Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsCustom Jok Motor Jangan Asal Kalau Mau Nyaman

    Custom Jok Motor Jangan Asal Kalau Mau Nyaman

    Jakarta – Apa yang harus OLXer lakukan pada motor bila riding jarak jauh dan OLXer merasa gak nyaman dan mudah capek. Padahal mungkin motor masih terbilang baru dan tidak ada kendala pada mesin. 

    Itu artinya jok motor sebagai penopang bobot OLXer saat riding gak terlalu nyaman. Perlu diubah atau dibuat menjadi lebih nyaman. Disinilah fungsi para spesialis papas jok untuk OLXer temui. 

    Tapi jujur, gak semua workshop reparasi jok motor bisa menjadi solusi. Tergantung skill dari pengrajin jok motor yang mengerjakannya.

    Seperti salah satunya yang ditemui OLX Indonesia di kawasan Kampung Makassar, Jakarta Timur milik Saiful Arief. 

    Nama workshop-nya adalah Ipoel’s Jam, salah satu spesialis jok yang namanya cukup tenar di kalangan pecinta modifikasi kendaraan roda dua. Cukup banyak piagam juara kontes modifikasi jok yang berjejer di dinding workshop sebagai bukti kepiawaian Saiful Arief dalam urusan mengubah jok.

    “Sebenarnya sederhana aja kalau mau buat jok motor itu terasa nyaman. Pemilihan bahan, baik itu busa jok dan kulit pembungkusnya jadi kunci penting,” jelas Andre, pengrajin jok yang bekerja di Ipoel’s Jam kepada OLX Indonesia saat ditemui di workshop-nya, Selasa (6/8/2019).

    Andre, salah satu pengrajin jok motor di Ipoel's Jam, Jakarta Timur (Sumber Foto: Zie)

    Pada dasarnya kalau jok standard bawaan motor itu memang kurang nyaman, agak keras. Tapi kelebihannya adalah materialnya berkualitas sehingga lebih awet. “Kalau mau nyaman, sudah pasti harus ganti busa yang lebih empuk. Terus dibungkus dengan bahan kulit yang berkualitas,” lanjutnya.

    Jadi jangan asal main modif atau custom jok begitu aja kalau memang mau nyaman. Pilih bahan terbaik, mulai dari bahan busa sampai bahan kulit pelapis jok. . 

    Ia menyebutkan banyak sekali merek kain pelapis jok yang bisa dipilih, tapi itu tidak menjamin daya tahan jok. Tergantung harga bahan, mau yang premium dengan harga yang lumayan mahal, atau yang biasa-biasa aja dengan harga yang murah. Tergantung pilihan konsumen saja.”

    Tapi diakui Andre, kebanyakan pelanggannya minta pasang bahan yang premium karena rekomendasinya. “Sayang kalau sudah harus bongkar terus kita kerjakan, tapi mereka gak dapat kenyamanan seperti yang mereka inginkan,” ujar adik dari Saiful Arief ini. 

    Satu merek yang cukup dimention olehnya adalah Accura Trax. Dari pengalamannya merek ini cukup bagus kualitasnya. “Bahannya bagus, tekstur kulitnya keset dan kuat, gak gampang panas, sehingga awet kalau dipakai membungkus jok,” sebutnya. 

    Pilihan bahan pelapis jok motor merek Accura Trax (Sumber Foto: Dokumentasi JMC)

    Harganya juga cukup kompetitif kalau dibanding dengan merek kulit yang sudah banyak dikenal orang. “Untuk harga bahan premiumnya lebih murah 30 persen dibanding kompetitornya. Tapi untuk yang regulernya memang lebih mahal 25 persen. Ini karena teknologi yang dipakai Accura Trax,” jelas pria yang mengaku pernah belajar pasang jok selama 8 tahun di Kemayoran ini.

    Baca Juga : Tips Menjaga Jok Motor Agar Awet dan Nyaman

    Suka Ditantang Custom Jok Berdesain Khusus

    Sebagai spesialis pengerjaan jok motor, Saiful dan Andre mengaku sangat senang bila mendapat pesanan custom jok dengan desain khusus.

    “Kadang tantangannya beda-beda, dan ini cukup menarik. Resiko gagal juga sangat tinggi. Makanya saya gak pernah berani janji bisa dikerjakan dalam waktu cepat,” terang Ipul.

    Baginya, mengerjakan dengan teliti dan detail sangatlah penting. Kepuasan pelanggan menjadi prioritasnya dalam menjalankan usaha ini. 

    “Ada trik khusus kalau mau membentuk jok modif. Detail yang kecil-kecil itu kita tambahin baut untuk mengikatnya. Jadi gak cuma ngandelin kekuatan lem saja. Untuk bahan detail yang menonjol kita pakai bahan matras (busa hati) karena bahannya lebih keras, jadi detailnya rapi saat ditutup kulit jok. Pas dijahit juga jadi benar-benar kebentuk,” papar Ipul menjelaskan detail cara kerjanya saat membuat jok modif dengan tingkat kesulitan tinggi.

    Dalam proses kerjanya, keduanya berbagi spesialisasi. Andre sebagai adik lebih banyak mengerjakan proses pembentukan detail jok. Sementara Ipul lebih banyak mengerjakan proses penjahitan/menyatukan detail jok dengan bahan pembungkusnya.

    Jadi gak salah kalau sering juara dalam kontes modifikasi ya bro…. 

    Nah, kalau OLXer ada rencana bikin jok motor jadi lebih nyaman, gak ada salahnya menyambangi Ipoel’s Jam. Untuk harga tergantung dari model serta bahan yang diinginkan. Paling mahal sampai 2,5 juta rupiah dan paling murah itu sekitar 500 ribu – 600 ribu rupiah. Tapi kalau sekadar ganti kulit jok saja, tinggal pilih bahan, mau pakai yang paling murah seharga Rp 45 ribu atau yang paling mahal Rp 125 ribu. (Z) 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here