Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    MotorDi 2035 Nanti, Kawasaki Hanya Akan Jualan Motor Listrik Saja

    Di 2035 Nanti, Kawasaki Hanya Akan Jualan Motor Listrik Saja

    News.OLX.co.id – Sepeda motor berbahan bakar bensin nampaknya sudah semakin mendekati akhir masanya. Indikasi ini semakin kelihatan nyata setelah beberapa pabrikan motor besar sudah mengumumkan rencananya dalam menjual sepeda motor listrik.

    Di tanggal 6 Oktober 2021 lalu, Kawasaki Heavy Industries Ltd., sudah mengumumkan rencana besarnya dalam memproduksi dan menjual hanya motor jenis listrik di Jepang dan Eropa pada tahun 2035 mendatang.

    Namun sampai sejauh ini Kawasaki belum memutuskan apakah akan membangun model baru atau memproduksi motor yang sudah dijual selama ini dalam versi listrik.

    Yang pasti, untuk awal Kawasaki akan mengembangkan motor model listrik dan model hybrid yang ditenagai listrik dan bensin. 

    Tidak kurang dari 10 model motor listrik merek Kawasaki akan dipasarkan di negara-negara maju di 2025 nanti. 

    Isu terkait emisi gas buang hingga nol persen sudah mendapat perhatian tidak hanya untuk industri kendaraan roda empat saja, melainkan juga industri kendaraan roda dua.

    Juli lalu, Yamaha Motor Co. sudah lebih dulu mencanangkan 20 persen dari penjualan sepeda motornya secara global disumbangkan dari motor bertenaga listrik pada tahun 2035, kemudian mencapai 90 persen di tahun 2050.

    “Regulasi mengenai keselamatan lingkungan kami harap dapat diperkuat secara global, dan menjadikan isu ini sebagai tantangan yang mendesak,” kata perwakilan Yamaha seperti dikutip dari The Asahi Simbun, Kamis (7/10/2021).

    Saat ini Yamaha sudah memproduksi beberapa model motor listrik, namun rasio penjualannya masih kurang dari satu persen. 

    Sementara Honda Motor Co. belum menargetkan secara spesifik terkait penjualan sepeda motor listriknya, tetapi mereka sudah memproduksi beberapa model motor listrik.

    Rencana terdekat Honda adalah melakukan debut motor listriknya di tahun 2024 mendatang.

    Diketahui, empat raksasa produsen sepeda motor, termasuk Suzuki Motor Corp, pada bulan Maret lalu sudah menyetujui standarisasi baterai yang digunakan untuk sepeda motor listrik. Dan secara bersama-sama akan mempromosikan gerakan “going electric” dengan meningkatkan fungsi kenyamanan baterai.

    Itu artinya, siap-siap untuk mengucapkan selamat tinggal untuk motor-motor konvensional yang masih mengandalkan bensin sebagai bahan penggerak utamanya. 

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait