Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    MobilReviewDFSK Gelora E, Sahabat Baru Pengusaha yang Hemat dan Ramah Lingkungan

    DFSK Gelora E, Sahabat Baru Pengusaha yang Hemat dan Ramah Lingkungan

    Hemat menjadi salah satu hal yang terbersit jika berbicara mobil listrik. Pun demikian kalau membahas soal usaha. Pastinya pengusaha ingin bisa berhemat dari sisi pengeluaran namun tetap mendapatkan keuntungan besar. 

    Prinsip hemat inilah yang membuat pengusaha harus pintar-pintar mengelola keuangannya agar tak buntung di tengah jalan. Memilih kendaraan salah satunya. Bagi pengusaha, memilih kendaraan tak bisa asal. Ada pertimbangan tertentu utamanya terkait dengan ongkos bensin. 

    Di sinilah mobil listrik memainkan perannya. Dengan menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan operasional, pengusaha bisa menghemat pengeluaran. Setidaknya hal itu melatarbelakangi kehadiran mobil listrik komersial perdana di Indonesia yaitu DFSK Gelora E.

    Sebagai gambaran, DFSK Gelora E mampu menjelajah hingga 300 km dalam satu kali pengecasan. Bila tarif listrik per kWh Rp 1.000, maka pengemudi hanya perlu merogoh Rp 42.000 sesuai dengan kapasitas baterai Gelora E sebesar 42 kWh. 

    Artinya, untuk menempuh jarak hingga 300 km pengusaha hanya perlu mengeluarkan Rp 42.000 sebagai pengganti ongkos bensin. Bila dibandingkan dengan mobil komersial berbahan bakar bensin biasa, ini tentu lebih hemat. 

    Misalnya saja mobil komersial memiliki catatan konsumsi bahan bakar 1:15. Artinya untuk menempuh jarak 300 km dibutuhkan 20 liter bensin. Bila bahan bakar yang digunakan jenis RON 90 per liter harganya Rp 7.650, maka jika dikalikan 20 liter, budget yang harus dikeluarkan mencapai Rp 153.000. 

    Bisa dilihat perbedaannya memang cukup signifikan. Sebab, biaya sebesar Rp 153.000 OLXer sudah pasti bisa bolak balik dengan mengendarai mobil listrik hingga sejauh 900 km.

    “DFSK Gelora E mampu menghemat biaya energi menjadi sekitar Rp 200 per kilometer. Sehingga konsumen DFSK Gelora E akan mendapatkan biaya operasional yang lebih rendah, mencapai 1/3 dibandingkan dengan kendaraan komersial konvensional,” ujar Sales & Marketing Director PT. Sokonindo Automobile Rifin Tanuwijaya belum lama ini. 

    Para pengusaha tak perlu khawatir soal pengisian ulang baterainya. DFSK Gelora E ini sudah didukung sistem pengisian fast charging yang mampu mengisi daya dari 0-100 persen hanya dengan waktu 2,5 jam. Sementara untuk pengisian normal tanpa fast charging dapat dilakukan di rumah dengan rata-rata 220V 16A. 

    “Minimal daya listrik di rumah yakni 3.500 kWh,” jelas Wahyu Handaya selaku Training Manager PT. Sokonindo Automobile.

    OLXer juga tak perlu khawatir soal baterainya. Baterai DFSK Gelora E sudah berstandar internasional dengan nilai 67. Namun demikian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan konsumen disarankan untuk tidak memaksa menerjang banjir. 

    Hemat bukan satu-satunya keunggulan utama yang ditawarkan DFSK Gelora E. Pengusaha juga bisa turut aktif berperan menjaga lingkungan dengan menggunakan kendaraan listrik. Ini sejalan dengan komitmen Presiden Joko Widodo pada Conference of The Parties (COP) ke-21 untuk menurunkan kadar emisi sebesar 29 persen pada 2030 nanti. 

    “DFSK akan berperan aktif dalam perlindungan lingkungan dan mendorong roda perekonomian negara melalui kendaraan yang kami produksi. Kami juga mengapresiasi berbagai peraturan dan kemudahan yang ditawarkan oleh pemerintah sehingga kami melihat ini adalah momen yang tepat untuk memasarkan DFSK Gelora E,” ucap Alexander. 

    Dimensi

    Tinggi1960 mm
    Panjang4500 mm
    Lebar1680 mm
    Jarak sumbu roda3050 mm

    Mesin

    Isi silinder1498 cc
    Konfigurasi mesin

    DK15-06, DOHC, Dual VVT

    Tipe drive

    Rear Wheel Drive (RWD)

    Tenaga

    107 HP @ 6.000 rpm

    Torsi

    140 Nm @ 3.200-4.000 rpm

    Kapasitas Tangki Bahan Bakar55
    Jenis bahan bakarBensin
    Jumlah silinder4
    Konfigurasi TransmisiManual 5-speed

    Kaki-kaki

     

    Rem DepanDisc
    Rem BelakangDrum/tromol
    Suspensi depan

    McPherson Independent

    Suspensi belakang

    5 Leaf Spring, Non Independent Suspension dengan Stabilizer

    Ukuran ban185/80
    Material velg

    14-inch Steel wheels

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here