Kamis, Maret 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriDemi Kenyamanan dan Keamanan, Ini Tips Memilih Sarung Tangan Motor

    Demi Kenyamanan dan Keamanan, Ini Tips Memilih Sarung Tangan Motor

    Penggunaan sarung tangan ketika berkendara sepeda motor menjadi hal yang patut dipakai demi keselamatan. Hal ini untuk melindungi area tangan saat berkendara, serta dapat mencegah terjadinya kram pada jari saat berkendara di udara yang dingin.

    Selain itu, sarung tangan juga akan sedikit membantu mengurangi cedera serius jika terjadi kecelakaan. Pasalnya, ketika terjatuh, biasanya secara tidak sadar tangan akan langsung menyentuh aspal terlebih dahulu.

    Oia, sarung tangan juga kini diwajibkan dipakai pengendara sepeda motor di masa aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini dipercaya sebagai langkah mengurangi resiko terpapar Covid-19.

    Namun jika OLXer ingin memiliki sarung tangan ada baik nya memperhatikan beberapa hal, seperti yang disampaikan Safety Riding Manager AHM, Johannes Lucky.

    “Banyak sekali jenis sarung tangan untuk berkendara. Para bikers perlu memperhatikan masing-masing fungsinya agar tidak salah pilih,” ucap Lucky dalam keterangan tertulis.

    Oleh karena itu, Lucky memberikan tips memilih dan merawat sarung tangan berkendara sepeda motor :

    1. Pilih Bahan yang Sesuai

    Banyak sekali jenis bahan yang ditawarkan, namun terdapat 2 bahan utama yang sering digunakan untuk pembuatan sarung tangan berkendara yakni berbahan kulit dan bahan kain. Masing-masing bahan ini memiliki karakter yang berbeda.

    Bahan kain cocok digunakan saat udara panas sehingga dapat menyerap keringat pada tangan, namun jika berada di udara yang dingin sebaiknya menggunakan sarung tangan berbahan kulit agar hangat.

    “Karakteristik yang paling menonjol dari kedua bahan ini yakni untuk sarung tangan berbahan kain memiliki karakteristik yang lebih lentur. Sarung tangan berbahan kulit memiliki karakter yang lebih kaku dan sedikit mengurangi sensitifitas pada jari sehingga perlu penyesuaian yang lebih, namun lebih aman untuk melindungi dari gesekan,” ujar Lucky.

    2. Nyaman Dipakai

    Pastikan sarung tangan jangan terlalu ketat sehingga sirkulasi darah dapat berjalan dengan baik saat berkendara. Sarung tangan juga harus melindungi seluruh bagian tangan dari ujung jari hingga pergelangan tangan.

    “Para bikers juga perlu memilih sarung tangan yang memiliki pelindung tulang agar dapat melindungi tangan secara maksimal. Dianjurkan pemilihan sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan,” tambah Lucky.

    3. Mudah Dibersihkan

    Sarung tangan yang sering dipakai haruslah mudah dibersihkan secara mandiri. Perawatan sarung tangan minimal dilakukan sebanyak 2- 3 kali dalam seminggu. 

    Caranya, rendam sarung tangan di dalam campuran air hangat yang ditambahkan dengan sabun cuci tangan atau sabun bayi selama 5-10 menit. Kemudian, bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan tangan agar tidak merusak lapisan protector pada sarung tangan. 

    Jangan gunakan sikat dalam proses pembersihan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada sarung tangan. Bilas sarung tangan dengan air bersih. Khusus untuk bahan kulit, bersihkan sarung tangan tanpa merendamnya dalam air untuk menghindari kerusakan pada lapisan kulit.

    Proses pengeringan, untuk bahan kain dapat dikeringkan di bawah sinar matahari. Untuk sarung tangan berbahan kulit, proses pengeringan tidak dilakukan di bawah sinar matahari dan cukup mengandalkan hembusan angin hingga benar-benar kering. Pastikan kering hingga sisi dalam sarung tangan. Tidak perlu diperas agar tetap menjaga kualitas bahan kulit.

    “Perawatan sarung tangan sangatlah penting untuk menjaga kualitas sarung tangan, mencegah bau dan berkembangnya kuman di dalam sarung tangan,” tutup Lucky.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait