Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDFSK Cari Aksen Suara dan Kata-kata yang Pas Untuk i-Talk Versi Bahasa...

    DFSK Cari Aksen Suara dan Kata-kata yang Pas Untuk i-Talk Versi Bahasa Indonesia

    DFSK Glory i-Auto mobil yang dihadirkan PT Sokonindo Automobile selaku agen pemegang merek mobil Dongfeng Sokon (DFSK) di Indonesia hadir dengan berbagai fitur menarik yang lebih lengkap dan modern dibandingkan seri Glory 560 atau 580.

    Salah satunya fitur andalan Glory i-Auto adalah i-Talk yang merupakan voice command atau perintah suara, sehingga memudahkan pengemudi mengoperasikan dapat mengakses fitur pada mobil dengan suara.

    Ya, fitur voice command ini bisa tersambung dengan phone connection, voice navigation, media command, car feature voice control, sampai connectivity. Tak kurang ada lebih dari 100 fungsi kontrol pada Glory i-Auto yang bisa diaktifkan melalui fitur i-Talk.

    Akan tetapi, meski fitur i-Talk sudah canggih, namun ada hal yang terasa kurang asyik bagi masyarakat, yaitu tak dilengkapi aksen  bahasa Indonesia seperti mobil Wuling Almaz.  Sebaliknya, fitur i-Talk pada Glory i-Auto masih menggunakan aksen bahasa Inggris.

    Menurut PR & Digital Manager DFSK Arviane D Bahar, saat ini tim R&D DFSK sudah sempat mencari sample-sampel aksen, jenis-jenis suara orang Indonesia untuk fitur i-Talk.

    “Jadi (tim R&D) mencari perintah-perintah yang common (umum) di customer kita. Jadi dicari kata-kata yang biasa dipakai nggak merepotkan customer itu sendiri,” ujar wanita yang akrab disapa Anne saat video conference, beberapa waktu lalu.

    Anne sendiri tak menampik, bahwa DFSK bisa saja melakukan pengembangan apapun, termasuk aksen bahasa Indonesia pada fitur i-Talk. Hanya saja, pengembangan bisa dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan analisa pasar.

    “Tentu analisanya orang Indonesia, karena orang yang tinggal di Jakarta dan Jawa kan aksennya beda. Jadi bagaimana recognize sistemnya ini sendiri,” terangnya.

    Sebelumnya, Managing Director PT Sokonindo Automobile, Franz Wang mengatakan fitur voice command berbahasa Indonesia sedang mereka kembangkan.

    “Kami sangat excited dengan i-Talk yang kami hadirkan di Intelligent SUV kami. Saat ini memang baru tersedia dalam bahasa Inggris, tapi aksen dan logatnya Indonesia banget. Dan untuk voice command berbahasa Indonesia sedang kami kembangkan,” jelas Franz

    Sementara itu, Technical Manager PT Sokonindo Automobile Sugiartono mengatakan, alasan mempertahankan aksen bahasa Inggris tak lain karena ada dua target konsumen DFSK.

    “Pertama, target kita memang yang sudah melek teknologi jadi bahasa Inggris mereka sudah paham. Kedua adalah karena ekspor. Ya jadi disamakan dengan unit-unit yang diekspor,” terangnya.

    Lalu kapan fitur i-Talk beraksen bahasa Indonesia diterapkan?

    “Kalau sudah tersedia bahasa Indonesianya, tentunya sesuai arahan Mr.Franz waktu itu ya, ikuti permintaan pasar, kalau ada permintaan pasar ya sesegera mungkin bisa,” tutupnya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here