Rabu, April 24, 2024
Lainnya
    BeritaDaihatsu Sigra Jadi Incaran Konsumen di Masa Pandemi Covid-19

    Daihatsu Sigra Jadi Incaran Konsumen di Masa Pandemi Covid-19

    Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia, dipercaya menjadi solusi meminimalisir penyebaran virus corona.

    Meski berbagai pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan, namun hal ini tetap menjadi tantangan berat khususnya bagi sektor otomotif. Pasalnya, hampir semua brand di Indonesia mengalami penurunan penjualan secara drastis.

    Menurut Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso, penyebab drastisnya penjualan tak lain karena berhentinya proses produksi dan juga banyak dealer  yang tutup.

    Namun bagitu, kata Hendrayadi, walaupun terdapat penurunan secara volume pada pasar otomotif nasional, penjualan Daihatsu selama empat bulan mengalami kenaikan secara market share (pangsa pasar).

    “Market share (retail sales/ dealer ke konsumen) Daihatsu yang tahun lalu 17,8 persen, tahun ini meningkat posisi april sebesar 18,2 persen. Sehingga kalau kita katakan di tengah situasi market menurun, tapi penurunan Daihatsu masih lebih kecil dari penurunan market,” ungkap Hendrayadi saat video conference, Kamis (14/5/2020).

    Hal serupa juga terjadi pada market share whole sales (pabrik ke dealer), dimana pada April 2019 hanya tercatat 19,7 persen, maka pada April 2020 mencapai 20,2 persen.

    Berdasarkan data Daihatsu, secara total penjualan empat bulanan, sejak Januari – April 2020, retail sales Daihatsu yang mencapai 44.346 unit dengan kenaikan pangsa pasar menjadi 18,2% dari volume retail sales nasional 243.634 unit.

    Sedangkan wholesales, Daihatsu catat sebanyak 49.443 unit dengan pangsa pasar naik menjadi 20,2% dari volume wholesales nasional 244.762 unit.

    Lalu mobil Daihatsu apa yang laris selama pandemi Covid-19?

    Baik retail sales maupun wholesale mobil paling laku terjual tak lain adalah Daihatsu Sigra. Selama Januari-April 2020, Sigra tetap mendominasi dengan raihan 12.868 unit.

    Di urutan kedua, kontribusi sebesar 29 persen diraih Gran Max (PU) 8.805 unit atau 19,9 persen, dan lalu Terios 7.131 unit  atau 16,1 persen.

    Selanjutnya, Ayla menyusul dengan angka mencapai 5.332 unit 12,0 persen, Xenia 5.092 unit atau 11,5 persen, dan Gran Max (MB) 3.911 unit a atau 8,8 persen. Untuk model Daihatsu lainnya, yakni Luxio dan Sirion, mencapai 1.207 unit atau 2,7 persen.

    Sedangkan untuk data wholesales, seperti disebutkan di atas Sigra menjadi paling dominan dengan jumlah 13.946 unit atau menyumbangkan 28,2 persen.

    Setelah itu di posisi kedua ada Gran Max (PU) sebanyak 11.803 unit atau 23,9 persen, lalu Ayla mencapai 7.123 unit atau 14,4 persen, kemudian Terios 6.109 unit atau 12,4 persen, kemudian Xenia 5.927 unit atau 12 persen, disusul Gran Max (MB) mencapai 3.600 unit atau 7,3 persen.

    Sementara untuk yang lainnya, Luxia dan Sirion terjual 935 unit atau 1,9 persen.

    “Kami prihatin dengan kondisi pasar yang saat ini mengalami penurunan secara drastis akibat wabah Covid-19. Kami berharap kondisi ekonomi Indonesia ini dapat segera pulih dan pasar otomotif dapat bangkit dan berkembang kembali,” tutup Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait