Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDemi Mobil Sport Baru, Nissan Rela Suntik Mati Datsun?

    Demi Mobil Sport Baru, Nissan Rela Suntik Mati Datsun?

    Nissan memilih terus mengembangkan mobil sport di tengah tidak stabilnya kondisi perusahaan pasca diterpa skandal dan peralihan kepemimpinan dari bos kontroversial Carlos Ghosn ke CEO baru, Hiroto Saikawa.

    Kebijakan yang dipilih Nissan ini mungkin dapat memperjelas rumor Datsun yang baru-baru ini dikabarkan akan disuntik mati Nissan.    

    Mobil sport seperti Nissan 370Z dan GT-R adalah jantung dari perusahaan. Menurut Vice President of Global Product Strategy and Product Planning Nissan, Ivan Espinosa, dengan mobil ini pabrikan terus melakukan pengembangan untuk generasi barunya.

    Padahal, brand Datsun yang dilahirkan kembali dan namanya merupakan bagian dari sejarah panjang Nissan, masa depannya disinyalir tengah simpang siur. Hidup segan, mati tak mau.

    Datsun dilahirkan kembali pada 2013 lalu dengan target menggaet segmen pasar baru di negara berkembang seperti India, Indonesia dan Rusia. Namun seiring berjalannya waktu, Datsun malah dianggap mengkanibal penjualan model Nissan. Akan tetapi, penjualannya juga tidak sesuai harapan.

    Mengembangkan generasi baru Z dan 'godzilla' tentu butuh biaya produksi serta R&D. Sedikit banyak kebutuhan biaya ini pasti berdampak pada aspek bisnis lainnya di perusahaan. Maka dari itu bukan tidak mungkin rumor brand Datsun bakal kembali punah bisa menjadi kenyataan.

    Nissan pernah menyatakan ogah melakukan pendekatan seperti Toyota pada mobil sportnya dengan menggaet pabrikan lain sebagai partner, demi memangkas biaya produksi dan R&D. 

    Namun lagi-lagi seiring berjalannya waktu, dan tentunya keuangan perusahaan yang terdampak skandal dan masa transisi kepemimpinan, kabarnya Nissan mulai mempertimbangkan untuk menggaet partner untuk generasi baru mobil sport-nya. 

    Kabar ini bisa menjadi secercah harapan untuk menjaga eksistensi Datsun. Andai Nissan memang masih menaruh harapan pada brand-nya.

    400Z Jadi Pengganti 370Z?

    Untuk generasi baru 370Z atau yang juga dikenal dengan Fairlady Z, desas-desus soal kehadiran 400Z sebagai suksesornya sebenarnya sudah berhembus sejak lama. 

    Menurut Nissan, Z yang sekarang sudah lama berada di dealer. Meskipun Nissan tidak mengonfirmasi, mengingat begitu esensialnya Z di lini produknya, raksasa Yokohama itu menganggap harusnya kita bisa membayangkan suksesornya sudah dalam pengembangan. 

    Seperti dilansir The Drive, Nissan hanya menyebut kata 'segera' soal duo mobil sport barunya.

    Spyshot 370Z lawas yang kembali diuji Nissan, mungkin uji coba mesin baru untuk 400Z. Foto: Motor1

    Heboh Kabar Datsun Bakal Kembali Punah

    Baru-baru ini beredar kabar yang dilansir Autocar.uk bahwa Datsun akan disuntik mati Nissan. Rumor yang berkembang, Datsun tidak akan langsung dibunuh Nissan, melainkan akan mati secara perlahan mengikuti akhir siklus produksi modelnya.

    Disebutkan bahwa tidak akan ada rebadge model Datsun menjadi Nissan. Justru sebaliknya, model yang tadinya disiapkan untuk menjadi calon model baru Datsun, akan dijual di bawah bendera Nissan. Salah satunya adalah sebuah model SUV kompak, yang dianggap lebih memiliki DNA Nissan ketimbang Datsun.

    Jadi pilih mana, Nissan? Generasi baru 370Z dan GT-R atau selamatkan Datsun? (dhan)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here