Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDana Sampai Rp 147 Miliar, Para Menteri Mau Ganti Mobil Apa ya?

    Dana Sampai Rp 147 Miliar, Para Menteri Mau Ganti Mobil Apa ya?

    OLXer tau nggak sih kalau menteri-menteri di bawah pemerintahan Joko Widodo  akan punya mobil baru. Hal ini diketahui dari telah selesainya tender dan diumumkannya lelang pengadaan barang di situs Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan RI dengan kode tender 26344011 dan kategori pengadaan barang.

    Dari pengumuman itu disebutkan, sejak 19 Maret 2019, pemerintah telah memberikan Nilai Pagu Paket sebesar Rp 152.540.300.000, sedangkan Nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Paket mencapai Rp 147.312.469.200. 

    Masih menurut LPSE, setidaknya ada 41 peserta yang ikut mendaftar lelang tender mobil menteri. Akan tetapi ada empat yang lolos kualifikasi antara lain PT Astra International, PT New Ratna Motor, PT Hadji Kalla dan PT Agung Automall

    Hanya saja PT Astra Internasional jadi pemenang tender, karena memberikan penawaran dengan harga paling rendah yaitu Rp 147.229.317.000.

    Lantas jika benar harga tersebut telah ditetapkan para menteri bisa pakai mobil apa ya?

    Jika melihat berdasarkan salinan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 577/KM.6/2017 Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) alat angkut darat kendaraan bermotor dinas operasional jabatan di dalam negeri standar barangnya bisa sedan atau Sport Utility Vehicle (SUV) yang mengusung mesin enam silinder berkapasitas 3.500 cc. 

    Namun belakangan ini kabar lebih mengerucut disebutkan, bahwa jika ada 34 Menteri di Kabinet Kerja jilid II, setidaknya mobil yang digunakan adalah sedan Toyota Crown.

    Sosok Toyota Crown memang tak dijual langsung di PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek. Namun begitu, jika ada pesanan kenapa tidak. Oia, jika melihat mobil menteri Kabinet Kerja jilid I, nama Toyota Crown sudah tidak asing, karena sebelumnya memang telah menemani para menteri.

    Kira-kira benar nggak ya mereka pakai Toyota Crown lagi?

    Sejarah Singkat Mobil Menteri

    Para menteri atau pembantu presiden memang sangat penting dalam menjalankan sistem pemerintahan. Mereka sudah punya porsi masing-masing sesuai dengan kerjanya.

    Nah, para menteri juga memiliki mobilitas tinggi ketika menjalankan tugasnya. Karena itu, mobil dinas jadi andalan untuk menempuh perjalanan mencapai tempat tujuan. 

    Oia OLXer juga kudu tau nih, sebelum Jokowi (sapaan Joko Widodo) naik menjadi orang nomor satu, para menteri memang sudah menggunakan mobil dinas yang tak kalah keren. 

    Para menteri Kabinet Kerja Jilid I di bawah kepemimpinan Jokowi, ternyata menunggangi Toyota Crown yang pernah digunakan menteri-menteri sebelumnya, saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

    Sebelum memilih Toyota Crown, para menteri-menteri SBY di era 2001-2003 menggunakan mobil dinas berupa Toyota Camry. 

    Nah, sebelum muncul nama Toyota Camry, ternyata mobil-mobil menteri telah menggunakan mobil jenama Swedia yaitu Volvo. Merek mobil yang terkenal akan sistem keselamatannya sudah digunakan para menteri ketika dipimpin Presiden Soeharto, lalu BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, sampai Megawati Soekarno Putri. 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here