Kamis, Maret 28, 2024
Lainnya
    BeritaDaihatsu Masih Buntuti Toyota di Posisi 2 Merek Mobil Terlaris di Indonesia

    Daihatsu Masih Buntuti Toyota di Posisi 2 Merek Mobil Terlaris di Indonesia

    Dampak pandemi Covid-19 membuat penjualan otomotif nasional pada 2020 lalu merosot tajam hingga hampir 50 persen jika dibandingkan pada 2019.

    Berdasarkan catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales (penjualan pabrik ke dealer) sepanjang 2020 sekitar 532.027 unit atau turun 48,35 persen dari 2019 yang tembus 1.030.126 unit. Hal serupa juga terjadi pada retail sales (penjualan dealer ke konsumen) yang hanya laku 578 ribu unit atau turun 45 persen dari 2019.

    Dari sekian merek otomotif nasional, Daihatsu rupanya tak ambil pusing dengan menurunya penjualan produknya. Sebab, hal ini juga terjadi pada semua brand.

    Namun begitu, merek mobil Jepang yang satu ini rupanya masih berbangga hati jika melihat data penjualan selama pandemi Covid-19. Bagaimana tidak, Daihatsu mengklaim berhasil mempertahankan posisi ranking 2 selama 12 tahun berturut-turut sejak 2009 silam.

    Hal ini pun diungkapkan Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso saat acara video conference, Jumat (15/1/2021).

    “Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan posisi nomor 2 selama 12 tahun berturut-turut pada penjualan ritel otomotif nasional. Kami berharap kita semua dapat terus menjaga protocol kesehatan agar masalah pandemi Covid-19 dapat segera berlalu, sehingga pasar otomotif di tahun 2021 dapat terus bergairah,” jelasnya.

    Lebih lanjut Hendrayadi mengatakan, sepanjang 2020 penjualan Daihatsu mencapai 100.026 unit, turun 44 persen. Kata dia, angka ini lebih jika melihat kondisi pasar nasional yang menurun, namun Daihatsu menghasilkan kenaikan market share sebesar 0,3 persen menjadi 17,3 persen.

    Pada Semester satu tahun 2020, retail sales Daihatsu pada Kuartal I (Januari-Maret) mencapai volume sebesar 39.186 unit. Memasuki kuartal II (April-Juni) pasar otomotif Indonesia mengalami penurunan yang paling dalam pada Mei, Daihatsu tetap mencatatkan penjualan 14.391 unit di periode ini.

    Memasuki Semester kedua tahun 2020, seiring tren peningkatan penjualan otomotif nasional, Daihatsu mencatatkan penjualan ritel 19.911 unit pada Kuartal III (Juli-September), dan Kuartal IV (Oktober-Desember) di tengah pandemi yang masih terjadi mencatatkan penjualan sebesar 26.538 unit.

    Penjualan Daihatsu didominasi oleh tiga model utama, yaitu Sigra dengan capaian sebanyak 26.219 unit (berkontribusi 26,2 persen), diikuti oleh Gran Max Pick-Up 24.297 unit (24,3 persen), dan

    Selain itu, ada juga Daihatsu Terios 14.493 unit (14,5 persen), lalu ada Ayla sebanyak 12.791 unit (12,8 persen), Gran Max Mini Bus 10.179 unit (10,2 persen), Xenia 9.231 unit (9,2 persen), Luxio 1.969 unit (2 persen), serta Sirion 847 unit (0,8 persen).

     

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait