Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDigeber Surabaya-Lombok, Ini Untungnya Pakai Mitsubishi Outlander PHEV

    Digeber Surabaya-Lombok, Ini Untungnya Pakai Mitsubishi Outlander PHEV

    Mobil hybrid masih dianggap sebagai solusi menuju era kendaraan listrik. Hal ini karena mobil hybrid tidak memerlukan perubahan pada sektor  infrastruktur.

    Sebaliknya, mobil hybrid juga tetap rendah emisi, irit bahan bakar, dan minim getaran serta raungan mesin.

    Nah, untuk membuktikan ketangguhan mobil hybrid, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mencoba melakukan pengujian salah satu produk andalannya yaitu Mitsubishi Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dari Surabaya, Jawa Timur hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat.

    Usut punya usut, perjalanan yang ditempuh selama kurun waktu lima hari, Outlander PHEV ternyata hanya sekali pengisian bahan bakar bensin sebanyak 45 liter dan pengisian baterainya secara full di Surabaya saja. 

    Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV

     

    Hal ini juga diakui Head of MMC Public Relations Section PT MMKSI Jerry Amran. Kata dia, Outlander PHEV awalnya ditargetkan bakal dilakukan pengisian bahan bakar dan daya listrik di pulau Dewata, Bali, namun hal itu diurungkan.

    “Ya karena ngga bisa dicolok. Jadi pengereman regeneratifnya jalan terus. Jadikan di lokasi batch Surabaya-Banyuwangi, Bali, dan Lombok, NTB itu ada lokasi nanjak terus turunan, dan secara otomatis dia mencharge gitu,” jelas Jerry saat ditemui di sela acara #AyoGasTerus Media Adventure di Lombok, Kamis (6/2/2020).

    OLXer juga harus tau, pengereman regeneratif atau regeneratif braking adalah ketika melakukan pengereman, maka hal ini membentuk energi lain yang dapat disimpan untuk digunakan kembali nanti pada saat dibutuhkan.

    Sementara itu, untuk berapa jarak tempuh yang bisa dikendarai sebuah Outlander PHEV Head of PC Product Planning Section, Hanif Risky mengatakan, untuk secara pasti hasilnya cukup sulit.

    Tapi sebelum media test drive, tim melakukan pengujian, ultimate miles sampai berapa? Total kita tempuh jarak 695 km dari full baterai dan fuel bensin, sampai habis. Sebenarnya masih jalan, mungkin bisa kalau sampai mati banget, tapi kita nggak mau,” ucapnya.

    Mitsubishi Outlander PHEV
    Caption

    Seperti diketahui, Outlander PHEV ini memang dapat memberikan sensasi berkendara menjadi lebih nikmat, karena mobil ini juga dilengkapi teknologi 4WD dan keunggulan PHEV.

    Kendaraan ini hadir dengan tiga mode yaitu EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode. Pada mode EV Drive, motor menggerakkan kendaraan dengan tenaga listrik dari baterai sehingga tidak ada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 yang membuat kendaraan menjadi senyap, bersih dan bertenaga.

    Sementara itu, Hybrid Driving Mode dibagi menjadi dua mode. Pertama, Series Hybrid Mode merupakan perpaduan mode elektrik dan mesin. Mesin gasoline 2,4 L akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan menambah tenaga saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi atau menanjak.

    Pada Parallel Hybrid Mode, mesin gasoline akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan ekstra tenaga (saat kecepatan tinggi atau saat efisiensi mesin tinggi).

    Fitur yang dimiliki Outlander PHEV memudahkan peserta saat melewati jalur menanjak dan tikungan tajam, dengan sistem Super All Wheel Control (S-AWC) sebuah sistem kendali terintegrasi menjadikan kendaraan ini aman untuk melintas di berbagai medan. Outlander PHEV juga semakin nyaman dan aman dengan berbagai fitur seperti Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) dan Advanced Driver-Assistantce System (ADAS) yang terdiri dari tujuh SRS airbag, ASC (Active Stability Control), FCM (Forward Collision Mitigation System).

    Tidak hanya mengendarai Outlander PHEV, peserta juga dapat melihat langsung keunggulan PHEV yang dapat berfungsi sebagai genset dengan kemampuan menyalurkan daya listrik hingga 1.500 watt, yang dibuktikan dengan aktivitas BBQ dinner  di mana peralatan elektronik yang digunakan, mendapatkan pasokan listrik dari Outlander PHEV.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here