kusam. Jika sudah begini, kamu jadi rugi mengingat biaya coating mobil tidak murah.

    Selanjutnya adalah mencuci mobil secara berkala. Bagaimanapun, kotoran yang menempel pada body mobil adalah faktor utama coating menjadi cepat kusam karena sering digunakan, baik saat hujan ataupun panas. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk kita rajin mencuci mobil secara berkala, setidaknya satu minggu sekali.

    Hasil coating mobil yang rapi
    Hasil Coating Mobil (olx.co.id)

    Cara ketiga adalah menggunakan shampo khusus. Hindari menggunakan sembarang shampo untuk mencuci mobil kita. Salah bahan kimia akan mengakibatkan lapisan coating menipis. Alangkah baiknya jika mencuci mobil dengan menggunakan shampoo khusus yang didesain untuk mobil dengan busa yang lebih lembut.

    Selain itu, penting juga memanfaatkan lap khusus untuk mobil. Saat mengeringkan atau membersihkan kotoran, kita juga bisa menggunakan lap khusus mobil. Lap ini akan menjaga bagian body tetap bersih bebas goresan dan coating tetap aman.

    Terakhir, kita juga perlu memberikan proteksi dengan wax. Menambahkan wax akan memberi kita proteksi ekstra. Wax berfungsi untuk melapisi cat mobil kamu agar lebih awet dan tahan lama.

    Nah, itulah informasi penting yang perlu kamu ketahui mengenai coating mobil. Melakukan coating akan menjadikan mobil terlihat menawan dan terlihat seperti baru. Jika suatu saat nanti kamu ingin menjualnya, mobil bekas yang terawat dan menawan akan memiliki harga yang tinggi loh. Apalagi saat ini industry jual beli mobil bekas sedang naik daun. Kalo kamu ingin menjual mobil, pilihlah platform yang terbaik. 

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman.

    Populer
    Jakarta Auto Week
    Berita Terkait