Kamis, Juli 7, 2022
More
    MobilDaihatsu Rocky Bekas Sudah Banyak, Berapa Harganya?

    Daihatsu Rocky Bekas Sudah Banyak, Berapa Harganya?

    Daihatsu Rocky, mobil mini Sport Utility Vehicle (SUV) ini merupakan kembaran dari Toyota Raize yang meluncur di Indonesia pada April 2021. Sedangkan di Jepang, mobil ini dirilis pada tahun 2019, tepat di ajang Tokyo Motor Show.

    Jika membahas si kembar Rocky dan Raize, pada dasarnya memang bukan hal aneh. Pasalnya, Daihatsu dan Toyota kerap menghadirkan mobil kembar.

    Ya, di Indonesia, Toyota dan Daihatsu yang berada di bawah payung Astra Group, sejak 2003 melahirkan mobil kembar, seperti Avanza-Xenia.

    Tak lama, hadir pula Rush-Terios pada 2006, lalu Agya-Ayla pada 2012, serta Calya-Sigra 2016.

    Dari hasil kolaborasi, semua produk diproduksi di dalam negeri, tepatnya di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM), di Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat.

    Yang menarik lagi, mobil yang diproduksi secara lokal tersebut  komponen lokalnya mencapai 95 persen.

    Jika OLXers ingin tahu lebih detail soal Daihatsu Rocky

    Sejarah Daihatsu Rocky

    Daihatsu Rocky jadul
    Daihatsu Rocky jadul. (Wikipedia)

    Jika OLXers mendengar nama Daihatsu Rocky, maka tak sedikit yang menyebutkan bahwa mobil ini produk baru yang lahir di masa pandemi Covid-19, pada April 2021.

    Namun satu hal yang perlu diketahui, nama Daihatsu Rocky faktanya sudah ada sejak tahun 1984. Hanya saja kala itu mobil SUV ini disebut Daihatsu Taft Rocky F75.

    Nah, empat tahun kemudian atau pada tahun 1988, Daihatsu Taft Rocky resmi masuk Indonesia. Itu, jantung pacunya disokong mesin diesel berkapasitas 2.765 cc.

    Oia, dari segi bentuk, Daihatsu Rocky generasi pertama ini tidak seperti sekarang, melainkan lebih kotak namun terlihat tangguh dan cocok untuk mobil offroad.

    Keberadaan Daihatsu Rocky pun masih berjaya di tahun 1990-an. Akan tetapi seiring perkembangan teknologi dan desain, sosok Daihatsu Rocky akhirnya hilang di pasaran.

    Jika saat masih ada Daihatsu Rocky lawas, biasanya jumlah tergolong sedikit bagi, atau mereka merupakan kolektor.

    Daihatsu Rocky di Indonesia

    Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky menjadi jawaban bagi mereka yang mencari mobil impian dengan desain stylish dan sederet fitur canggih terkini dengan harga yang bersaing. (Daihatsu)

    Daihatsu Rocky resmi meluncur di Indonesia pada April 2019 berbarengan dengan hadirnya Toyota Raize. Meski terlihat sama, kedua mobil ini tidak 100 persen mirip.

    Daihatsu Rocky juga hadir dengan warna-warna cerah seperti Compagno Red, Yellow Metallic, Shining Pearl White, Classic Silver Metallic, Dark Grey Metallic, dan Ultra Black Solid.

    Sedangkan Daihatsu Rocky varian 1.0 liter dengan kombinasi warna atau two tone color hitam pada bagian atap yang terdiri dari Compagno Red, dan Icy White .

    Eksterior dan Interior

    Daihatsu Rocky secara tampilan luar sudah dilengkapi dengan Front LED Headlamp, Rear LED Combi Lamp, serta Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (HMSL).

    Untuk bagian kaki-kaki, Rocky juga dilengkapi dengan Polished Alloy Wheel berdiameter 17 inch, serta ban berukuran 205/60 dengan diameter R17.

    Masuk ke dalam kabin, dashboard Daihatsu Rocky mengusung desain cockpit drive feeling dengan balutan warna hitam. 

    Selain itu, pada bagian meter cluster, Rocky menyematkan teknologi Full Digital dengan empat mode tampilan yang diklaim dapat dipilih sesuai dengan style dan selera penggunanya.

    Daihatsu Rocky juga memberikan tempat penyimpanan mulai dari laci penyimpanan pada kursi penumpang depan, seat under tray, front console storage, front console box, door pocket bottle holder, folded cup holder.

    Untuk system hiburannya, Rocky dilengkapi touchscreen audio berukuran 9 inch dengan fungsi konektifitas yang dapat terhubung dengan smartphone 

    Oia, agar lebih nyaman saat berkendara, Daihatsu Rocky ini sudah dilengkapi fitur Auto retractable mirror, Key Free, serta Start/Stop Button.

    Daihatsu Rocky memiliki bagasi yang bisa diatur menjadi dua tingkat dengan kapasitas 303 L dan 369 L, serta fitur pelipatan kursi pada baris kedua hingga hampir setara dengan lantai.

    Untuk varian Astra Daihatsu Styling (ADS), Daihatsu Rocky dijejali active subwoofer 8 inch di bawah kursi pengemudi.

    Fitur

    Daihatsu Rocky sudah dibenamkan teknologi Advanced Safety Assist (A.S.A), dimana teknologi ini merupakan sudah dilengkapi fitur keselamatan yang meminimalisir resiko kecelakaan.

    Dengan adanya teknologi A.S.A, Daihatsu Rocky dapat memanfaatkan beragama fitur keselamatan seperti Pre Collision Warning yang merupakan fitur peringatan untuk menghindari kecelakaan.

    Contoh, jika OLXer mengemudi mobil kemudian ada mobil di depan yang melakukan pengereman mendadak.

    Baca juga  Kenali 8 Istilah Sebelum Membeli Mobil Baru dan Bekas

    Nah, jika terlambat menginjak rem karena terlalu dekat, maka system A.S.A akan aktif, sehingga membantu mengurangi resiko kecelakaan. 

    Keberadaan fitur Pre Collision Braking, memungkinkan menghindari terjadi benturan, dimana system akan memperingatkan pengemudi dengan suara dan muncul tanda peringatan pada indikator.

    Fitur ini mampu menghindari dan mengurangi efek resiko benturan, sehingga lebih aman bagi pengemudi dan penumpang.

    Pre Collision Braking ini akan aktif jika kecepatan antara 4-120 km per jam.

    Saat jarak antara mobil semakin dekat, dan sistem membaca tak ada tindakan atau tanda-tanda pengereman, maka secara otomatis rem beroperasi.

    Ada juga fitur Front Departure Alert yang dapat memberikan peringatan saat mobil depan sudah bergerak maju.

    Fitur ini biasanya akan sangat berguna ketika berada di lokasi lampu merah, dimana system peringatan di A.S.A akan muncul suara dan indikator berkedip di meter cluster.

    Belum sampai disitu, ada juga fitur Lane Departure Warning dan Prevention, dimana fitur ini akan aktif ketika mobil menginjak garis marka secara tidak sengaja, serta fitur yang dapat mengembalikan posisi mobil ke jalur sebelumnya.

    Semua fitur yang ada pada A.S.A diawali dari kamera stereo yang mendeteksi adanya objek di depan mobil, lalu sinyal kamera dikirim ke ECU, kemudian mengaktifkan sistem rem dan kemudi.

    Sedangkan untuk teknologi transmisinya, mobil ini dilengkapi Dual Mode CVT (Continuously Variable Transmission).

    Transmisi ini merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear.

    Performa Mesin

    Jantung pacu Daihatsu Rocky mengusung mesin 1KR-VET 3-silinder, berkapasitas 1.0-liter plus turbo yang menghasilkan daya 96 Tk dan torsi 140 Nm.

    Selain itu ada juga pilihan mesin 1.2-liter yang menghasilkan 97,9 Tk dan torsi 150 Nm.

    Bekas Berkualitas

    Jika OLXers ingin membeli mobil Daihatsu Rocky bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Daihatsu Rocky bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan di sejumlah titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Daihatsu Rocky bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil bekas berkualitas, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan sampai 30 ribu km atau selama 18 bulan.

    Tips membeli mobil bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers berniat membeli mobil bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan atau inspeksi.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Harga Daihatsu Rocky bekas

    Menyoal harga, saat ini Daihatsu Rocky terbaru dengan status On The Road DKI Jakarta dijual mulai dari Rp 204 jutaan sampai Rp 272,6 jutaan.

    Lalu berapa dengan harga bekasnya? Di OLX Autos mobil Daihatsu Rocky mulai dari Rp 187 jutaan.

    Mau mencari Daihatsu Rocky bekas di OLX Autos bisa lihat di sini.

    Mau tahu wujudnya bisa lihat di video ini:

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here