Jumat, Mei 20, 2022
More
    BeritaDaftar Mobil Rakitan Indonesia Laris di Luar Negeri

    Daftar Mobil Rakitan Indonesia Laris di Luar Negeri

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis penjualan mobil pada tahun 2021 mengalami peningkatan lebih dari 30 persen jika dibandingkan tahun 2020.

    Perlu dicatat, bahwa mobil-mobil yang beredar di jalanan Indonesia banyak yang diproduksi maupun dirakit di Indonesia. 

    Bahkan, beberapa merek turut mengekspor mobil yang dibuat di Indonesia ke sejumlah negara. Kebetulan, pada tahun 2021 ekspor mobil made in Indonesia mengalami peningkatan baik dalam bentuk utuh maupun terurai.

    Menurut catatan Gaikindo, mobil yang diekspor secara utuh atau Completely Built Up (CBU) pada tahun 2021 tercatat mencapai 294.639 unit. Angka ini naik 29,6 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu yang tembus 232.175 unit.

    Sementara itu, untuk mobil yang diekspor dari Indonesia ke luar negeri dalam bentuk terurai atau Completely Knock Down (CKD) pada tahun 2021 mencapai 91.964 unit, naik dari tahun 2020 sebesar 62,5 persen atau tercatat 56.586 unit.

    Nah OLXer mau tahu mobil-mobil apa saja yang dibuat di Indonesia, kemudian laris di berbagai negara, berikut ulasan nya.

    Mobil rakitan Indonesia di ekspor

    Produksi Mobil di Indonesia
    Ilustrasi mobil yang dirakit di Indonesia. (Astra)

    1. Daihatsu

    Toyota salah satu brand yang punya pabrik produksi di Indonesia, kemudian mobil-mobil Daihatsu di ekspor ke sejumlah negara.

    Menurut data Gaikindo, Toyota berhasil mengekspor mobil dalam bentuk CBU pada tahun 2021 sebanyak 122.661 unit, atau naik 34,1 persen dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 91.472 unit.

    Nah, mobil-mobil Daihatsu yang diekspor yaitu Gran Max (Pick Up dan Minibus). Namun begitu, Daihatsu juga punya beberapa mobil yang diekspor dengan me-rebadge atau merubah nama dengan merek lain.

    Ya, beberapa mobil Daihatsu yang sudah diganti namanya yaitu Mazda Bongo, Toyota Town ACE, Avanza, Rush, Raize, dan Wigo.

    Adapun negara tujuan ekspor ini meliputi negara di Asia Tenggara mulai dari Malaysia, Brunei Darussalam, Filiphina, hingga Thailand.

    Selain itu, ada juga negara di Asia termasuk di ekspor langsung ke Jepang yang dikenal ketat. Lalu ada juga yang ditujukan ke pasar Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin.

    2. Toyota

    Mobil Toyota Fortuner di ekspor
    Ilustrasi mobil Toyota Fortuner di ekspor. (Istimewa)

    Di urutan kedua merek mobil yang dibuat di Tanah Air kemudian diekspor ke sejumlah negara dan ternyata laku, yaitu Toyota.

    Tahun 2021, ekspor mobil Toyota dalam bentuk CBU mencapai 67.238 unit atau naik 25,1 persen, dimana tahun sebelumnya hanya 53.728 unit.

    Diproduksi melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), beberapa mobil Toyota buatan Indonesia yaitu Fortuner, Innova, Sienta, Vios, hingga Yaris.

    Oia, Toyota tidak hanya mengekspor dalam bentuk CBU, tapi juga CKD dimana total penjualan pada tahun 2021 mencapai 54.240 unit.

    Sama seperti Daihatsu, Toyota mengekspor mobil-mobilnya ke sejumlah negara lebih dari 80 negara di dunia, mulai dari Asia Tenggara, Asia-Pacific, Timur Tengah, Afrika hingga Amerika Latin.

    3. Mitsubishi

    Ekspor mobil Mitsubishi Xpander
    Ilustrasi ekspor mobil Mitsubishi Xpander. (Mitsubishi)

    Mitsubishi yang dibuat di Indonesia juga ternyata banyak disukai di luar negeri. Terlebih saat munculnya Mitsubishi Xpander.

    Bayangkan saja, dari total ekspor Mitsubishi tahun 2021 sebanyak 48.950 unit, semuanya merupakan model Xpander dan Xpander Cross.

    Mitsubishi jadi salah satu yang tak hanya mengekspor mobil dalam bentuk CBU, tapi juga CKD dimana pada tahun 2021 ekspornya mencapai 9.720 unit.

    Ekspor Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, yaitu mulai dari Vietnam, Filiphina, Thailand, Myanmar, Kamboja, Laos, Mesir, Bolivia,  Bangladesh, Aruba, Panama, Bahrain, Kuwait, UEA, Saudi Arabia, Oman, Jamaika, Afrika Selatan, Republik Dominika, Peru, Irak, Libanon, Costa Rica, Kolumbia, Guatemala, hingga El Salvador.

    4. Suzuki

    Suzuki Carry
    Suzuki Carry merupakan salah satu mobil yang diekspor Suzuki Indonesia. (Suzuki)

    Suzuki juga punya pabrik produksi di Indonesia, yaitu di Cakung, Tambun dan Cikarang. Nah, mobil-mobil yang digarap Suzuki di Indonesia juga di ekspor.

    Selama tahun 2021, Suzuki telah mengekspor mobil-mobil mencapai 43.653 unit. Nah, mobil Suzuki yang ternyata laris di luar negeri, yaitu Ertiga, Carry, APV, hingga XL7.

    Suzuki juga turut mengekspor mobil dalam bentuk CKD, dimana pada tahun 2021 total penjualannya sampai 21.852 unit.

    Adapun beberapa negara tujuan ekspor Suzuki diantaranya Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Filiphina, Taiwan, Vietnam, Jepang, Pakistan, Qatar, Saudi Arabia, Oman, Irak, Tahiti, Vanuatu, Argentina, Aruba, Bahama, Barbados, Bolivia, Chile, Kolombia, Dominican, El Salvador, Grand Cayman, Guatemala, Honduras, Jamaika, Mexico, Nicaragua, Panama, Peru, Santa Maarten, Santa Lucia, Tortola, Trinidad & Tobago, Guyana, Haiti, hingga Grenada.

    Baca juga  Berniat Liburan Nataru ke Bogor? Perhatikan Hal Ini

    5.  Honda

    Honda Brio
    Honda Brio termasuk mobil yang diekspor keluar negeri. (Honda)

    Mobil Honda yang dibuat di Indonesia  tepatnya di Karawang, Jawa Barat,juga ternyata dilirik di luar negeri.

    Ya, mobil buatan ini nyatanya hanya mengekspor Honda Brio yang terdiri dari tiga varian, yaitu Brio S, V dan RS.

    Honda Brio ini di ekspor hanya kedua negara, yaitu Filipina dan Vietnam, dimana pada  tahun 2021 terjual sebanyak 7.350 unit.

    Sebelumnya, Honda pernah juga mengekspor beberapa mobil buatan lokal untuk dipasar keluar negeri seperti CR-V dan Mobilio.

    Seperti diketahui, pabrik mobil Honda di Indonesia memproduksi Mobilio, BR-V, HR-V, Jazz, Brio Satya, Brio RS dan CR-V.

    6.  Hino

    Kendaraan yang dibuat di Indonesia dan dijual di luar negeri tidak hanya kendaraan penumpang, sebab ada juga kendaraan komersial seperti merek Hino.

    Ya, Hino yang memiliki pabrik produksi di Indonesia di kawasan Purwakarta, pada tahun 2021 telah mengekspor 2.870 sasis truk ke beberapa negara.di kawasan Asia Tenggara, seperti Kamboja, Laos, Filipina dan Vietnam.

    7. DFSK

    DFSK
    Ilustrasi mobil DFSK Glory 580.

    Mobil yang dibuat di Indonesia dan dijual untuk pasar ekspor selanjutnya adalah DFSK. Ya merek mobil asal China ini punya pabrik produksi di Cikande, Banten.

    Nah, pada tahun 2021, ekspor DFSK ke luar negeri ternyata tembus di angka  1.027 unit, dimana mobil-mobil ini dijual ke Brunei Darussalam, Hong Kong, Malaysia, Morocco, Nepal, Salomon, Thailand, Timor Leste hingga Vietnam.

    Adapun mobil-mobil DFSK yang diproduksi di Indonesia dan dijual ke luar negeri diantaranya Glory 560, 580 dan juga i-Auto.

    Selain mengekspor mobil CBU, DFSK juga mengekspornya dalam bentuk terurai sebanyak 1.115 unit.

    8. Hyundai-HIM

    Pada tahun 2021, mobil Hyundai yang dibuat di Indonesia juga melakukan ekspor mobil H-1 ke Thailand.

    Nah, selama tahun 2021, meski hanya satu model Hyundai H-1 yang diekspor, jumlahnya mencapai 836 unit.

    9. Wuling

    Wuling Ekspor Almaz Dalam Bentuk Chevrolet Captiva
    Wuling Ekspor Almaz Dalam Bentuk Chevrolet Captiva. (Herdi Muhardi)

    Merek mobil China yang dibuat di Indonesia dan di ekspor, yaitu Wuling. Hanya saja tahun 2021, ekspor Wuling tercatat 54 unit.

    Rupanya angka ini menurun 91,2 persen jika dibandingkan tahun 2020 yang tembus 611 unit.

    Adapun mobil Wuling yang diekspor berupa Cortez dan Almaz atau disebut juga Captiva untuk negara tujuan Brunei Darussalam.

    Wuling juga ikut menjual Wuling Almaz dalam bentuk CKD ke Srilangka, dimana jumlahnya pada tahun 2021 mencapai 32 unit.

    10. Isuzu

    Isuzu Traga
    Isuzu Traga

    Isuzu juga ikut mengekspor kendaraan komersial yang dibuat di Indonesia. Nah, ekspor kendaraan Isuzu pada tahun 2021 mencapai 5.005.

    Hanya saja ekspor yang dilakukan Isuzu ini cuma dalam bentuk CKD, yaitu berupa Isuzu Traga.

    Dsiebutkan, Isuzu Traga di ekspor ke Filiphina, Panama, Guatamala, El Salvador, Dominic, Laos dan Amerika Latin.

    Yang perlu OLXers di garis bawahi, bahwasanya Toyota, Honda, Hino dan Suzuki ikut mengekspor sejumlah komponen mobil, dimana pada tahun 2021 total komponen dari Indonesia mencapai 24.502.286 unit.

    Mobil yang diimpor ke Indonesia

    Selain ekspor, ada juga mobil yang diimpor ke Indonesia. Setidaknya menurut catatan Gaikindo pada tahun 2021 mobil yang diimpor mencapai 47.779 unit.

    Ya, angka ini ternyata naik 35,9 persen dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 35.169 unit.

    Nah, OLXer mau tahu merek mobil apa saja yang banyak diimpor ke Indonesia pada tahun 2021, berikut datanya.

    1. Toyota – 18.487 unit

    2. Mitsubishi – 9.043 unit

    3. Suzuki – 4.677 unit

    4. Mazda – 3.392 unit

    5. Hyundai-HMID – 3.018 unit

    6. KIA – 2.895 unit

    7. Lexus – 955 unit

    8. Mercedes-Benz CV- 934 unit

    9. Daihatsu – 900 unit

    10. Morris Garage – 867 unit

    11. Honda – 700 unit

    12. Isuzu – 361 unit

    13. MINI – 261 unit

    14. Mercedes-Benz PC – 244 unit

    15.  BMW – 234 unit

    16. UD Truck – 223 unit

    17. Hino – 178 unit

    18. DFSK – 104 unit

    19. Tata – 101 unit

    20. Volkswagen – 69 unit

    21. Renault – 46 unit

    22. Audi – 37 unit

    23. FAW – 35 unit

    24. Hyundai – HIM 18 unit

    Mau cari jual atau beli mobil bekas, bisa dilakukan di OLX Autos

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here