Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDaihatsu Rocky Comeback Lebih Kekinian, Kapan Masuk Indonesia?

    Daihatsu Rocky Comeback Lebih Kekinian, Kapan Masuk Indonesia?

    Merek mobil asal Jepang Daihatsu memperkenalkan mobil terbarunya yang disebut Rocky di ajang Tokyo Motor Show. Mobil ini digadang-gadang akan masuk dalam segmen  Sport Utility Vehicle Compact.

    Namun jika melihat ke belakang, nama Daihatsu Rocky memang tidak asing. Pasalnya, nama mobil tersebut pernah digunakan Daihatsu pada 1988 untuk versi terbaru dari mobil Taft.

    Hanya saja tampilan Rocky saat ini lebih modern, dan tidak terkesan kaku serta kotak seperti Daihatsu Taft. Selain itu, mobil ini akan masuk segmen  di bawah Daihatsu Terios dan memiliki kapasitas lima orang penumpang.

    Oia, Daihatsu Rocky juga sudah menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Dengan begitu, mobil akan dijual tidak hanya untuk pasar domestik, Jepang, melainkan semua negara.

    Daihatsu Rocky - Paultan.org
    Daihatsu Rocky kembali hadir di Tokyo Motor Show dengan ubahan lebih kekinian. (Paultan.org)

    Lantas apakah Daihatsu Rocky juga akan masuk pasar Indonesia?

    “Nggak bisa jawab. Jadi senyum dan ketawa saja,” ucap Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor dalam pesan tertulis.

    Jika jawaban seperti itu memang masih ambigu, bisa tidak, bisa juga tidak. Namun begitu yuk sedikit ulas apa saja fakta dari Daihatsu Rocky terbaru ini.

    Dari segi dimensi, Daihatsu Rocky ini memiliki bobot mencapai 980 kg, dengan dimensi panjang 3.995 mm, tinggi 1.695 mm, lebar 1.620 mm, dan jarak sumbu roda 2.525 mm.

    Untuk tampilannya Daihatsu Rocky memiliki desain gril yang besar berbentuk heksagonal sehingga terlihat mirip mobil Datsun. Hanya saja, gril ini diapit oleh dua lampu depan tipis yang sudah menggunakan DRL, sedangkan lampu kabut memiliki cangkang berbentuk segitiga.

    Daihatsu Rocky- Paultan.org
    Tampilan belakang Daihatsu Rocky- Paultan.org

    Sementara itu, pada bagian burita telah dilengkapi lampu belakang LED yang tipis dan ditambah sebuah bilah melintang dengan kelir hitam. Sedangkan samping mobil tak terlalu istimewa, namun kaki-kaki ini cukup menarik lantarn dilengkapi dengan roda 195/60 berukuran 17 inci..

    Interior mobil Daihatsu Rocky dibalut warna hitam dengan beberapa bagiannya dilapisi cat silver, dan juga orang senada dengan warna bodi.

    Sistem infotainment mobil ini sudah dilengkapi layar sentuh tegak di dashboard tengah, kemudian di bawahnya ada ventilasi AC dan pengaturannya, tombol start/stop engine, serta socket listrik, yang sejajar dengan konsol tengah untuk mengoperasikan tuas transmisi, rem tangan, dan beberapa tempat penyimpanan.

    Daihatsu Rocky - Paultan.org
    Kabin Daihatsu Rocky. (Paultan.org)

    Lingkar kemudi juga  terkesan mewah jika dibandingkan beberapa model mobil Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia. Hal ini karena stir dipenuhi sejumlah tombol yang dapat mengoperasikan audio atau lain-lain.

    Sementara untuk dapur pacu, dilansir Paultan, Daihatsu Rocky dilengkapi mesin tiga silinder berkapasitas 1.0 liter yang dijejali turbocharged dan intercooled yang dapat memuntahkan daya 96 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm antara 2.400-4.000 rpm.

    Namun begitu, Daihatsu juga kabarnya mempersiapkan mesin 1.2 liter. Nah, jika masuk pasar Indonesia, mesin 1.0 liter akan kurang diminati. Sebaliknya, paling tidak mesin 1.2 liter atau 1.3 liter dan 1.5 liter akan lebih banyak digemari.

    Kira-kira OLXer naksir nggak nih sama Daihatsu Rocky? (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here