Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    LainnyaBukan Cuma Kijang, Banyak Mobil Namanya Terinspirasi Nama Hewan

    Bukan Cuma Kijang, Banyak Mobil Namanya Terinspirasi Nama Hewan

    News.OLX.co.id – Di tengah tantangan bisnis yang begitu ketat saat ini, branding menjadi sebuah faktor penting. 

    Brand yang kuat memudahkan konsumen mengenali sebuah produk. Menurut Kotler (2009), branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.

    Salah satu unsur dari branding yang paling kuat sekaligus yang paling pertama harus dipikirkan adalah pemilihan nama untuk sebuah merek maupun produk. 

    Nah, inspirasi untuk penamaan sebuah produk bisa datang dari mana saja. Karena tanpa nama, produk tidak punya identitas yang memudahkan konsumen untuk mengenalinya. 

    Menariknya, inspirasi penamaan produk maupun merek bahkan bisa datang dari nama binatang yang hidup di dunia, ada di sekitar kalian, dan kerap dilihat dalam keseharian. 

    Dan nama-nama binatang tersebut juga banyak yang diabadikan sebagai nama dari produk otomotif, baik itu roda empat ataupun merek model roda dua.

    Dan ternyata, penamaan mobil dan motor terinspirasi dari nama-nama binatang sudah terjadi sejak dulu, khususnya untuk mobil.

    Setidaknya ada puluhan nama hewan yang dijadikan oleh berbagai pabrikan mobil di dunia sebagai nama model. Namun hanya satu nama binatang yang jadi nama merek produsen itu sendiri, yakni Jaguar.

    Ford menjadi salah satu merek mobil yang paling sering menamakan modelnya menggunakan nama binatang. Sebut saja Mustang, Cobra, Raptor, Thunderbird, dan Bronco.

    Sepertinya para desainer dan insinyur Ford menganggap banyak sekali hewan yang bisa merepresentasikan produk maupun model mobil yang dibuatnya. 

    Beberapa nama lain yang sampai sekarang menjadi legenda sebagai nama mobil adalah Viper yang dipakai oleh Dodge dan Volkswagen dengan Beetle.

    Mobil yang Terinspirasi Nama Hewan dan Dijual di Indonesia 

    Tren mobil menggunakan penamaan hewan bukan cuma ada di luar negeri saja. Pabrikan-pabrikan mobil dunia yang punya fasilitas produksi di Tanah Air ada juga yang menamakan model atau produknya menggunakan nama hewan.

    Berikut adalah daftarnya:

    Toyota Kijang

    Toyota Kijang adalah model kendaraan niaga yang kemudian bertransformasi menjadi mobil keluarga yang diproduksi oleh Toyota di Indonesia. Toyota Kijang hadir di Indonesia sejak tahun 1977 dan merupakan salah satu model Toyota yang sukses bahkan populer hingga saat ini. Seiring waktu, Kijang kemudian berubah nama menjadi Innova, namun masih banyak orang lebih memilih menyebutnya dengan Kijang Innova. 

    Isuzu Panther

    Merek mobil lainnya yang juga populer di Indonesia dengan nama binatang adalah Isuzu Panther. Isusu Panther merupakan kendaraan spesial mesin diesel serba guna yang khusus diproduksi Isuzu di Indonesia untuk pasar Asia. Pada dasarnya Isuzu Panther dirakit berdasarkan chasis dan model yang hampir mirip dengan Toyota Kijang. Kuat dan juga tangguh untuk membawa banyak penumpang atau barang. Panther dirancang sesuai dengan kondisi iklim, kondisi jalan, serta cocok dengan budaya setempat yang bersifat kekeluargaan. Model ini pertama kali meluncur tahun 1991.

    Daihatsu Zebra

    Mengikuti jejak Toyota dan Isuzu, merek mobil Jepang lainnya, Daihatsu di Indonesia juga memproduksi sebuah minibus dan pick up kecil bernama Zebra Espass. Model ini pertama kali diperkenalkan pada 1995 sebagai pengganti Daihatsu Hijet dan terakhir diproduksi pada Oktober 2007. Sebagai pengganti Zebra Espass, Daihatsu menghadirkan Gran Max dan Luxio. 

    Mitsubishi Kuda

    Terakhir adalah Mitsubishi Kuda yang merupakan sebuah mobil MPV yang diproduksi oleh Mitsubishi Motors. Mobil ini pertama kali meluncur 11 September 1997 dengan produksi unit ke-50.000 tercapai tahun 2005 di Filipina. Mitsubishi Kuda berhenti produksi di Indonesia di tahun 2006. 

    Nah, itulah 4 mobil yang namanya terinspirasi dari nama hewan dan sempat populer di Tanah Air. 

    Tapi ada lebih banyak lagi nama-nama mobil yang menggunakan nama binatang dan dijual di berbagai penjuru dunia.

    Mobil yang Menggunakan Nama Hewan 

    • Plymouth: Barracuda, Road Runner 
    • Volkswagen: Beetle, Rabbit 
    • Chevrolet: Bison, Impala, Cavelier, Cheetah
    • Datsun: Bluebird, Honey Bee
    • Ford: Bronco, Pinto, Puma, Raptor, Thunderbird, Mustang
    • Dodge: Charger, Viper, Super Bee, Ram
    • Shelby Ford: Cobra
    • Pontiac: Firebird, Sunbird
    • Audi dan Volkswagen: Fox
    • Hudson dan AMC: Hornet
    • Seat: Leon
    • AMC: Marlin
    • Buick: Skylark, Wildcat
    • Alfa Romeo, McLaren, Ferrari, Fiat :Spider 
    • Triumph: Stag
    • Chevrolet Corvette: Stingray
    • Sunbeam: Tiger
    • Porsche: Macan
    • Lamborghini: Urus
    • Kissel: White Eagle

    Banyak bukan? Semoga ini bisa menambah wawasan kalian tentang mobil yang namanya terinspirasi dari nama-nama binatang.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here