Jumat, Mei 20, 2022
More
    MobilDaihatsu Xenia Bekas Masih Banyak Diburu

    Daihatsu Xenia Bekas Masih Banyak Diburu

    Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil keluarga yang banyak dimiliki masyarakat Indonesia. Masuk segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas 7-8 penumpang, membuat mobil ini cukup digemari.

    Bicara soal Daihatsu Xenia, jika OLXers mengatakan mobil ini mirip dengan Toyota Avanza, maka jawabannya adalah benar. Pasalnya, Xenia maupun Avanza, sama-sama digarap di PT Astra Daihatsu Motor.

    Nah, mau tahu hal-hal menarik Daihatsu Xenia, yuk kita ulas perjalanan Daihatsu di Indonesia.

    Sejarah Daihatsu di Indonesia

    Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia generasi kedua dengan ubahan ringan meluncur pada tahun 2019. (Herdi Muhardi)

    Daihatsu Xenia pertama kali muncul pada tahun 2003 bertepatan dengan gelaran Gaikindo Auto Expo. Selang satu tahun atau tahun 2004 mobil ini baru dijual ke pasaran.

    Kehadiran Xenia dan Avanza tak lepas dari kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin mobil dengan kapasitas lega, namun harga terjangkau.

    Ya, kala itu pilihan mobil memang tak banyak. Jika ada mobil dengan kapasitas kabin yang lega dan harganya sesuai kantong, maka pilihan Toyota Kijang dengan mesin bensin. Sedangkan mesin diesel ada Isuzu Panther.

    Nah, dengan munculnya Xenia dan Avanza, ini memberikan variasi berbeda terutama dalam hal desain, fitur, serta teknologi.

    Menurut catatan Daihatsu, tingginya peminat Xenia-Avanza di awal kemunculannya membuat mobil tersebut hingga saat ini dikenal dengan sebutan ‘Mobil Sejuta Umat’.

    Berikut ini kami juga akan memberikan ulasan mengenai perubahan Daihatsu Xenia dari masa ke masa.

    Daihatsu Xenia Generasi Pertama (2003)

    Saat pertama kali Daihatsu Xenia diluncurkan pada tahun 2003 dan dipasarkan tahun 2004, kembaran dari Toyota Avanza ini hadir dengan tiga tipe yang dapat dipilih konsumen yaitu Mi, Li, dan Xi.

    Untuk Daihatsu Xenia tipe Mi dan Li, selain masih menggunakan mesin 1.0 liter, sedangkan tipe Xi sudah mesin 1.3 liter.

    Oia, mesin 1.0 liter memang tidak ditawarkan untuk Toyota Avanza. Karena mobil tersebut hanya mengusung mesin 1.3 liter saja. Sehingga pilihan mesin jadi salah satu pembeda Avanza-Xenia.

    Untuk Xenia tipe Mi sendiri varian ini paling murah dan minim fitur. Dimana tipe Mi belum power steering, head unit jadul pakai kaset, radio, serta velg masih kaleng,.

    Sementara untuk Xenia tipe Li sedikit di atas Mi, dan karakter sudah lebih meningkat, khususnya dalam hal fitur.

    Untuk tipe Xi, sudah lebih lengkap dari varian sebelumnya, mulai dari power steering, single din, radio tape cd player, power windows, alarm remote, velg alloy, grill berlapis krom, spoiler, electric mirror, roof rail juga sensor parkir.

    Adapun semua mobil Daihatsu Xenia generasi pertama masih menawarkan transmisi manual 5 percepatan. Sedangkan untuk masalah harga, Daihatsu Xenia dibanderol paling murah Rp 70 jutaan.

    Pada tahun 2009, Xenia generasi pertama melakukan penyegaran ringan, salah satunnya menawarkan transmisi otomatis 4 percepatan.

    Di tahun 2009, Daihatsu kembali menawarkan model baru dengan berbagai pengembangan. Maka mobil ini ini pun hadir dengan beberapa pilihan seperti Plus, Deluxe dan Sporty.

    Sejak 2003-2011  Diklaim  Daihatsu Xenia sudah melakukan minor change sebanyak 2 kali, di mana pada 2008 melakukan perubahan pada bagian eksteriornya.

    Daihatsu Xenia Generasi Kedua (2011-2021)

    Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia generasi kedua.

    Pada tahun 2011 Daihatsu Xenia  meluncurkan tampilan serba baru, termasuk empat tipe jenis 1.0 Liter D, 1.0 Liter  M, 1.3 X, dan 1.3 R.

    Dengan perubahan terbaru, Daihatsu Xenia sangat terlihat perbedaanya. Khusus, pada bagian lampu jadi lebih lancip.

    Sama seperti generasi sebelumnya, untuk tipe tertinggi  Daihatsu Xenia yaitu sudah dilengkapi 1.dilengkapi transmisi manual kecuali 1.3 R yang sudah menggunakan transmisi otomatis. Perubahan pada generasi ini adalah sudah adanya AC double blower dalam mobil ini.

    Baca juga  Baru Masuk Indonesia, Harga Toyota GR Yaris Bekas Tembus Rp 1,5 Miliar

    Selanjutnya, minor change atau facelift dilakukan pada tahun 2015 dengan perubahan nama menjadi Great New Xenia.

     Dan pada saat itu terdapat tiga pilihan, yaitu 1.0 M Deluxe, 1.3 X Deluxe, dan 1.3 R Sporty. Teknologi dual VVT-i sudah digunakan dalam mesinnya.

    Pada tahun 2019, Xenia-Avanza kembali mengalami facelift dengan memperbesar ukuran menjadi MPV dengan nama tambahan baru, yaitu Grand New Xenia.

    Daihatsu Grand New Xenia pun dilengkapi headlamp LED, dan desain lampu utama seperti Toyota Voxy yang terbagi dua.

    Selain itu Xenia kedua versi terakhir ini sudah menggunakan antena dengan model shark-fin,  bentuk spion mirip dengan saudaranya, All New Terios.

    Pada bagian interior, ubahan yang paling terlihat pada New Grand Xenia kombinasi dua warna menempel pada jeroan mobil.

    Belum lagi, untuk pengaturan AC panel digital sudah, desain center cluster yang diberikan sentuhan piano black.

    Untuk jantung pacunya, Grand Xenia 1.3 Liter mampu menghasilkan tenaga 95 Tk dan torsi 120 Nm. Sedangkan mesin 1.5 liter menyumbang tenaga sebesar 104 Tk dan torsi 136 Nm.

    Daihatsu Xenia Generasi Ketiga (2021-sekarang)

    All New Daihatsu Xenia
    All New Daihatsu Xenia meluncur diperhelatan GIIAS 2021. (ADM)

    Setelah lama dinanti, Daihatsu Xenia generasi ketiga akhirnya diluncurkan bertepatan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

    Daihatsu Xenia generasi ketiga ini tentu saja berubah cukup banyak, dengan penambahan teknologi dan fitur canggih di dalamnya.

    Seperti halnya penggunaan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT), lalu aksesoris tambahan yang disebut Astra Daihatsu Styling (ADS), serta varian tertinggi lebih lengkap berkat fitur keselamatan Advanced Safety Assist (ASA).

    Untuk jantung pacu, All New Xenia hadir dengan mesin yang sama seperti generasi sebelumnya, yaitu mesin dengan dua pilihan yaitu 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-i.

    Untuk mesin 1.3L menggunakan teknologi 1NR-VE, yang mampu menghasilkan daya 95 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 12,2 kgm pada 4.200 rpm.

    Sedangkan untuk mesin 1.5L sudah menggunakan teknologi 2NR-VE yang memuntahan daya hingga 103 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 13,9 kgm pada 4.200 rpm.

    Yang perlu OLXers ketahui, All New Xenia telah menerapkan platform berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

    Bekas Berkualitas

    Daihatsu Xenia generasi kedua.

    Jika OLXers ingin membeli mobil Daihatsu Xenia bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Daihatsu Xenia bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan hingga 150 titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Daihatsu Xenia bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Harga Daihatsu Xenia Bekas

    Menyoal harga, saat pertama kali diluncurkan, Daihatsu Xenia dengan status On The Road DKI Jakarta dijual mulai dari Rp 70 jutaan hingga Rp 100 jutaan.

    Lalu berapa dengan harga bekasnya? Di OLX Autos mobil Daihatsu Xenia lawas dibanderol beragam. Sedangkan untuk model 2019 dengan odometer masih 2.700 km dijual Rp 185 juta

    Mau lihat Daihatsu Xenia bekas di OLX Autos bisa lihat di sini.

    Mau tahu wujudnya bisa lihat di video ini:

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here