Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    BeritaDaihatsu Punya Fitur Keselamatan Terbaru, Ini Fungsinya

    Daihatsu Punya Fitur Keselamatan Terbaru, Ini Fungsinya

    Sejumlah pabrikan otomotif dunia terus mengembangkan sejumlah teknologi dengan fitur terbaru di dalamnya. Hal ini pula dilakukan merek mobil jenama Jepang, Daihatsu, yang memperkenalkan teknologi teranyar, New Smart Assist.

    Fitur ini pada dasarnya nggak baru-baru amat, tapi New Smart Assist besutan Daihatsu ini sudah mendapatkan penyempurnaan dan diklaim memiliki sistem keamanan dan keselamatan lebih lengkap dari generasi sebelumnya.

    Nah, saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, New Smart Assist ternyata dipamerkan kepada pengunjung namun hanya diterapkan pada dua mobil Daihatsu, yaitu New Tanto dan mobil konsep Hy-Fun.

    Perlu dicatat, New Tanto memang hanya dipasarkan untuk di Jepang, dan telah diluncurkan pada awal Juli lalu. Sedangkan Hy-Fun sendiri masih berstatus purwarupa dan belum diproduksi.

    Lantas apa itu fitur Smart Assist?

    Daihatsu uji coba teknologi Smart Assist yang membawa penumpang di dalamnya untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman. (Daihatsu)

    Fitur ini dianggap mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat secara otomatis ketika mendeteksi kendaraan lain atau pejalan kaki di depannya, sehingga dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalisir efek benturan.

    Oia, sistem pengereman secara otomatis juga aktif ketika ada objek di depan atau belakang yang disebabkan kesalahan dalam menginjak pedal rem dengan gas. Sistem ini akan aktif baik saat kendaraan melaju ke depan atau saat mundur.

    Tak sampai disitu, fitur New Smart Assist dapat mendeteksi dan memberitahu pengemudi saat kendaraan di depan mulai jalan ketika ada antrian lampu lalu lintas, sehingga pengguna dapat kembali berkendara, dan juga mampu mendeteksi rambu lalu lintas ‘Dilarang Masuk’ yang biasa terdapat pada jalur satu arah, sehingga pengemudi dapat berkendara lebih tenang dan aman.

    Tak sampai disitu, Daihatsu juga memiliki fitur dengan teknologi canggih lainnya yaitu lane keeping control system terbaru. Fitur ini dapat berfungsi ketika melakukan perjalanan rute jauh atau waktu  lama, biasanya pengendara sedikit mulai kehilangan fokus dan tiba-tiba berpindah jalur.

    Dengan teknologi ini, pengemudi dapat lebih terjaga dan terbantu karena selain sistem dapat memberi peringatan akibat perpindahan jalur tiba-tiba dan tidak disengaja. Selain itu fitur ini membantu mengembalikan stir kemudi kembali ke posisi semula secara otomatis.

    Fitur lainnya yang tak kalah menarik pada bagian lampu penerangan. Teknologi ini juga dibekali dengan adaptive high-beam, cocok bagi pengendara yang sering berkendara di malam hari menuju area gelap membutuhkan lampu penerangan namun tidak membuat silau pengendara lain dari arah berlawanan.

    Teknologi ini dibekali dengan empat sensor kamera yang memberikan monitor panorama lebih luas di segala arah pada layar. Fitur ini sangat berguna ketika pengemudi berada di persimpangan dan ingin menyeberang namun tidak dapat melihat karena terhalang objek baik pada bagian depan dan belakang, sisi kanan dan kiri, maupun tampilan atas kendaraan (helicopter view), serta dilengkapi parking assist yang dapat membantu parkir pengemudi secara otomatis. Gimana OLXer, keren juga ya Daihatsu! (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait