Jumat, Agustus 19, 2022
More
    InformasiDaftar Mobil Pajak Termurah di Indonesia

    Daftar Mobil Pajak Termurah di Indonesia

    Ketika akan membeli sebuah mobil, apa yang paling OLXers pertimbangkan? Apakah dari segi kualitas, kondisi mobil, desain, tipe mobil, atau dari biaya yang akan dikeluarkan? Mobil pajak termurah seringkali punya kelebihannya sendiri bagi konsumen yang mempertimbangkan biaya jangka panjang.

    Bila OLXers termasuk yang terakhir, maka harus siap-siap kalkulator. Ada beberapa bagian yang harus kalian hitung sebagai potensi pengeluaran.

    Diantaranya seperti biaya membeli mobil itu sendiri, biaya perawatan, biaya servis, biaya reparasi bila diperlukan, biaya operasional yakni bahan bakar untuk digunakan sehari-hari, dan tentunya biaya pajak kendaraan yang harus dikeluarkan tiap tahunnya.

    Baca juga: Wow, 40 Jutaan Kendaraan Bermotor Tidak Bayar Pajak Bakal Kena Penghapusan

    Mobil pajak termurah

    Bagaimana Cara Menghitung Pajak Mobil?

    Bila OLXers bertanya, pajak mobil per tahun berapa? Jawabannya ialah besaran biaya pajak kendaraan yakni sebesar 2% dari nilai jual mobil. Misalnya, bila ingin mencari tahu berapa pajak tahunan untuk sebuah mobil Xpander? Dengan perhitungan tersebut, rerata pajak kendaraan untuk mobil kelas menengah misalnya Xpander dengan tipe tertinggi sebesar Rp4.2 juta per tahunnya.

    Secara detail, cara menghitung pajak mobil bisa dilakukan dengan rumus berikut:

    Pajak pertama: BBN KB + PKB +SWDKLLJ + biaya administrasi TNKB + bea administrasi STNK

    • BBN KB atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor senilai : 10% harga jual mobil 
    • PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor senilai : 2% nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) 
    • SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan senilai: Rp143.000 
    • Biaya administrasi TNKB : Rp100.000 
    • Bea administrasi dan penerbitan STNK : Rp50.000 + Rp200.000

    Rumus diatas ini digunakan untuk menghitung pajak yang dibayarkan pertama kali oleh pemilik kendaraan. Untuk pembayaran selanjutnya, ada perbedaan jumlah yakni sebagai berikut:

    Pajak berikutnya: SWDKLLJ + PKB + biaya administrasi  

    • SWDKLLJ : Rp143.000 
    • PKB : 2% nilai jual mobil 
    • Biaya administrasi: Rp50.000

    Demikian besaran biaya dan cara menghitung untuk bayar pajak mobil. Kalau berniat untuk memiliki mobil yang ekonomis dari segi tarif pajak, pertimbangkan opsi untuk membeli mobil dengan kubikasi mesin kecil dan tidak mahal, atau lebih baik lagi, mobil bekas!

    Mobil bekas dengan pajak murah bisa menjadi alternatif, selain karena harga jualnya yang lebih terjangkau, tarif pajaknya mengikuti mobil tahun lama yang lebih rendah.

    Mobil bekas memang rerata diberi tarif pajak yang murah. Sedangkan mobil baru memiliki tarif pajak yang berbeda dan telah disesuaikan, sehingga lebih tinggi tarifnya. Berikut daftar rekomendasi mobil dengan pajak murah yang bisa anda temukan di OLX Autos!

    Baca juga: Melihat Aturan Pajak Mobil Terbaru Berdasarkan Emisi yang Bikin Harganya Naik dan Turun

    Rekomendasi LCGC Mobil Pajak Termurah

    Honda Brio
    Honda Brio Satya masih jadi produk unggulan PT Honda Prospect Motor. (Dok HPM)

    Mobil LCGC memang terkenal sebagai mobil dengan biaya yang paling ekonomis, karena kapasitas mesinnya yang dibawah rata-rata, dan harga jualnya yang rendah. Berikut daftar mobil pajak rendah bertipe LCGC:

    1. Honda Brio

    Mobil ini merupakan LCGC dengan konsep hatchback yang terlaris di Indonesia. Brio memiliki tarif besaran pajak yang disesuaikan dengan tipe dan tahunnya. 

    Berdasarkan perhitungan dari harga mobil Brio, dan tipe kendaraan, pajak dari LCGC ini berkisar dari yang termahal sebesar Rp3.020.000 untuk tipe tertinggi Brio tahun 2022, dan sebesar Rp1.540.000 untuk Brio bekas tahun 2013 dengan tipe terendah.

    2. Daihatsu Ayla

    Selanjutnya, mobil LCGC yang juga banyak peminatnya ini, cukup rendah dari biaya tarif pajak yang harus dibayarkan tiap tahunnya. Besaran pajak bergantung pada tipe, dan juga tahun keluarannya.

    Berapa pajak mobil Ayla per tahun? Untuk Daihatsu Ayla, tarif pajaknya untuk yang termurah yakni sebesar Rp980.000 untuk tipe terendah yakni Ayla bekas 1.0 D MT Tahun 2012, dan sebesar Rp2.360.000 untuk tipe tertinggi yakni AYLA 12 R AT Tahun 2022.

    3. Toyota Agya

    LCGC selanjutnya dengan besaran pajak yang sangat terjangkau, yakni Toyota Agya. Mobil ini cukup terjangkau dari biaya pajaknya yang di bawah angka 3 juta untuk yang termahal.

    Secara detail, tarif pajak Agya termurah yakni untuk Agya bekas tipe E tahun 2012 yang sebesar Rp1.080.000 pertahun, dan yang termahal untuk Agya Baru tipe G tahun 2022 yang mencapai Rp2.640.000 pertahunnya.

    Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan via Online, Lebih Mudah dan Praktis, Begini Caranya!

    Rekomendasi MPV Mobil Pajak Termurah

    Toyota Avanza
    Toyota Avanza. (Toyota)

    Bagi anda yang lebih tertarik untuk memiliki mobil keluarga yang nyaman, maka pilihlah MPV. Untuk saat ini, memang MPV harganya sangat bervariasi dan tidak semua MPV pajaknya relatif murah. Namun ada beberapa pilihan yang bisa anda pertimbangkan. Selanjutnya, untuk daftar mobil pajak murah, Berikut daftar rekomendasi MPV pajak murah:

    1. Toyota Avanza

    Mobil sejuta umat ini tentunya sudah anda kenali, bukan? MPV rilisan dari Toyota ini sangat populer dan menjadi mobil yang banyak dipilih keluarga di Indonesia. Tidak hanya dari performa mesin, dan fiturnya saja, namun Avanza ternyata tergolong dalam mobil yang pajak yang murah.

    Untuk Avanza dengan pajak termurah, anda bisa memilih Avanza bekas tahun 2003 atau 2004 dengan pajak yang berkisar antara Rp1.040.000 Hingga 1.180.00. Sementara itu, tarif termahal ditetapkan untuk Avanza tahun 2022 tipe Q CVT dengan tarif hingga Rp4.660.000 pertahun.

    2. Daihatsu Terios

    Mobil selanjutnya yang juga memiliki sejarah panjang sebagai mobil pilihan masyarakat Indonesia, Daihatsu Terios. Mobil ini memiliki tarif pajak yang sangat ringan. Bahkan untuk tipe terendahnya masih dibawah Rp1 juta.

    Secara lengkapnya, tarif pajak terios bervariasi berdasarkan tahun rilis dan tipe. Untuk Terios dengan pajak termurah, yakni Terios tahun 2007 tipe TS AT dengan tarif pajak tahunan sebesar Rp900.000. Sementara untuk tipe dengan tarif pajak tertinggi, yakni Terios tahun 2022 tipe F800RG-GQMFJ dengan tarif pajak tahunan Rp4.040.000.

    3. Nissan Livina dan Grand Livina

    Selanjutnya, mobil pabrikan Korea Selatan ini juga sangat terjangkau dari segi tarif pajaknya. Ialah Nissan Livina dan saudara kembarnya Grand Livina. Mobil ini sebenarnya tidak banyak berbeda, hanya saja perbedaan di bagian interior dari Grand Livina yang memuat lebih banyak penumpang.

    Untuk tarif pajaknya, yang termurah yakni sebesar Rp1.560.000 pertahun untuk Nissan Livina tahun 2007 tipe MT. Sementara untuk tarif pajak tertinggi dibebankan kepada Nissan Livina VL 1.5 tahun 2021 dengan tarif sebesar Rp4.160.000.

    4. Toyota Yaris

    Ingin mobil yang tampak sporty, namun tidak mau boncos saat membayar pajak tahunan? Yaris adalah jawabannya! Hatchback keluaran Toyota ini sangat populer dan punya banyak fitur serta pilihan transmisinya yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

    Yaris sendiri memiliki banyak tipe dengan fitur dan harga yang berbeda-beda. Untuk tarif pajaknya sendiri, mobil ini sangat terjangkau karena tidak semahal mobil-mobil hatchback di kelasnya. Tarif pajak termurah yakni sebesar Rp1.220.000 untuk Yaris tahun 2001, dan untuk tarif termahalnya sebesar Rp4.540.000 pada Yaris tahun 2022 tipe 1.5 S CVT.

    Baca juga: Perpanjang SIM dan Pembayaran Pajak Lewat Online Bisa Hindari Pungli

    Rekomendasi Mobil Pajak Termurah (EV)

    Harga Hyundai IONIQ 5

    Anda ingin jauh lebih hemat lagi dengan juga memangkas biaya bahan bakar yang kian mahal? Jawabannya sudah pasti mobil listrik yang cocok untuk anda. Berkat program pemerintah untuk mengurangi emisi bahan bakar, mobil yang digerakkan dengan tenaga baterai mendapat keringanan pajak dan bebas melintas di jalan ganjil genap. Berikut rekomendasi mobil listrik terbaik dengan pajak rendah:

    1. Hyundai Ioniq 5

    Bagi anda yang mengikuti perkembangan dunia otomotif, mungkin anda sudah mengenal salah satu mobil listrik dari Hyundai yang fiturnya membuat geleng-geleng kepala. Ya, mobil ini ialah Hyundai Ioniq 5.

    EV yang baru saja dirilis ini memiliki fitur menarik seperti bisa menjadi sumber energi untuk menyalakan elektronik listrik tinggi. Bisa melaju 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8,5 detik, dan sekali pengisian untuk tipe long rangenya mampu berjalan sejauh 481 km tanpa mengisi baterai! Keunggulannya ini membuat Hyundai Ioniq 5 menyabet penghargaan World Car Of The Year atau menjadi mobil terbaik dunia tahun 2022. 

    Bagi anda yang tertarik untuk membeli Ioniq 5, tidak perlu khawatir dengan biaya pajak tahunannya. Walau tergolong sebagai mobil premium, namun pajak mobil ini tidak semahal mobil di kelasnya yang menggunakan mesin BBM karena mendapat keringanan pajak. Tarif pajak mobil Ioniq 5 sebesar Rp830.000. Lebih murah dari biaya pajak mobil kelas LCGC 10 tahun lalu!

    Baca juga: Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor

    2. Hyundai Kona EV

    Sebelum mengenal Ioniq 5, ada mungkin juga mengenal salah satu mobil listrik yang banyak dibahas karena menawarkan banyak kelebihan. Ialah Hyundai Kona Electric. Mobil pabrikan Korea ini mampu menaikkan pamor mobil listrik di Indonesia lewat performa mesin, dan desainnya yang gagah layaknya SUV.

    Bagi anda yang tertarik dengan mobil listrik satu ini, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk merawatnya. Karena selain irit biaya dari penggunaan listrik, pajak kendaraan ini hanya berkisar Rp974.000 saja untuk Kona tahun 2020. 
    Demikian beberapa mobil pajak murah yang bisa anda pilih untuk menjadi mobil anda selanjutnya. Jika sudah yakin, tapi budget masih belum mencukupi? Ada salah satu alternatif lainnya yang bisa pilih yakni membeli mobil bekas pajak rendah dengan kondisi terbaik di OLX Autos!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here