Daftar Mobil Terbaru Meluncur di Indonesia di awal 2021, dari Temurah Sampai Termahal

0
50

Mengawali tahun 2021, sejumlah pabrikan otomotif yang ada di Indonesia ternyata memiliki strategi untuk meraih hati konsumen dengan menghadirkan mobil-mobil terbaru dengan berbagai kelebihannya.

Ya, hal ini seakan ingin menepis bahwa terpuruknya pasar otomotif nasional pada 2020 lalu karena pandemi Covid-19, tidak akan membuat penjualan menurun di tahun ini.

Seperti diketahui, pada 2020 lalu, beberapa merek otomotif terbilang enggan menghadirkan model baru. Sebaliknya tahun ini disambut optimis, karena dikabarkan akan banyak senjata teranyar yang dianggap pas untuk konsumen di Indonesia.

Bahkan di awal tahun tepatnya selama Januari 2021, ada beberapa perusahaan roda empat sudah terlebih dahulu meluncurkan mobilnya dengan sejumlah penyegaran. Nah, mau tau mobil baru apa saja yang sudah meluncur dan berapa harganya, berikut daftarnya:

Tesla Model 3 Facelift

Interior Tesla Model 3 Facelift
Interior Tesla Model 3 Facelift

Mengawali tahun 2021, Prestige Motorcars langsung ngegas bisnisnya di Indonesia dengan menghadirkan mobil listrik Tesla Model 3 facelift yang diklaim hadir dengan penambahan ornamen atau fitur lebih lengkap.

Tesla Model 3 facelift hadir dengan penambahan fitur, berupa desain baru, seperti konsol tengah berwarna hitam doff yang dilengkapi dua wireless charging port serta memory dash cam untuk mereka kejadian di luar. Pada bagian belakang dilengkapi bagasi elektrik dan desain baru termasuk cover velgnya.

Tesla Model 3 facelift juga menampilkan warna baru pada handle pintu eksterior, sill yang membentang di sepanjang jendela dan pintu, cover kamera, dan pelingdung sill pintu baris depan. Di bagian interior terdapat warna baru pada trim pintu yakni hitam doff.

Saat turun hujan, penumpang Tesla Model 3 facelift semakin tak perlu khawatir, karena diperbarui bagian atasnya, dimana lubang pada karet kaca belakang berfungsi mengalirkan dan mencegah air tumpah ke dalam bagasi. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan lapisan jendela baris depan yang lebih tebal sehingga mereduksi suara dari luar kabin dan mampu menjaga kabin tetap kedap suara.

Tesla Model 3 Standard Range Plus dilengkapi baterai yang dapat menempuh jarak sejauh 400 kilometer dalam sekali pengisian daya sekitar 4 jam. Perusahaan mengklaim biaya pengisian daya dari 0 hingga 100 persen mencapai Rp 70 ribu. Dengan mesin ini, Tesla Model 3 facelift dapat berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 5.3 detik dan sanggup melesat sampai 225 km per jam.

Soal harga, Tesla Model 3 yang memiliki layar sentuh berukuran 15 inci dijual dengan banderol  Rp 1,5 miliar.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2
Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) menghadirkan Pajero Sport varian baru yaitu Dakar Ultimate 4×2 Rockford Fosgate Edition dan Dakar 4×2 Rockford Fosgate Edition.

Tampilan luar Pajero Sport varian Dakar Ultimate 4×2 Rockford Fosgate hadir dengan  front rear corner garnish, side garnish, rear corner garnish, over fender, special emblem dari Rockford Fosgate, tambahan spare tire cover serta hood emblem.

Khusus di varian Dakar 4×2 Rockford Fosgate Edition ditawarkan dengan warna putih. Varian ini juga tetap mendapatkan aksesoris sporty mulai dari front rear corner garnish, side garnish, rear corner garnish, over fender yang berwarna hitam, spesial emblem dari Rockford Fosgate, tambahan spare tire cover dan hood emblem.

Keduanya dilengkapi suara audio  Rockford Fosgate dengan front speakers, tweeters & mid range speakers, rear tweeters, rear speakers dan juga subwoofer.

Pembeda di sektor kabin dari kedua  yaitu kabin Dakar Ultimate 4×2 Rockford Fosgate Edition menggunakan perpaduan antara warna beige dan hitam, untuk varian Dakar Rockford Fosgate Edition menggunakan full warna hitam. Sedangkan mesin masih sama.

Soal harga, Dakar Ultimate 4×2 Rockford Fosgate Edition dibanderol Rp 609 juta dan Dakar 4×2 Rockford Fosgate Edition Rp 568 juta. Kedua Harga dijual on the road Jakarta.

Suzuki Carry Pick Up

New Suzuki Carry
New Suzuki Carry

Suzuki Indonesia melakukan penyegaran pada Suzuki Carry Pick Up, berupa desain front grille dan bumper. Dari segi keamanan, si Rajanya Pick Up ini sudah dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang terletak di bawah glove box.

Jenis APAR yang digunakan adalah tipe dry chemical powder dan bersertifikat SNI sehingga efektif memadamkan kebakaran tanpa menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan di sekitarnya.

Berdimensi panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm, New Carry Pick Up mampu mengangkut muatan seberat 1 ton dan punya pengait yang ada di sekeliling bak. 12 pengait ada di tipe FD (Flat Deck) dan 22 pengait tersedia di tipe WD (Wide Deck).

Di dalam kabin New Carry Pick Up tersedia Head Unit 1 Din, Split Seat dengan jok yang tebal, serta 6 tempat penyimpanan barang pada varian AC dan 10 tempat di varian non-AC. Fitur mobil ini disempurnakan dengan hadirnya fitur Immobilizer, Air Conditioner, Electric Power Steering (EPS), dan Sliding Sea.

Soal harga, New Carry Pick Up dibanderol Rp 152,5 juta untuk tipe Flat Deck, Rp 161 juta untuk tipe Flat Deck AC/PS, Rp 153,5 juta untuk tipe Wide Deck, dan Rp 162 juta untuk tipe Wide Deck AC/PS, semuanya merupakan harga on the road Jakarta. 

DFSK Gelora Minibus

DFSK Gelora Minibus
DFSK Gelora Minibus

PT Sokonindo Automobile menghadirkan DFSK Gelora dalam bentuk karoseri minibus dengan keunggulan muatan penumpang maksimal.

DFSK Gelora minibus bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan usaha seperti usaha fleet, jasa angkutan, travel, perhotelan, pariwisata, dan berbagai sektor lainnya.

Dengan dimensi panjang 4.500mm, lebar 1.680mm dan tinggi 2.000mm, model minibus ini mempunyai kapasitas penumpang maksimal hingga 11 orang, dimana konfigurasi jok yang tersedia juga sangat fleksibel, bisa diatur sesuai kebutuhan untuk muat 2/7/9/11.

Untuk jantung pacu, DFSK Glory minibus mengusung mesin DK 1.500 cc DVVT bertenaga 109 hp di 6.000 rpm dan torsi  140 Nm di putaran mesin 3.200 – 4.000 rpm.

Soal harga, DFSK Glory minibus dijual dengan harga on the road Jakarta Rp 185 juta.

Mercedes Benz C-Class AMG Final Edition

Mercedes Benz C-Class AMG Final Edition
Mercedes Benz C-Class AMG Final Edition 

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) meluncurkan mobil terbaru dari keluarga C-Class, yaitu Mercedes-Benz C 300 AMG Final Edition dan Mercedes-Benz C 200 AMG Final Edition.

Secara umum, kedua mobil baru ini menampilkan desain depan terbaru berupa diamond radiator grille sebagai standar. Selain itu, C-Class AMG Final Edition ini sudah menggunakan apron depan AMG dengan geometri baru dan desain baru di bagian belakang, termasuk trim knalpot.

Untuk masalah interior juga tak perlu diragukan, karena sudah pasti terlihat keren, mewah dan modern. Lihat saja pada bagian konsol tengah C200 AMG Final Edition dan C300 AMG Final Edition menggunakan bahan trim berupa anthracite open-pore oak wood atau black open-pore ash wood. Veneer kayu asli 3D di konsol tengah menggabungkan karakter buatan tangan dengan sentuhan modern.

Selain itu, fitur standar dari untuk C 200 AMG Final Edition dan C 300 AMG Final Edition yaitu Keyless-GO starting function, dan juga tombol start/stop yang hadir dengan tampilan desain turbin terbaru.

Menyoal harga, Mercedes-Benz C 200 AMG Final Edition dipatok Rp 920 juta. Sedangkan Mercedes-Benz C 300 AMG Final Edition Rp 1,02 miliar. Harga tersebut berstatus Off the Road.

BMW X Series

BMW X Series
BMW X Series

BMW Group Indonesia mengawali tahun 2021 meluncurkan langsung tiga model BMW seri X Series yaitu  BMW X1 sDrive18i, BMW X3 sDrive20i, dan BMW X5 xDrive 40e xLine,

Untuk BMW X1 terbaru, diklaim hadir lebih sporty dengan profil eksterior black-cladding dan matt silver pada bagian bawah bemper depan serta colour-coded diffuser pada bagian bemper belakang, frame kaca serta roof rails dengan finishing satin aluminium.

Masuk ke dalam interior, mobil ini disebut memiliki standard comfort seats untuk pengendara dan juga penumpang depan yang lebih tebal, serta Comfort access untuk akses pintu mudah tanpa memencet tombol di kunci serta pengoperasian buka dan tutup bagasi tanpa sentuhan.

Jantung pacu BMW X1 terbaru sudah dibenamkan mesin bensin BMW TwinPower Turbo 1.5 liter, tiga silinder yang menghasilkan daya maksimum sebesar 140 hp pada 4400 rpm dan torsi maksimum hingga 220 Nm pada 1.250 rpm. Tenaga dikirim ke roda depan melalui transmisi baru dual-clutch 7-percepatan.

Untuk BMW X3 terbaru hadir dengan sejumlah peningkatan, diantaranya desain roda terbaru berukuran 19 inci V-spoke style 692 bi color dan Ferric Grey.

Kabin BMW X3 terbaru sudah menggunakan polished standard comfort seat yang diklaim lebih nyaman dengan bantalan yang berkualitas dan tebal, diikuti dengan penggunaan upholstery Sensatec generasi terbaru, yang dikombinasikan dengan finishing trim interior dalam warna Black High Gloss dan juga highlight Pearl Chrome + Galvanic Embellisher untuk tombol-tombol control membuat tampilan semakin terasa mewah.

Jantung pacu, BMW X3 terbaru ini dibenamkan mesin BMW TwinPower Turbo berkapasitas 2.0-liter empat silinder yang dilengkapi dengan High Precision Direct Injection, Double-Vanos variable camshaft control, dan Valvetronic fully variable valve timing yang mengeluarkan tenaga hingga 184 Tk dan torsi 300 Nm.

The Boss, begitulah sebutan untuk BMW X5, apalagi model terbaru ini karena telah dilengkapi dengan Comfort Cushions pada bagian sandaran kepala yang memberikan kenyamanan maksimal yang dibalut dengan bahan Alcantara. 

Fitur yang tak kalah penting yang ada di mobil ini yaitu adanya Driving Assistance yang dilengkapi dengan Parking Assistant Plus, lalu Surround View dengan kemampuan kamera 360˚, Panorama view, Top view, serta 3D view yang anda dapat atur menggunakan gesture. 

Versi terbaru ini juga termasuk input kemudi aktif untuk membawa kendaraan kembali ke jalur yang dimaksudkan serta feedback getaran pada setir, kemudian front collision warning with brake intervention dan rear collision prevention, dimana sensor pada bagian bemper beserta kamera akan memonitor kondisi di depan dan belakang kendaraan  yang bisa mendeteksi risiko.

BMW X5 terbaru sudah memiliki mesin enam silinder segaris berkapasitas 3.0 liter menggunakan turbocharger twin-scroll, VALVETRONIC fully variable valve timing, timing camshaft variabel Double-VANOS dan High Precision Direct Injection sehingga memuntahkan daya maksimum 340 Tk dan torsi puncak 450 Nm.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here