Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDaihatsu Rocky Sudah Pakai Fitur ASA, Apa Hebatnya?

    Daihatsu Rocky Sudah Pakai Fitur ASA, Apa Hebatnya?

    Daihatsu Rocky masuk pasar otomotif nasional untuk mengisi segmen Mini Sport Utility Vehicle (SUV) di bawah Daihatsu Terios. Mobil ini telah dibenamkan mesin 1.0 liter plus turbo, dan dianggap memiliki kelebihan lain yang tidak pernah ada pada produk Daihatsu di Indonesia, yaitu penggunaan fitur Advanced Safety Assist (A.SA).

    Menurut Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, fitur A.S.A merupakan bagian dari teknologi terkini yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi maupun pengguna jalan lainnya.

    “Fungsi A.S.A memberikan meminimalisir atau mencegah bahaya, karena bisa mendeteksi objek di sekitar mobil dan memberikan peringatan untuk mencegah,” ungkap Anjar saat peluncurannya. 

    Sekadar informasi, fitur A.S.A juga sudah dibenamkan pada sederet mobil Daihatsu lainnya yang dijajakan di Jepang hingga Malaysia. Nah, baru kali ini fitur tersebut masuk Indonesia melalui Daihatsu Rocky.

    Fitur A.S.A sendiri diwujudkan dalam enam fitur keselamatan yang terdiri dari Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

    Nah, OLXer mau tahu apa saja kelebihannya, berikut ulasannya:

    Pre Collision Warning and Braking 

    Daihatsu Rocky
    Pre Collision Warning salah satu fitur yang ada dalam Daihatsu A.S.A (Youtube Daihatsu)

    Pre Collision Warning and Braking ini merupakan fitur peringatan dan pengereman untuk mengurangi resiko tabrak depan

    Contoh, jika OLXer mengemudi mobil kemudian ada mobil di depan yang melakukan pengereman mendadak, namun OLXer terlambat menginjak rem karena terlalu dekat, maka system A.S.A akan aktif, sehingga membantu mengurangi resiko kecelakaan. 

    Adapun dengan adanya fitur Pre Collision Braking, maka memungkinkan menghindari terjadi benturan, dimana system akan memperingatkan pengemudi dengan suara dan muncul tanda peringatan pada indikator.

    Sistem Daihatsu A.S.A juga akan membantu pengereman sehingga mengurangi potensi kecelakaan. Fitur ini mampu menghindari dan mengurangi efek resiko benturan, sehingga lebih aman bagi pengemudi dan penumpang. Pre Collision Braking ini akan aktif jika kecepatan antara 4-120 km per jam.

    Saat jarak antara mobil semakin dekat, dan sistem membaca tak ada tindakan atau tanda-tanda pengereman yang dilakukan pengendara, maka secara otomatis rem akan dioperasikan hingga mobil berhenti sebelum terjadi tabrakan. 

    Pedal Misoperation Control 

    Daihatsu Rocky
    Pedal Misoperation Control. (Youtube Daihatsu)

    Fitur Pedal Misoperation Control yaitu fitur yang dapat menahan laju mobil, jika terjadi salah injak gas dan ada objek di depan mobil. Fitur ini hanya akan berfungsi saat mobil melaju ke depan.

    Untuk menghindari salah injak gas, maka saat pedal gas diinjak namun mengindikasikan ada bidang yang besar atau tembok di depan mobil, maka system akan menahan laju kendaraan kemudian akan muncul suara dan tanda peringatan di meter cluster. 

    Sistem ini beroperasi saat mendeteksi bidang pada berukuran besar dalam jarak 4 meter di depan dan kecepatan 0-10 km per jam.

    Front Departure Alert 

    Daihatsu Rocky
    Fitur Front Departure Alert pada Daihatsu Rocky. (Youtube Daihatsu)

    Fitur Front Departure Alert merupakan fitur yang memberikan peringatan saat mobil di depan maju.Fitur ini biasanya akan sangat berguna ketika berada di lokasi lampu merah, dimana OLXer tidak menyadari bahwa lampu sudah berubah menjadi hijau.

    Maka system peringatan di A.S.A akan muncul suara dan indikator berkedip di meter cluster. Fitur ini akan beroperasi saat mobil di depan bergerak menjauh lebih dari tiga meter. 

    Seperti halnya saat sedang berada di lampu merah, kemudian mobil di depannya telah beranjak dari tempatnya saat kemacetan atau lampu merah, namun OLXer masih tak ada bergerak, maka fitur tersebut akan memberikan informasi.

    Misal, ketika sedang di lampu merah, pengendara Rocky sedang asik mengecek smartphone, dan saat lampu sudah berganti hijau, mobil di depan sudah bergerak, makan fitur ini akan memberikan sinyal berupa suara, sehingga OLXer menyadari waktunya harus tancap gas. 

    Lane Departure Warning dan Prevention

    Daihatsu Lane Departure Warning & Prevention
    Daihatsu Rocky juga dilengkapi fitur Lane Departure Warning & Prevention. (Youtube Daihatsu)

    Fitur ini memberikan peringatan dan koreksi system saat mobil keluar jalur. Ya fitur ini akan memberikan peringatan dengan adanya bunyi dan tanda peringatan di meter cluster saat OLXer pindah jalur secara tidak sengaja. 

    Dengan fitur ini OLXer bisa mengkoreksi stir kembali ke jalur semula. Biasanya, fitur ini akan sangat berguna apabila kondisi badan lelah dan mengantuk, sehingga tanpa disadari arah stir berganti secara otomatis

    Sistem pada fitur ini dapat bekerja pada saat mobil berada di kecepatan 60 kilometer per jam, dimana kondisi jalan lurus dan lokasinya ada di perkotaan dengan lalu lintas yang tertib. Dengan fitur ini, maka akan sangat disukai ketika berada di jalan tol atau bebas hambatan.

    Perlu dicatat, bahwa teknologi ini bukanlah Autonomous Vehicle, melainkan system yang mengurangi resiko terjadinya potensi kecelakaan. 

    Selain itu, pengemudi juga harus berkendara dengan aman dan mengikuti peraturan lalu lintas. Serta, jika ada keterbatasan A.S.A memiliki keterbatasan untuk mengenali benda dan mengontrol performa.

    Nah, itulah OLXer fitur A.S.A yang ada pada Daihatsu Rocky, fitur-fitur ini sejatinya mirip dengan mobil-mobil yang harganya di atas Rp 300 jutaan.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here