Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDibanding Pria, Wanita 73% Lebih Mungkin Tewas dalam Kecelakaan

    Dibanding Pria, Wanita 73% Lebih Mungkin Tewas dalam Kecelakaan

    Studi terbaru mengungkap bahwa uji tabrak biasanya menggunakan boneka dummy yang merefleksikan tubuh pria sehingga efek tabrakan untuk wanita bisa berbeda, jauh lebih parah. Bahkan jika para kaum hawa telah menggunakan sabuk pengaman mobil.

    Penelitian dari University of Virginia mengungkap bahwa wanita memiliki 73 persen kemungkinan lebih besar untuk mendapat cedera parah bahkan tewas dalam kecelakaan fatal. Data didasarkan dari 22.854 kasus tabrak depan yang dilaporkan kepolisian di Amerika Serikat antara 1998-2015.

    Studi ini terkait fakta bahwa boneka dummy yang digunakan saat uji tabrak mobil, memiliki postur layaknya kaum Adam. Sehingga segala rating keselamatan yang dijadikan pedoman, atau bahkan sebagai pertimbangan dalam pengembangan lebih lanjut fitur keselamatan mobil, didasarkan dari objek yang merefleksikan pria dan bukannya wanita. 

    Menurut seorang ahli, Emily Thomas, Ph.D. dari Consumer Reports, regulasi harus diubah dengan menggunakan boneka dummy yang merefleksikan postur wanita pada umumnya dalam berbagai posisi duduk saat uji tabrak. 

    Siapa sangka gender boneka dummy bisa merefleksikan keselamatan di dunia nyata? Foto: Theaa.com

    Masalah Gender Boneka Dummy dalam Uji Tabrak Bukan Temuan Baru

    Usut punya usut, hasil studi ini sebenarnya bukan sebuah temuan baru. Masalah soal penggunaan postur pria pada boneka dummy di uji tabrak mobil ini bahkan sudah diketahui dari puluhan tahun lalu, kira-kira di era '80-an.

    Petisi sudah pernah dilakukan di AS soal boneka dummy wanita dalam uji tabrak menyusul riset era '80-an tersebut. Pada 1996, salah satu pabrikan yang tak disebutkan namanya bahkan ikut mengajukannya. Namun baru pada 2003, mereka mendapat jawaban dari permintaannya. Meski pada akhinya desain boneka dummy tetap dianggap lebih merepresentasikan postur tubuh kaum Adam.

    Badan Keselamatan Jalan Raya AS (NHTSA) mengklaim sudah membahas soal ketidaksetaraan gender boneka dummy uji tabrak ini dengan melakukan riset khusus.

    Menurut Consumer Reports, hingga saat ini tidak ada boneka dummy untuk uji tabrak yang benar-benar merepresentasikan tubuh dari rata-rata wanita di dunia. Konon butuh 20-30 tahun untuk merancang dan mengembangkan model baru boneka dummy yang benar-benar bisa merepresentasikan tubuh wanita.

    Nah, sebelum membaca artikel ini, kira-kira ada nggak sih OLXer yang sadar bahwa selama ini boneka dummy dalam video uji tabrak yang sering viral itu ternyata lebih identik dengan kaum pria? (Dhan/Her)

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here