Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDesainer Ford Mustang Generasi Pertama, Gale Halderman Tutup Usia

    Desainer Ford Mustang Generasi Pertama, Gale Halderman Tutup Usia

    Desainer Ford Mustang yang sangat ikonik, Gale Halderman meninggal dunia pada hari ini, Kamis, 30 April 2020 dalam usia 87 tahun.

    Seorang juru bicara keluarga menyebut Gale Halderman tutup usia di Upper Valley Medical Center setelah beberapa waktu berjuang melawan penyakit kanker hati.

    Gale dikenal sebagai tokoh penting dari lahirnya Ford Mustang generasi pertama dan sampai saat ini sudah terjual sebanyak 8 juta unit dalam 6 generasi, dan menjadi salah satu dari segelintir model yang pengembangannya mencapai 50 tahun.

    Ford Mustang hasil desain dari Gale Halderman (Foto: Google)

    “Untuk hidup 87 tahun dan telah merancang sesuatu yang merupakan bagian dari budaya pop dan sejarah otomotif, Gale Halderman memiliki dampak seperti itu,” ucap Jimmy Dinsmore, penulis ”Mustang by Design: Gale Halderman” yang bertindak sebagai juru bicara keluarga Halderman. 

    “Dia melakukannya dengan cara yang rendah hati dan menyentuh hati setiap penggemar Mustang di luar sana. Sama hebatnya dengan seorang desainer, dia adalah manusia yang bahkan lebih baik,” lanjut Dinsmore. 

    Menjadi karyawan Ford selama kurang lebih 40 tahun, Halderman tidak mau menerima banyak perhatian karena menjadi desainer asli Mustang. 

    “Ia lebih memilih membiarkan orang lain mendapatkan pujian atas karyanya. Saya akan selalu ingat senyumnya di acara-acara peluncuran ketika orang akan berterima kasih padanya karena sudah merancang mobil yang begitu indah. Itulah impact yang dimiliki seorang Gale,” pungkasnya mengenang sang tokoh Mustang tersebut.

    Setelah kepergian Lee lacocca di tahun lalu, Gale Halderman menjadi legenda Mustang terakhir yang masih tersisa bersama Ford. 

    Selama mengabdi di Ford, Gale Halderman pernah menjabat sebagai Director and Executive Director of the Advanced Design Studio, Interior Design Studio, Lincoln/Mercury Design Studio and the Ford Design Studio.

    Ia juga pernah menerima penghargaan Motor Trend Car of the Year untuk desain Lincoln Town Car 1990 dan dianugerahi Lee lacocca Award pada 19 April 2014, untuk dedikasinya dalam mengabadikan tradisi otomotif Amerika. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here