Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsDaripada Menyesal, Perhatikan Ini Sebelum Modifikasi Mobil

    Daripada Menyesal, Perhatikan Ini Sebelum Modifikasi Mobil

    Bagi sebagian orang, memodifikasi mobil sesuai keinginan adalah hal yang paling memuaskan. Alasannya pun bermacam-macam, ada yang ingin memodifikasi mobil untuk meningkatkan performa kendaraan, serta ada pula yang sekadar ingin mempercantik tampilan mobil. 

    Tentu saja, kita dapat memodifikasi mobil untuk alasan apa pun. Namun, perlu diingat bahwa modifikasi yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa konsekuensi. Untuk menghindari salah langkah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan modifikasi mobil.

    Berikut hal yang harus dipikirkan sebelum memodifikasi mobil:

    1. Bisa Timbul Masalah Keamanan

    Meskipun beberapa perubahan dapat membuat mobil menjadi lebih aman, modifikasi juga bisa menimbulkan masalah baru akibat adanya risiko pemasangan suku cadang yang salah. 

    Modifikasi yang melibatkan elektrifikasi dapat membahayakan keselamatan di jalan raya, terutama jika posisi kabel mobil diubah secara tidak benar, dan bukan tidak mungkin fitur yang dialiri listrik akan berhenti berfungsi. 

    Banyak sekali kasus yang membuat mobil terbakar akibat modifikasi, terutama dengan sistem audionya. Untuk itulah, sebelum memutuskan memodifikasi mobil, penting untuk melakukan uji tuntas dan melihat ulasan perusahaan yang melakukan modifikasi. 

    2. Kemungkinan Pembatalan Garansi

    Meskipun tidak perlu khawatir tentang pembatalan garansi untuk sesuatu yang sederhana seperti modifikasi bodi mobil, masalah bisa timbul jika kita melakukan modifikasi pada bagian mesin.

    Seperti yang kita tahu, garansi bisa diklaim secara berkala seperti saat mengganti oli atau saat mobil mengalami kerusakan. Dalam kasus tersebut, kita tidak perlu membayar biaya reparasi karena masih dijamin oleh pabrikan.

    Namun jika mobil sudah dimodifikasi, pabrikan mobil kemungkinan akan menyalahkan kerusakan pada mesin yang dimodifikasi dan klaim garansi akan ditolak. Jadi demi kepentingan terbaik, cobalah menghindari modifikasi internal dalam bentuk apa pun.

    3. Kemungkinan Akan Merusak Nillai Tukar Tambah Mobil

    Meskipun tidak selalu demikian, modifikasi biasanya akan menurunkan nilai jual kendaraan. Hal itu bisa terjadi karena tidak semua orang menyukai mobil yang telah dimodofikasi, dan dealer kemungkinan akan kesulitan menemukan pembeli baru.

    Selain itu, calon pembeli tidak akan tahu perubahan apa yang dilakukan pada mobil, dan bagian mana yang perlu diperbaiki ulang, jadi memodifikasi mobil tentu bisa menurunkan harga jual mobil dibanding kendaraan dengan kondisi yang sama seperti awal pemakaian. 

    4. Prosesnya Memakan Waktu Lama

    Memodifikasi mobil memang tidak bisa dilakukan dengan cepat, melainkan butuh proses yang panjang dan berkesinambungan. Misalnya, meng-upgrade suspensi, memasang jok bertema sport, atau menambahkan turbo, semuanya membutuhkan prosedur yang panjang. 

    KIta mungkin perlu bolak-balik ke bengkel mobil untuk mendapatkan modifikasi yang diinginkan. Memodifikasi mobil secara terburu-buru bisa berbahaya karena berpotensi menyebabkan beberapa kesalahan. Jadi jika tidak punya banyak waktu luang dan komitmen untuk menyelesaikan modifikasi, lebih baik tidak perlu melakukannya.

    5. Penurunan Performa Mobil 

    Saat performa mobil menurun, Anda mungkin ingin mengeluh karena hal itu tidak sesuai dengan klaim pabrikan. Namun, hal itu bisa saja terjadi  karena modifikasi yang Anda lakukan. 

    Hal ini memang agak ironis karena banyak orang yang memodifikasi mobil untuk meningkatkan performanya. Namun berlawanan dengan kepercayaan itu, modifikasi justru dapat menurunkan performa mobil.

    6. Biayanya Tidak Murah

    Bukan rahasia umum, mengubah tampilan mobil memang perlu anggaran yang tidak sedikit, karena kita harus merogoh saku lebih dalam untuk membeli atau mengganti perlengkapan mobil.

    Anggaran untuk modifikasi mobil bisa dibilang tidak murah, karena meski terlihat sepele kebanyakan perlengkapan mobil dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. 

    Terlebih lagi, bisa ada biaya tersembunyi yang muncul setelah mobil dimodifikasi. Misalnya, jika telah memodifikasi mesin, kita mungkin perlu beralih ke bahan bakar lain yang pastinya akan mengeluarkan biaya lebih banyak uang setiap mengunjungi SPBU.

    Biaya kepemilikan mobil sudah cukup mahal bagi sebagian orang, daripada membuat pengeluaran untuk sesuatu yang bukan keharusan seperti memodifikasi kendaraan. Lebih baik mulai memikirkan untuk berinvestasi, salah satunya dengan berinvestasi properti. Dengan investasi properti, maka aset yang kamu miliki akan memiliki nilai yang terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

    Untuk hunting properti dengan mudah di masa pandemi ini kamu bisa mengunjungi KPR BRI Virtual Expo. Event virtual ini berlangsung dari tanggal 26 Januari-26 Maret 2021. Beragam promo yang menarik ditawarkan seperti suku bunga KPR mulai dari 3,76%, program bebas biaya administrasi, provisi dan appraisal, dan berbagai hadiah dengan total senilai Rp 125 juta rupiah. Yuk, kunjungi https://kprbrivirtual.com/

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here