Rabu, Januari 26, 2022
More
    BeritaDaihatsu Jejali Ratusan Guru SMK Ilmu Soal Mesin Rocky

    Daihatsu Jejali Ratusan Guru SMK Ilmu Soal Mesin Rocky

    Daihatsu Rocky, termasuk mobil paling baru yang dijual di pasar otomotif nasional di tahun ini.

    Tak hanya bentuk dan desain, semua yang ditawarkan pada mobil ini memang belum pernah dikembangkan Daihatsu Indonesia.

    Ya, beberapa hal yang baru pada Daihatsu Rocky tak lepas dari pengembangan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), termasuk pada teknologi Advanced Safety Assist (A.S.A) dan Dual Mode Continuously Variable Transmission (D-CVT).

    Untuk teknologi A.S.A, fitur keselamatan ini aktif dan tertinggi di kelasnya, yang berfungsi memberikan bantuan bagi pengemudi untuk meminimalisir resiko kecelakaan,

    Sedangkan D-CVT merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear.

    Namun begitu, ada satu hal mengenai Daihatsu Rocky yang perlu diketahui, yaitu penggunaan mesin baru berupa mesin 1KR-VET 1.0 dan mesin WA-VE 1.2. 

    Daihatsu dan Guru SMK

    Nah, hal-hal terbaru ini dan termasuk mesin yang membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek mobil Daihatsu di Indonesia menurunkan ilmu pengetahuannya kepada ratusan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia.

    Gurut-guru yang terdaftar ini merupakan bagian dari sekolah binaan Daihatsu dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).

    Menurut Section Head of Service Training Department PT ADM Aji Prima Barus Nurcahya, Daihatsu berkomitmen dalam mencerdaskan bangsa melalui salah satu pilar CSR, yakni Pintar Bersama Daihatsu.

    Maka dari itu, kata Aji, salah satu pilar ini diwujudkan melalui penyelenggaraan acara sharing teknologi otomotif terkini secara virtual kepada 100 guru SMK.

    “Pelatihan ini merupakan wujud kontribusi Daihatsu dalam meningkatkan Link and Match antara program vokasi dengan dunia industri,” ungkap Aji dalam keterangan tertulis.

    Dengan sharing ini, kata Aji, semoga para guru SMK dapat meneruskan pengetahuannya ini kepada para siswa di sekolahnya agar dapat mempersiapkan diri lebih baik ketika terjun ke dunia industri.

    Adapun dalam sesi sharing tersebut, Daihatsu memberikan pendalaman materi seputar teknologi otomotif, mulai dari pengenalan fungsi, mekanisme kerja komponen, hingga metode troubleshooting.

    Mesin Daihatsu Rocky

    Sekadar informasi, teknologi mesin dan performa pada Daihatsu Rocky, memang cukup menarik ditelaah, karena tergolong baru.

    Nah, mau tahu soal mesin Daihatsu Rocky, lihat sekilas ulasannya di bawah ini.

    1. Mesin 1KR-VET 1.0

    Mesin ini merupakan pengembangan dari mesin 1KR-VE sebelumnya dengan penambahan turbocharged, serta beberapa perubahan antara lain pada cylinder head, cylinder block, spacer water jacket, permukaan piston tumble flow, serta beberapa fungsi komponen lainnya.

    Ya, mesin dengan kode 1KR-VET berkapasitas 1.0 liter ini menghasilkan tenaga 96.5 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 149 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

    2. Mesin WA-VE 1.2

    Baca juga  Begini Cara Komunitas Pengguna Chevrolet Trooper Unjuk Diri

    Daihatsu Indonesia pertama kalinya menggunakan mesin 3 silinder berkapasitas 1.200 cc, serta memiliki beberapa mekanisme baru yaitu longer stroke, mesin compact, selenoid pada sistem control VVT-i, permukaan piston tumble flow, dobel injector, water jacket di exhaust dan dobel thermostat.

    Mesin 1.2L yang memiliki kode mesin WA-VE 3 silinder ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 85,1 TK pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 4.400 rpm.

    Mau jual mobil? bisa langsung lakukan di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here