Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDi Masa Pandemi, Mobil Toyota yang Dibuat di Indonesia Laris di Luar...

    Di Masa Pandemi, Mobil Toyota yang Dibuat di Indonesia Laris di Luar Negeri

    Sejumlah mobil Toyota yang ada di Indonesia memang tidak semua diimpor dari Jepang atau Thailand. Sebaliknya, Toyota mempercayai Indonesia untuk membuat mobil-mobil di Tanah Air sehingga dapat dipasarkan secara domestik maupun ekspor ke sejumlah negara.

    Ya, mobil-mobil yang diracik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Sunter dan Karawang sejatinya sudah diekspor hingga 80 negara. Bahkan mereka juga akan meningkatkan ekspornya sampai 100 negara hingga 2024 mendatang.

    Nah, kebetulan masih suasana pandemic Covid-19 di awal kuartal pertama tahun 2021, ekspor mobil Toyota dalam bentuk Completely Built-Up (CBU) kini sudah menunjukan hasil yang positif, yaitu mencapai 49.200 unit atau naik 2 persen dibandingkan kuartal keempat pada 2020 lalu yang hanya terjual 48.000 unit.

    Kinerja ekspor Toyota Indonesia sudah cukup baik, karena sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, tercatat 50.000 unit pada kuartal pertama 2020 lalu. Dengan catatan ini berdasarkan data Gaikindo, ekspor CBU Toyota berkontribusi sebesar 62 persen terhadap total ekspor otomotif nasional Indonesia.

    Menurut, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN Bob Azam, apa yang dicapai TMMIN dan pelaku industri otomotif lainnya tidak terlepas dari dampak positif sejumlah kebijakan pemerintah selama masa pandemic, seperti adanya subsidi dan stimulus untuk sektor industri terutama usaha kecil dan menengah di masa survival, serta daya beli masyarakat.

    “Kami berharap kondisi ekspor industri otomotif Indonesia tahun ini sudah mulai berangsur-angsur pulih dan setidaknya mencapai 80 persen dari pencapaian ekspor sebelum pandemi Covid-19 melanda,” ungkap Bob dalam keterangannya.  

    Nah, OLXer mau tahu mobil Toyota apa saja yang dibuat di Indonesia dan laris di negara orang? Berikut ulasannya.

    Beberapa model mobil Toyota yang dibuat di Indonesia terbagi dalam beberapa segmen, seperti Sport Utility Vehicle (SUV), Multi-Purpose Vehicle (MPV), dan Sedan.

    Jika melihat perkembangan Toyota Indonesia pada kuartal pertama 2021, model mobil yang banyak diincar konsumen yaitu Rush 11.600 unit, Vios 8.800 unit, dan Fortuner 7.300 unit. Kemudian, ada Kijang Innova, Avanza, Agya, Yaris, Sienta, dan Town Ace/Lite Ace dengan total penjualan mencapai 21.500 unit.

    Selain ekspor mobil secara CBU, Toyota Indonesia juga mengirimkan kendaraan terurai atau Complete Knock Down (CKD) hingga 16.750 unit. Juga ada ekspor mesin bensin dan etanol dengan tipe TR dan NR dengan total 32.000 unit dan komponen hingga 25 juta unit.

    “Toyota Indonesia akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja ekspor dengan menyediakan kendaraan berkualitas global yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasar, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong ekspor,” ucap Bob.

    Ingin tambah tujuan ekspor

    Tak puas dengan total ekspor yang saat ini mencapai 80 negara, di usianya yang memasuki 50 tahun, Toyota Indonesia berharap ingin terus berkontribusi bagi masyarakat dan negara tercinta ini melalui perkembangan industri hulu ke hilir, rantai pemasok lokal, hingga Small Medium Enterprise (SME) yang ditopang oleh pengembangan SDM yang mumpuni sejalan dengan filosofi kami “Make People Before Make Product”.

    Tidak hanya itu, Toyota Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung pengembangan industri otomotif Indonesia yang berdampak positif bagi ekonomi Indonesia melalui kegiatan ekspor.

    Diawali sebagai pengimpor hingga kini kami sudah menjadi basis produksi dan ekspor. Salah satu bukti konkret, adalah lebih dari 80 negara di dunia, merupakan konsumen dari mobil-mobil Toyota buatan Indonesia.

    “Kami ingin terus meningkatkan peran penting Toyota Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor bagi Toyota di pasar global. Terlebih dengan rencana Toyota Indonesia untuk memproduksi kendaraan Hybrid EV pada tahun 2022 untuk pasar domestik dan ekspor,” tutup Bob.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here