Minggu, Mei 29, 2022
More
    BeritaDaftar Mobil Terlaris Sepanjang Tahun 2021, Toyota Avanza Paling Puncak

    Daftar Mobil Terlaris Sepanjang Tahun 2021, Toyota Avanza Paling Puncak

    Penjualan mobil secara nasional sepanjang tahun 2021, tembus diangka 887.202 unit untuk wholesales (pabrik ke dealer) dan 863.348 unit untuk retail sales (dealer ke konsumen).

    Nah, untuk wholesales sendiri naik 66,8 persen dibandingkan periode 2020 yang hanya 532.027 unit. Kenaikan juga terjadi untuk retail sales yang ikut terkerek naik 49,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 578.321 unit.

    Usut punya usut, salah satu faktor penyebab penjualan mobil naik karena adanya kebijakan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) oleh pemerintah sebesar 100 persen yang dilakukan sejak Maret-Desember 2021.

    Selain itu, meski masih dalam kondisi pandemi, tahun 2021 juga diketahui sejumlah pabrikan meluncurkan mobil baru.

    Dengan adanya model anyar, setidaknya ini jadi pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan produk yang lebih segar dengan tampilan baru.

    Mobil baru di 2021

    Selama tahun 2021, ada beberapa model mobil yang meluncur baik itu produk baru (All New) atau hanya penyegaran ringan (facelift).

    Puncaknya, mobil-mobil banyak meluncur tepat di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung November 2021.

    Adapun berikut ini beberapa mobil yang meluncur sepanjang 2021, yaitu:

    Audi

    Merek mobil premium asal Jerman Audi ikut menghadirkan beberapa model baru ke Indonesia dengan meluncurkan A5 Sportback, A5 Coupe, RS4 Avant dan A5.

    BMW

    BMW termasuk yang rajin menghadirkan beberapa model baru ke pasar otomotif nasional, mulai dari BMW X1, 520i M Sport, 530 Opulence, M3 Competition, M4 Coupe Competition, 320i Touring Sport, 330i M Sport, M5 Competition, serta 320i Dynamic.

    Daihatsu

    Untuk Daihatsu, pada tahun 2021 menghadirkan dua produk baru, yaitu All New Rocky, All New Xenia, dan produk penyegaranringan berupa New Terios.

    Honda

    Honda jadi salah satu brand yang cukup banyak membawa mobil baru selama pandemi kemarin, yaitu berupa BR-V generasi kedua, City Hatchback, City sedan dan Civic RS, CR-V Black Edition, CR-V, dan juga Brio RS Urbanite.

    Hyundai

    Semenjak kabar Hyundai berencana mendirikan pabrik di Indonesia, merek mobil asal Korea Selatan ini cukup agresif melakukan berbagai persiapan untuk menghadirkan mobil-mobil terbaru ke Tanah Air.

    Hingga akhirnya pada tahun 2021, Hyundai luncurkan mobil-mobil andalan mulai dari, perubahan Santa Fe, kemudian produk baru berupa Staria, hingga Creta.

    Isuzu

    Isuzu juga tak mau ketinggalan, mereka meluncurkan tiga model baru berupa Traga Blindvan, dan  D-Max serta MU-X yang secara bersamaan diperkenalkan bertepatan dengan ajang GIIAS 2021.

    KIA

    KIA  yang juga ikut kembali bangkit di kancah otomotif nasional setelah bergabung dalam Indomobil Group, pada 2021 turut meluncurkan mobil baru berupa Sonet, Grand Carnival, dan Seltos.

    Mazda

    Selama tahun 2021, Mazda menghadirkan dua model paling baru yaitu Mazdai CX-9 dan juga CX-5 GT.

    Mercedes-Benz

    Tak ingin kalah dari Audi dan BMW, merek mobil premium Mercedes-Benz, juga meluncurkan mobil terbarunya ke Indonesia berupa C200 dan C300, serta Sprinter.

    MINI

    Mobil yang dikenal dengan bentuknya mungil namun masuk kelas premium, MINI, ikut  menghadirkan jajaran mobil baru berupa Frozen Brass Edition, Cooper 3 Door, Cooper 5 Door, Cabrio, dan juga John Cooper Works.

    Mitsubishi

    Mitsubishi sendiri menghadirkan dua produk andalannya yang dilakukan penyegaran, yaitu New Pajero Sport, New Xpander dan Xpander Cross. 

    Nissan

    Pada tahun 2021, Nissan cukup mengejutkan, karena mereka langsing meluncurkan mobil listrik ke Indonesia, yaitu All New Leaf.

    Renault

    Merek mobil asal Prancis, Renault tak ingin kalah. Pada tahun 2021, mereka meluncurkan sosok mobil SUV-nya berupa Kiger.

    Suzuki

    Untuk Suzuki, perusahaan dengan logo huruf S ini memang terlihat hanya menghadirkan model baru yaitu New Ertiga Sport FF di ajang GIIAS 2021.

    Toyota

    Sepanjang 2021, Toyota meluncurkan beberapa model baru, yaitu Toyota Raize, GR Series (Rush GR, Yaris GR, Fortuner GR, Agya GR, Veloz GR, dan GR Yaris), serta All New Toyota Avanza-Veloz.

    Volkswagen

    Di tahun 2021, tepatnya di ajang GIIAS 2021, Volkswagen meluncurkan mobil SUV terbaru berupa Tiguan Allspace.

    Wuling

    Merek mobil asal China, Wuling termasuk sukses menarik hati konsumen di Tanah Air. Nah, pada tahun 2021, Wuling meluncurkan New Confero S, Almaz RS, dan Formo.

    Daftar mobil terlaris

    Setelah mengetahui banyak model mobil yang meluncur, berikut ini 10 mobil paling laris penjualannya selama 2021.

    1. Toyota Avanza dan Veloz

    Tahun 2021 kembali menjadikan Toyota Avanza (termasuk Veloz) sebagai model mobil paling laris di Indonesia. Menurut catatan Gaikindo, Toyota Avanza dan Veloz berhasil membukukan penjualan hingga 66.109 unit.

    Penjualan Avanza dan Veloz memang sangat terbantu berkat diskon PPnBM hingga 100 persen. Belum lagi model baru ikut meluncur di bulan November 2021, jadi merangsang penjualan di penghujung tahun.

    Ya, Toyota Avanza dan Veloz terbaru memang sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Namun sebelum kehadiran model anyar, Avanza dan Veloz yang masuk segmen Low MPV memang sudah laris manis bak kacang.

    Tak heran mobil ini disebut mobil sejuta umat, karena Toyota Avanza-Veloz sangat diburu konsumen di Tanah Air.

    2. Mitsubishi Xpander & Xpander Cross

    Di urutan kedua mobil terlaris di Indonesia terdapat Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross yang mencatat penjualan sebanyak 54.624 unit.

    Sejak kemunculannya, Mitsubishi Xpander memang terus membayang-bayangi sosok Toyota Avanza. Tak sedikit yang menyebutkan, keberadaan Xpander memang menarik, karena MPV ini dianggap memiliki bentuk mirip SUV.  

    Penjualan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross juga cukup laris di tahun 2021, tak lain karena keduanya masuk dalam jajaran mobil yang mendapatkan PPnBM.

    Baca juga  Suzuki S-Presso Meluncur di India, Masuk Indonesia Awal Tahun Depan?

    Selain itu, pada perhelatan GIIAS 2021, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hadir dengan penyegaran yang membuat mobil ini tetap jadi pilihan konsumen.

    3. Suzuki Carry

    Di posisi ketiga mobil terlaris cukup mengejutkan, dimana mobil ini merupakan mobil niaga, yaitu Suzuki Carry yang penjualannya tembus 52.854 unit.

    Ya, Suzuki Carry ini merupakan model pick up yang sering digunakan para pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya. Tak terkecuali ketika di masa pandemi.

    Menurut Suzuki, Carry Pick Up memang sangat dibutuhkan pelaku usaha mulai dari pedagang, petani, dan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

    Dengan penjualan Suzuki Carry yang cukup tinggi ini, maka mobil ini mengalahkan beberapa model mobil penumpang yang kerap lalu Lalang di jalanan.

    4. Toyota Rush

    Posisi selanjutnya mobil terlaris masih satu keluarga dengan Toyota, yaitu Rush yang berhasil mencatat penjualan sampai 52.553 unit.

    Toyota Rush memang sempat jadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Biasanya, mobil ini banyak yang mencari karena desainnya cukup menarik, ditambah sejumlah fitur yang dibenamkan satu tingkat di atas kelas Low MPV.

    Ya, Toyota Rush merupakan mobil Low SUV, dianggap merupakan mobil dengan DNA SUV namun masih sangat cocok digunakan harian.

    Diketahui, Toyota Rush sudah dilengkapi mesin bensin 4-silinder, 16-katup, DOHC, berkapasitas 1496 cc yang mampu memuntahkan tenaga 103 PS dengan torsi 136 Kgm.

    5. Toyota Kijang Innova

    Urutan mobil terlaris berikutnya adalah Toyota Kijang Innova dengan raihan penjualan sebanyak 49.745 unit.

    Untuk pasar otomotif Indonesia, siapa sih yang tidak mengenal Toyota Kijang. Mobil MPV ini memang sudah melegenda di Tanah Air.

    Bahkan sosok Kijang Innova yang dibuat di Indonesia ini tidak hanya menyasar market Indonesia, melainkan sudah di ekspor ke sejumlah pasar di berbagai dunia.

    Oh iya, di Indonesia Toyota Kijang Innova termasuk mobil MPV yang tergolong mewah. Bahkan ada juga yang menyebutkan, bahwa standar orang kaya Indonesia, minimal salah satu mobil keluarganya adalah Toyota Kijang.

    Sekadar Informasi, Toyota Kijang Innova per Januari 2021, dijual mulai dari Rp 355 juta sampai Rp 447,6 jutaan.

    6. Honda Brio (RS dan Satya)

    Mobil terlaris berikutnya adalah city car atau mobil perkotaan Honda Brio RS dan Brio Satya, yang mengumpulkan penjualan hingga 44.995 unit.

    Jika melihat peringkat Honda Brio di tahun 2021, memang merosot bila dibandingkan tahun 2020 yang nangkring di posisi pertama.

    Ya, ini bukan karena Honda Brio tidak laku, melainkan Honda mengalami masalah krisis Chip dalam proses produksi sejak Agustus 2021.

    Sebelumnya, Honda Brio termasuk mobil yang banyak digemari, khususnya bagi kalangan anak muda maupun keluarga muda.

    7. Daihatsu Gran Max

    Mobil paling laris berikutnya yaitu Daihatsu Gran Max Pick Up yang laku terjual hingga 41.367 unit.

    Sama seperti Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max Pick Up juga jadi mobil niaga yang laris di Indonesia. Mobil ini pun banyak dijumpai untuk para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya.

    8. Daihatsu Sigra

    Daftar mobil terlaris berikutnya adalah Daihatsu Siga dengan torehan penjualan mencapai 40.283 unit.

    Daihatsu Sigra sejatinya merupakan mobil keluarga yang masuk kategori mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

    Untuk sebuah mobil MPV dengan kapasitas tujuh orang penumpang, Daihatsu Sigra jadi sebuah mobil yang cukup terjangkau untuk masalah harga.

    Bahkan Daihatsu Sigra juga kerap kita jumpai sebagai bagian dari armada transportasi sejenis taksi online.

    9. Toyota Calya

    Di posisi mobil terlaris selanjutnya adalah Toyota Calya yang berhasil membukukan penjualan 35.375 unit.

    Toyota Calya sendiri sebenarnya masih kembaran dari Daihatsu Sigra. Hanya saja, kedua mobil ini dibuat berbeda khususnya dari tampilan eksterior dan fitur.

    Baik Calya maupun Sigra, keduanya masih mengusung mesin yang sama yaitu mesin 3NR-VE, DOHC, Dual VVT-I, 4 silinder, berkapasitas 1,2 liter, yang menghasilkan  daya 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm.

    10. Mitsubishi L300

    Mobil terlaris selanjutnya, ternyata masih dari golongan mobil niaga, yaitu Mitsubishi L300 yang terjual sepanjang 2021 mencapai 26.335 unit.

    Sama seperti Carry dan Gran Max, Mitsubishi L300 yang merupakan mobil legendaris sejak 1979, masih sangat dibutuhkan bagi Kalangan pelaku usaha.

    Apalagi, L300 ini dianggap tangguh berkat mesin diesel 2,5 liter yang menghasilkan daya hingga 73 Tk dengan torsi maksimal 142 Nm.

    Nah itulah 10 mobil terlaris di Indonesia, jika OLXers ingin mengetahui lebih banyak mobil terlaris lainnya bisa lihat di bawah ini.

    20 Mobil terlaris di Indonesia

    Berikut daftar 20 mobil terlaris sepanjang tahun 2021:

    1. Toyota Avanza (termasuk Veloz): 66.109 unit

    2. Mitsubishi Xpander (termasuk cross): 54.624 unit

    3. Suzuki Carry Pick Up: 52.854 unit

    4. Toyota Rush: 52.553 unit

    5. Toyota Innova: 49.745 unit

    6. Honda Brio (RS dan Satya) : 44.995 unit

    7. Daihatsu Gran Max Pick Up: 41.367 unit

    8. Daihatsu Sigra: 40.283 unit

    9. Toyota Calya: 35.375 unit

    10. Mitsubishi L300: 26.335 unit

    11. Toyota Fortuner : 24.177 unit

    12. Toyota Raize : 22.924 unit

    13. Daihatsu Ayla : 21.384 unit

    15. Mitsubishi Pajero Sport 16.996 unit

    16. Toyota Agya : 16.992 unit

    17. Honda HR-V : 16.802 unit

    18. Suzuki XL7 : 16.090 unit

    19. Daihatsu Xenia 15.555 unit

    20. Daihatsu Gran Max Minibus : 13.235 unit

    OLXers yang ingin berencana beli mobil bekas berkualitas bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here