Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDaihatsu Rocky Versi Hybrid Meluncur Tahun 2021, Masuk Indonesia?

    Daihatsu Rocky Versi Hybrid Meluncur Tahun 2021, Masuk Indonesia?

    Kabar Daihatsu untuk menghadirkan mobil bertenaga hybrid kembali mencuat. Rencananya, merek otomotif asal Jepang ini akan meluncurkan mobil bermesin bahan bakar minyak dan motor listrik ini dalam bentuk Sport Utility Vehicle (SUV) kompak.

    Seperti dilansir Nikkei Asia, Rabu (27/1/2021) SUV kompak bertenaga hybrid yang dimaksud yaitu Daihatsu Rocky, dimana kehadiran mobil ini juga dikembang antara Daihatsu bersama Toyota Motor dengan sebutan Toyota Raize.

    Kehadiran Daihatsu yang terjun ke mobil bermesin hybrid ini memang bukan tanpa alasan. Sebab, di negara asalnya Jepang, Daihatsu memang menjadi satu-satunya produsen mobil yang masih fokus mengembangkan mesin bensin. Padahal, pemerintah Jepang berencana untuk menghilangkan emisi karbon hingga tahun 2025.

    Atas dasar hal tersebut, Daihatsu ingin mengejar ketertinggalan untuk meluncurkan mobil yang ramah lingkungan seperti brand otomotif lainnya. 

    Polemik soal Harga 

    Jika Daihatsu Rocky versi hybrid resmi diproduksi dan dijual, maka bukan tak mungkin harganya akan lebih mahal dibandingkan versi bensin. Padahal, setiap mobil yang dikeluarkan dari pabrik Daihatsu dikenal masyarakat Jepang, khususnya di pedesaan yang tidak memiliki banyak transportasi umum, sebagai produsen otomotif yang menawarkan harga terjangkau.

    Oleh karena itu, jika adanya mobil hybrid, maka Daihatsu sendiri sangat berhati-hati agar harga jual mobil hybrid tidak terlalu mahal.

    Hal ini pula membuat perusahaan yang berbasis di Osaka, Jepang ini menyiapkan berbagai strategi untuk menekan biaya yaitu dengan cara pengembangan mesin, baterai lithium-ion, dan suku cadang lainnya. 

    Bahkan, Daihatsu sudah menyiapkan investasi senilai 10 juta dolar untuk produksi material logam dan mesin.

    Namun begitu, dengan mengusung teknologi hybrid, bukan tak mungkin Daihatsu Rocky akan lebih hemat bahan bakar hingga 20-30 persen bahan bakar dibandingkan mesin bensin.

    Bukan yang Pertama

    Jika membahas teknologi ramah lingkungan, sejatinya Daihatsu pernah membuat mobil hybrid yang diimplementasikan pada mobil komersial Hijet yang dijual terbatas pada tahun 2010.

    Saat mengembangkan mobil kecil hybrid atau subkompak, produsen mobil biasanya menggunakan sistem penggerak dan dikombinasikan dengan motor agar lebih hemat dalam urusan bahan bakar.

    Mengacu pada sistem yang ada pada Toyota, Daihatsu juga akan mengembangkan teknologi hybrid sepenuhnya, dimana motor listrik bisa menjadi sumber tenaga penggerak meskipun kondisi mesin mati.

    Tidak disebutkan secara detail kapan Daihatsu Jepang mengumumkan akan meluncurkan SUV kompak bermesin hybrid. Termasuk bocoran spesifikasi mesinnya. 

    Namun begitu, sinyal kehadiran mobil bermesin hybrid ini sempat diungkapkan Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

    Saat itu Amel mengatakan, jika secara teknologi, hybrid yang digunakan Daihatsu akan sama seperti Toyota.

    “Pada dasarnya, sama seperti Toyota, Daihatsu akan mengeluarkan model hybrid. Tahunnya kapan, ikut saja nanti sama Toyota karena bukan Daihatsu yang buat hybrid-nya,” ungkap Amel saat video conference Desember 2020 lalu.

     

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here