Sabtu, November 27, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDaihatsu Bawa si Mungil Tanto ke Indonesia, Siap Dijual?

    Daihatsu Bawa si Mungil Tanto ke Indonesia, Siap Dijual?

    OLXer tau nggak sih, kalau Daihatsu itu punya banyak mobil dengan bentuk cukup mungil. Salah satunya adalah Daihatsu Tanto. Mobil ini sempat juga turut dipamerkan di ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang telah berlangsung 18-28 Juli 2019 kemarin.

    Kehadiran mobil berdesain boxy juga cukup menarik perhatian, karena memang selain mungil tampilannya lucu dan menggemaskan. Konon, di pasar otomotif Jepang, Daihatsu Tanto masuk dalam kategori Kei-Car. Dimana mobil-mobil yang masuk segmen ini cukup digemari di negara asalnya lho.

    Ternyata, PT Astra Daihatsu Motor satu-satunya agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia nggak menjualnya. Hal ini pun ditegaskan langsung Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra. 

    Kata wanita yang akrab disapa Amel tersebut, mobil dengan desain Boxy kurang diminati masyarakat Indonesia. Bahkan, kata dia banyak brand-brand otomotif menyajikan mobil dengan desain boxy namun tidak laris seperti model mobil lainnya.

    “Jadi kami juga tidak akan memasukkan dan menjualnya,” ujar Amel beberapa waktu lalu.

    Kendati begitu, Amel sendiri mengakui bahwa perusahaannya sengaja menghadirkan Daihatsu Tanto bukan untuk dipasarkan, melainkan memperlihatkan bahwa Daihatsu merupakan produsen mobil kompak bagi generasi dan keluarga milenial.

    Daihatsu New Tanto Custom. (Daihatsu)

    Sebaliknya, Amel mengatakan Daihatsu Tanto diperlihatkan ke Indonesia karena mobil tersebut jadi model teranyar keluaran Jepang yang pertama kalinya menggunakan platform terbaru berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

    “Sehingga masyarakat dapat mengetahui keunggulan dan kecanggihan teknologi mobil Daihatsu,” ujar Amel. 

    Nah, OLXer sendiri mau tau nggak apa saja kelebihan Daihatsu Tanto yang kini sudah menggunakan platform terbaru berbasis DNGA. Berikut ulasannya.

    1. Secara desain dan dimensi, mobil kotak ini memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.755 mm. Dengan teknologi DNGA, maka mobil ini diklaim lebih solid dan stabil meliuk-liuk di jalanan perkotaan maupun jalan sempit.

    2. Untuk urusan kenyamanan, berkat  platform DNGA mobil ini diklaim mampu memberikan efek bantingan lebih lembut, sehingga menjaga kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalamnya.

    3. DNGA juga tak hanya bicara soal stabil dan nyaman, namun mampu menghilangkan tingkat kebisingan secara signifikan, sehingga pengemudi dan penumpang dapat saling menikmati berkomunikasi selama perjalanan tanpa merasa terganggu dan lelah.

    4. Meski mungil, namun visibilitas  pada mobil ini mengalami perubahan pada desain pilar A yang lebih kecil, serta dimensi kaca utama depan lebih besar memberikan visibilitas pengendara lebih luas dan menghilangkan titik blind spot, sehingga pengguna dapat merasa terhubung dengan dunia luar dan lebih aman dalam berkendara.

    5. Bagaimana soal performa? Karena masuk kategori Kei-Car, mobil ini juga wajib mengusung mesin berkapasitas kecil. Karena itu mobil ini memiliki mesin 3 silinder berkapasitas 660 cc, ditambah turbo serta mengusung teknologi transmisi CVT terbaru.

    6. Lebih aman, hal ini karena New Tanto sudah dibekali fitur New Smart Assist dimana fitur ini mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat secara otomatis ketika mendeteksi kendaraan lain atau pejalan kaki di depannya, sehingga dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalisir efek benturan. Lihat di artikel ini untuk lebih lengkap. 

    Dengan mesin ini, Daihatsu Tanto diklaim memiliki tenaga lebih besar dari sebelumnya. Kendati demikian untuk urusan bahan bakar masih tetap irit BBM. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here