Minggu, Juni 26, 2022
More
    BeritaDaftar 10 Mobil Bekas Harga di Bawah Rp 50 Juta, Populer di...

    Daftar 10 Mobil Bekas Harga di Bawah Rp 50 Juta, Populer di Tahun 2000-an

    Membeli mobil bekas? Kenapa tidak. Meski berstatus seken, mobil bekas kini banyak yang masih berkualitas.

    Pasalnya, tak sedikit orang yang menjual mobil bukan karena tunggangannya rewel, melainkan cuma ingin minta ganti saja.

    Namun jika membeli mobil bekas memang tidak ada salahnya melakukan pengecekan ekstra. Agar mobil yang diidam-idamkan tetap aman dan nyaman.

    Tapi yang perlu diketahui, membeli mobil bekas juga punya kelebihan, setidaknya kita bisa memiliki mobil dengan budget yang dapat kita sesuaikan. Apalagi mobil-mobil yang diimpikan kini tak lagi diproduksi pabrikan.

    Nah, jika OLXers ingin mencari mobil bekas sesuai dengan selera dan kantong, tidak ada salahnya langsung melihat berbagai rupanya di platform jual beli mobil OLX.co.id.

    Bahkan di platform ini ternyata ada mobil bekas yang harganya Rp 50 jutaan bahkan kurang. Tidak hanya itu, mobil-mobil yang ditawarkan pun termasuk cukup popular di awal tahun 2000an.

    Nah, mau tahu apa saja mobilnya berikut ulasannya.

    1. Suzuki Karimun

    Suzuki Karimun
    Suzuki Karimun

    Di akhir tahun 90-an dan awal 2000-an, nama Suzuki Karimun cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia. Perlu dicatat, nama Suzuki Karimun generasi pertama sudah ada sejak tahun 1996 dan dirakit di Indonesia.

    Meski Karimun generasi pertama berstatus bekas, namun saat ini ternyata masih banyak konsumen yang memburu mobil tersebut.

    Adapun Suzuki Karimun generasi awal ini merupakan sebuah city car yang sudah dijejali mesin  1.0 liter 4 silinder segaris 8 katup SOHC, yang sanggup menyemburkan daya hingga 54 Tk pada 5.500 rpm.

    2. Honda Jazz

    Honda Jazz
    Honda Jazz

    Honda Jazz pertama muncul pada tahun 2001 di Jepang. Selang dua tahun atau pada tahun 2003, mobil hatchback tersebut mendarat di Indonesia.

    Nah, kehadiran Honda Jazz memang sempat menjadi impian kaum muda kala itu. Karena desainnya dianggap lebih keren daripada mobil hatchback di eranya, sehingga mobil mampu menyita kalangan muda.

    Untuk pasar Indonesia, saat itu Honda Jazz hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) dan mesin VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control).

    Untuk tipe i-DSI, dijejali mesin 4 silinder SOHC berkapasitas 1.500 cc, i-DSI yang menyemburkan daya 85 Tk pada 5.500 rpm dengan torsi 128 Nm pada 2.700 rpm. Sedangkan tipe VTEC  berkapasitas 1.5 liter mampu menghasilkan daya 108 Tk pada 5.800 rpm dengan torsi 143 Nm pada 4.800 rpm.

    3. Mitsubishi Kuda

    Mitsubishi Kuda
    Mitsubishi Kuda

    Sebelum hadir Xpander, Mitsubishi pernah menawarkan sosok MPV yang cukup dikenal antara tahun 1997. Ya, mobil tersebut adalah Mitsubishi Kuda.

    Di Indonesia, Mitsubishi Kuda masuk sekitar tahun 1999, kemudian Namanya semakin melejit di awal tahun 2000-an, karena digadang-gadang menjadi rival Toyota Kijang dan Isuzu Panther.

    Awal kemunculannya, Mitsubishi Kuda tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu 1.6 L bensin karburator (4G18 S3) dan 2.5 L diesel (4D56).  Saat itu, mobil ini menawarkan tiga pilihan tipe, yaitu GLX (standar), GLS (menengah) dan Super Exceed (mewah).

    Masuk di tahun 2002, Mitsubishi Kuda generasi kedua meluncur, tambahan varian mesin yang jadi lebih besar, yaitu 2.0 L injeksi (MPI) (mesin 4G63 S4).

    4. Toyota Soluna

    Toyota Soluna
    Toyota Soluna

    Toyota Soluna hadir sejak tahun 1994, namun masuk Indonesia pada tahun 1997. Nah, di awal tahun 2000, sedan entry level ini ternyata semakin dicari konsumen kala itu.

    Sejumlah orang yang memilih mobil beralasan, bahwa konsumsi Soluna tergolong irit, dan performanya cukup diandalkan.

    Ya, ini tak lepas dari jantung pacunya yang dibenamkan, yaitu mesin 1.5 liter 5A-FE 4 Silinder segari 16 katup DOHC, yang mampu menyemburkan daya 93 Tk pada 5.600 rpm dan torsi 124 Nm pada 4.800 rpm.

    5. Hyundai Getz 

    Hyundai Getz

    Mobil asal Korea Selatan, Hyundai Getz sebenarnya mulai diluncurkan pada tahun 2002. Sedangkan di Indonesia, mobil ini cukup dikenal pada tahun 2003-an.

    Mobil ini disebut-sebut memiliki bentuk body kompak dan performanya cukup bandel.

    Ini tak lepas dari mesin yang dibenamkan, berupa mesin 4 silinder segaris SOHC, 12 Katup dengan kapasitas 1.341 cc, yang memuntahkan daya 82 Tk dan torsi 117 Nm.

    6. Daihatsu Taruna

    Daihatsu Taruna
    Daihatsu Taruna

    Di tahun 90-an, dan 2000-an awal, nama Daihatsu Taruna cukup popular. Ya, sebelum muncul Terios, Taruna sudah lebih dahulu mengaspal di jalanan Indonesia.

    Masuk ke segmen Small SUV, Daihatsu Taruna disebut-sebut mobil yang handal baik digunakan di perkotaan maupun saat jalanan dengan kondisi jalan kurang bagus.

    Saat diperkenalkan PT Astra Daihatsu Motor pada tahun 1999, Daihatsu Taruna hadir dengan beberapa varian C-Series, seperti tipe CL (standar), CX (menengah) dan CSX (paling mewah).

    Nah, pada tahun 2000, Daihatsu Taruna muncul varian F-Series dengan perubahan mencolok, mulai dari bodi lebih panjang, mengusung teknologi injeksi. Selain itu, selang beberapa tahun kemudian yaitu tahun 2005, muncullah Taruna Oxxy.

    Baca juga  Kota Medan Jadi Penutup Rangkaian GIIAS 2019 The Series

    Untuk Taruna Oxxy sendiri dibenamkan mesin 4 silinder, 8 katup, berkapasitas 1.500 cc yang menghasilkan tenaga 86 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 114 Nm pada 4.400 rpm.

    7. Suzuki Baleno

    Suzuki Baleno
    Suzuki Baleno

    Pamor Suzuki Baleno memang sudah ada sejak awal kemunculannya pada tahun 1995. Ya, saat itu hadirnya Suzuki Baleno untuk menyaingi pamor Honda Civic Ferio dan Toyota Corolla.

    Suzuki Baleno terus melakukan ubahan, termasuk pada tahun 2003, mulai dari bodi sampai sasis.

    Nah, untuk Suzuki Baleno pada tahun tersebut dijejali mesin berkode M15A, DOHC, VVT dengan kubikasi 1.5 liter yang mampu menghasilkan daya 100 Tk dan torsi 133 Nm.

    8. Toyota Kijang Kapsul

    Toyota Kijang
    Toyota Kijang kapsul

    Mobil yang juga fenomenal adalah Toyota Kijang. Ya, Toyota menghadirkan Kijang generasi keempat atau disebut Kijang Kapsul pada periode 1997-2003.

    Ketika menjadi Kijang Kapsul, desain mobil MPV ini bertransformasi tidak kotak lagi, melainkan sudah lebih aerodinamis dengan sudutnya yang tak lagi kaku.

    Toyota Kijang Kapsul hadir dengan dua pilihan mesin yaitu mesin bensin 1800cc (tipe 7K) yang menghasilkan tenaga 80 Tk, dan mesin diesel 2400cc (tipe 2L) dengan semburan daya 100 Tk.

    9. Honda City Type Z

    Honda City Type Z
    Honda City Type Z

    Nama Honda City sejatinya sudah ada sejak tahun 1981. Namun dari sekian model Honda City ada yang cukup menarik dengan harga Rp 50 jutaan. Ya, itu adalah Honda City type Z.

    Honda City type Z merupakan mobil yang  yang dipasarkan antara tahun 2000-2003. Mobil ini juga dianggap sangat nyaman karena memiliki stabilizer pada suspensi belakang sehingga handling sangat enak ketika dikendarai.

    Ini karena pada suspensi depan dan belakang menggunakan MacPherson Strut with stabilizer.

    Ada satu hal yang banyak disebut Honda City Type Z sangat menarik, yaitu meski terlihat biasa saja, namun performa saat di jalan justru luar biasa.

    Ya, ini tak lepas dari penggunaan mesin yang dijejali pada Honda City type Z, berupa mesin mesin 1500 cc, VTEC D15B, 4 silinder segaris 16 katup, SOHC, yang mampu menyemburkan daya 115 Tk pada 6.800 rpm dan torsi 139 Nm pada 4.600 rpm.

    10. Isuzu Panther

    Isuzu Panther
    Isuzu Panther

    Nama Isuzu Panther memang sangat melegenda. Namun sayang, mobil yang dikenal dengan julukan Rajanya Diesel ini sudah tak lagi diproduksi di awal 2021.

    Akan tetapi, Isuzu Panther hingga saat ini salah satu mobil yang masih diminati. Khususnya mereka yang menyukai mobil bermesin diesel.

    Nah, jika OLXers ingin punya Panther dengan harga terjangkau, ketahui pula bahwa mobil yang satu ini ada yang terjangkau dengan harga Rp 50 jutaan dan produksinya di atas tahun 2000.

    Ya, Isuzu Panther tersebut merupakan generasi ketiga, yang meluncur pada tahun 2000. Saat itu, Panther hadir dengan beberapa varian yaitu Panther Grand Touring, Touring, SS, SV, LV, LM, dan SM.

    Di era tersebut, Isuzu Panther memiliki mesin 2.5 liter Turbo diesel, direct injection, yang mampu menghasilkan daya hingga 78,9 Tk pada 3.500 rpm, dan torsi 170 Nm pada 2.300 rpm.

    Selain beberapa mobil popular di atas, pada dasarnya di tahun 2000-an masih banyak  mobil lainnya yang juga cukup terkenal dan harga bekasnya kini dibanderol Rp 50 jutaan.

    Nah, berikut model mobilnya, Mitsubishi Galant, Toyota Vios, Chevrolet Blazer, Suzuki Aerio, Nissan X-Trail, Honda Stream, Toyota Corolla, KIA Visto, Hyundai Trajet, KIA Shuma, KIA Carnival, Hyundai Accent, KIA Travello, Hyundai Avega, Honda Accord.

    Ketahui saat beli mobil bekas

    cek mobil bekas
    Ilustrasi inspeksi mobil bekas di OLX Autos.

    Sekadar informasi, apabila OLXer memang berniat membeli mobil bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil bekas seharga Rp 50 jutaan tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Untuk lebih detail soal mobil bekas seharga Rp 50 jutaan bisa lihat di OLX.co.id

     Atau jika OLXer ingin cepat menjual mobil bisa kunjungi di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here