Minggu, Mei 29, 2022
More
    BeritaDaihatsu Rocky dan Toyota Raize Kena Recall, Ini Masalahnya

    Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Kena Recall, Ini Masalahnya

    Baik Daihatsu maupun Toyota, meyakini dengan pemberitahuan kepada public inimenjadi bentuk tanggung jawab untuk memberikan pelayanan terbaik.

    Untuk Daihatsu Rocky sendiri total recallnya mencapai 9.378 unit dengan tahun produksi 28 April-7 Oktober 2021.

    Sedangkan Toyota Raize lebih banyak yaitu mencapai 14.777 unit dengan tahun produksi November 2020 hingga Oktober 2021.

    Lantas apa yang menyebabkan si kembar ini harus di recall?

    “Kami temukan permasalahannya, bahwa terdapat potensi terlepas dudukan shock absorber depan akibat kurang tepatnya posisi titik pengelasan,” ungkap Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi saat video conference, Jumat (11/3/2022).

    Kata Bambang, dudukan shock absorber sendiri ada di bagian belakang ruang mesin, sebelah kiri dan sebelah kanan, dimana dua bagian pelat atas dan bawah perlu  disambung  menggunakan spot welding.

    “Dan ini yang menyebabkan di sahabat kita itu karen kurang tepatnya titik pengelasan maka ada potensi untuk terlepas,” ujar Bambang.

    “Untuk memastikan kualitas tetap bagus, maka kita melakukan recall untuk penambahan 11 titik las pada dudukan apron atau dudukan shock absorber depan,” sambungnya.

    Perlu diketahui, baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize, masalah yang dialami memang sama. Ini karena keduanya model ini dibuat di pabrik PT Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat.

    Awal mula kejadian

    Jika adanya terjadi recall, biasanya ada yang bertanya-tanya, ‘memang ada yang pernah mengalami, dan timbul korban?’

    Menurut Bambang, awal mula peristiwa recall terjadi pada seorang pemilik mobil Rocky yang mengemudi di wilayah Sumatera. Sang pemilik, menghantam jalan berlubang dengan kecepatan tinggi.

    “Setelah itu timbul bunyi “deg-deg-deg” di area depan. Nah konsumen ini yang menyampaikan ke kami (Daihatsu) dan melanjutkan perjalanannya sampai ke tempat tujuan sampai daerah Riau,” ucapnya.

    Singkat cerita, mendengar keluhan konsumen, Daihatsu melakukan investigasi dengan unit yang bermasalah. Maka ditemukannya potensi terlepas dudukan shock absorber depan.

    Perbaikan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize gratis

    Baik Daihatsu maupun Toyota, saat ini sudah memberikan surat pemberitahuan resmi bagi pemilik kendaraan dihimbau untuk segera melakukan pemeriksaan kendaraannya di bengkel resmi.

    Adapun mobil pelanggan yang  masuk dalam daftar program recall akan ditangani oleh mekanik handal tanpa dikenakan biaya alias gratis.

    Untuk waktu proses pengerjaan Daihatsu Rocky akan berlangsung selama sekitar 10 jam kerja, sementara untuk Toyota Raize sekitar 7,6 jam.

    Nah, untuk prosedur recall, pelanggan bisa memastikan secara mandiri apakah mobil terkena dengan mengunjungi website resmi pada tautan www.daihatsu.co.id/recall dan www.toyota.astra.co.id/scc.

    Nantinya, mobil pelanggan akan diminta  memasukan nomor rangka kendaraan, atau bisa juga dengan menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898 dan Toyota Customer Care di nomor 1-500-315.

    Baca juga  Dirakit di Indonesia, Harga VW Tiguan Allspace Lebih Murah Hampir Rp 100 jutaan

    Setelah mendapat informasi bagi pelanggan yang masuk ke daftar recall, dapat langsung melakukan booking jadwal, dan datang ke bengkel resmi sesuai waktu yang telah ditentukan.

    OLXer yang ingin punya Daihatsu Rocky atau Toyota Raize bekas berkualitas, lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here