Minggu, Mei 29, 2022
More
    MobilDaihatsu Sirion, Walau Sudah Bekas Tapi Masih Berkualitas

    Daihatsu Sirion, Walau Sudah Bekas Tapi Masih Berkualitas

    Daihatsu Sirion merupakan salah satu city car yang masih tetap eksis di pasar otomotif Indonesia. Mobil ini juga masih cocok untuk keluarga muda.

    Oia, Daihatsu Sirion bukan termasuk mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Sebab, mobil ini levelnya masih di atas LCGC, mulai dari segi fitur, performa mesin, sampai harga.

    Bicara soal Daihatsu Sirion, yuk kita kenali lebih dalam city car tersebut.

    Sejarah Daihatsu Sirion

    Nama Daihatsu Sirion memang sudah tidak asing untuk masyarakat Indonesia. Meski secara penjualan cukup kecil, namun setiap bulan mobil ini masih terjual hingga ratusan unit.

    Perlu diketahui, Daihatsu Sirion memang bukan dibuat di Indonesia seperti mobil Daihatsu lainnya yang digarap PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

    Faktanya, Daihatsu Sirion didatangkan langsung dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU) dari Malaysia. Di negeri Jiran, nama Daihatsu Sirion sendiri di rebranding dengan sebutan Perodua Myvi.

    Meski terbilang mirip, Daihatsu Sirion untuk pasar Indonesia ternyata tetap dibuat beda dengan Perodua Myvi. Selain logo, fitur-fitur yang dibenamkan juga disesuaikan dengan kondisi pasar masing-masing negara.

    Sekadar informasi, Daihatsu Sirion sebenarnya sudah muncul pada tahun 1998-2004 didasarkan dari Daihatsu Storia dan Toyota Duet untuk pasaran Jepang.

    Sedangkan generasi kedua muncul Kembali pada tahun 2004. Akan tetapi, sebelum kelahiran Daihatsu Sirion di Indonesia pada tahun 2007, Perodua Myvi sudah terlebih dahulu meluncur di Malaysia, pada tahun 2005.

    Nah, mau tahu perjalanan Daihatsu Sirion di Indonesia lihat ulasan di bawah ini.

    Daihatsu Sirion Generasi Pertama

    Seperti disebut di atas, kemunculan Daihatsu Sirion pertama kali ke pasar otomotif nasional terjadi pada tahun 2007 dibawa oleh PT Astra Daihatsu Motor.

    Daihatsu Sirion generasi pertama ini memiliki desain lebih bulat di setiap sisi dengan lekukan dan minim sudut, termasuk pada bagian lampu, bumper depan dan belakang.

    Untuk jantung pacunya, mobil ini mengadopsi mesin yang sama dengan Daihatsu Xenia, yaitu menggunakan kode K3-VE, VVT-i, berkapasitas 1.3 liter, yang menghasilkan tenaga 92 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 116 Nm pada 4.400 rpm.

    Mobil ini juga sudah dilengkapi pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan, serta sistem penggerak roda depan.

    Oia, Daihatsu Sirion generasi pertama juga menawarkan pilihan aksesori tambahan berupa body kit yang dijual terpisah.

    Nah, pada tahun 2009, Daihatsu Sirion mengalami penyegaran atau facelift, dimana ubahan ini terjadi pada desain grille dan bumper, serta fitur.

    Selain itu, Daihatsu memberikan pilihan kepada calon konsumen berupa tampilan Femme dan Drift. Untuk Sirion Femme hadir dengan aksesoris jadi lebih elegan. Disebutkan varian ini cocok untuk wanita.

    Hal ini terlihat dari penambahan body kit pada bagian eksterior, kemudian untuk interiornya terdapat material kulit, parking sensor, dan lainnya.

    Sementara untuk Sirion Drift, cenderung jadi lebih sporty. Ya, ini terlihat dari penggunaan velg berukuran 16 inch, hingga penggunaan warna hitam pada bagian pintu bagasi.

    Daihatsu Sirion Generasi Kedua

    Selang dua tahun atau tepatnya pada Juli 2011, Daihatsu Sirion generasi kedua untuk pasar Indonesia hadir bertepatan dengan gelaran otomotif IIMS 2011.

    Sama seperti biasanya, mobil yang juga diimpor dari Jepang ini mengalami ubahan dengan beberapa tampilan bodi lebih berotot, berkat garis-garis atau siluet pada eksterior yang ditonjolkan.

    Akan tetapi untuk jantung pacunya ternyata masih sama dengan model sebelumnya.

    Baca juga  Morris Minor 1000 Klasik dan Antik Ini Harganya Rp 150 Jutaan

    Nah, pada Februari 2015, Daihatsu Sirion kembali muncul dengan ubahan ringan atau facelift. Kala itu, Daihatsu memberikan tema baru untuk Sirion berupa, More Reason For Fun.

    Daihatsu Sirion facelift, memang terlihat sporty cocok untuk anak muda, desain agresif dan modern sudah kekinian. Apalagi mobil ini saat itu sudah dilengkapi lampu senja LED.

    Pada bagian samping mobil ini sudah menggunakan side skirt, desain velg dan bumper baru, serta penambahan diffuser dan muffler cutter. 

    Intinya, jika dilihat Daihatsu Sirion generasi ini jadi sangat cocok untuk anak muda atau keluarga kecil.

    Untuk interior, Daihatsu Sirion sudah disematkan head unit 2 DIN, lengkap dengan radio, pemutar CD, MP3, bluetooth, AUX dan USB. 

    Tidak sampai disitu, lingkar kemudi mobil ini terdapat audio steering switch control, dan kaca spion yang dilipat otomatis.

    Sedangkan fitur keamanan Daihatsu Sirion akhirnya dijejali  SRS airbag untuk penumpang depan, dan seatbelt dengan pretensioner dan force limiter.

    Daihatsu Sirion Generasi Ketiga

    Pada Februari 2018, Daihatsu Sirion generasi ketiga diluncurkan di salah satu mall di Jakarta Selatan dengan mengusung tema On Generation.

    Tampilannya memang lebih sporty, termasuk tingginya dibuat lebih rendah 2 cm, namun jadi lebih Panjang 19 cm, dan lebar tujuh cm.

    Tidak hanya itu, beberapa ubahan penting lainnya terdapat pada jok atau kursi, lampu depan dan lampu belakang LED, velg berukuran 15 inchi, spoiler belakang dengan High-Mounted Lamp, Shark Fin Antenna, setir berbalut kulit, dan Blue Illumination Panel Meter.

    Menyoal fitur lain yang ada seperti Key Free System dengan Start/Stop Button, Front Speed Sensing Wiper, Auto Rear Wiper, Follow Me Home, 2 Din Touch Screen Audio, Digital AC with Two Memory, New Central Lock Button, USB Charger dan Power Outlet, hingga Audio and Phone Handsfree Steering Switch

    Penyempurnaan Daihatsu Sirion kala itu sangat terlihat dari fitur keamanannya, mulai dari Anti-lock Braking System (ABD), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TC), airbag di empat titik, Seatbelt Reminder, Immobilizer, ISOFIX.

    Akhirnya mesin Daihatsu Sirion pun disetting ulang, menjadi mesin 1NR-VE, 1.3 L, DOHC, Dual VVT-i dengan tenaga lebih besar yaitu 93,7 tk pada 6.000 rpm, dan torsi menjadi 12,2 kg-m di 4.200 rpm.

    Nah, pada tahun 2020, Sirion Kembali melakukan ubahan, khususnya pada bagian bumper dan grill.

    Daihatsu Sirion Bekas

    Jika OLXers ingin punya Daihatsu Sirion, namun dirasa kurang pas harganya dikantong. Maka tidak ada salahnya cari di platform jual beli mobil bekas OLX Autos.

    Sebab, di platform ini hadir Daihatsu Sirion bekas lansiran 2019 dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan hingga 150 titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga, Daihatsu Sirion bekas dibanderol sekitar Rp 160 juta. Bahkan jika beruntung masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Mau liat wujudnya bisa klik di OLX Autos.

    Atau mau lihat sekilas ulasannya lihat videonya di bawah ini.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here