Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    BeritaDikepung LCGC Kembar, Honda Brio Satya Jadi Market Leader

    Dikepung LCGC Kembar, Honda Brio Satya Jadi Market Leader

    Meski hanya punya satu model kendaraan Low Cost Green Car atau LCGC, Honda mampu menjadi market leader di segmen ini lewat Brio Satya.

    Di bulan Februari 2020, PT Honda Prospect Motor (HPM) cukup jumawa dengan penjualan Brio Satya yang menembus angka 4.701 unit. Angka ini meningkat bila dibandingkan dengan penjualan bulan Januari yang mencapai angka 4.347 unit.  

    Seperti yang diketahui, beberapa merek besar juga bermain di segmen ini. Mulai dari Toyota dengan Agya dan Calya (7-seater), serta Daihatsu dengan Ayla dan Sigra (7-seater), dan terakhir ada Suzuki dengan Karimun Wagon R.

    Total penjualan model LCGC pada Februari tahun ini mencapai 16.122 unit. Toyota dan Daihatsu cukup mendominasi pasar LCGC dengan angka penjualan 11.662 unit. Namun dengan catatan, keduanya punya empat model yang ditawarkan. Sementara Honda cukup dengan Brio Satya yang bermain di LCGC 5 penumpang. 

    Suzuki dengan Karimun Wagon R seperti sudah tidak punya kekuatan apa-apa lagi untuk menghadapi persaingan di segmen ini.

    Sepanjang Januari hingga Februari 2020, Honda Brio Satya sudah meraih pangsa pasar tertinggi dengan penguasaan 27 persen di kelas LCGC 5 penumpang, total penjualan selama dua bulan pertama 2020 ini mencapai 9.048 unit. 

    Sementara varian Honda Brio lainnya, yakni Brio RS menyumbangkan penjualan sebesar 1.384 unit pada bulan Februari, juga meningkat dibanding penjualan Januari yang tercatat sebesar 1.298 unit.

    Kalau di total, keduanya (Brio Satya dan Brio RS) sudah mengantongi angka penjualan 11.730 unit pada Januari-Februari 2020, meningkat 13 persen dibandingkan penjualan Honda Brio pada periode yang sama di tahun lalu. 

    “Penjualan Honda Brio menjadi pendorong positif kinerja Honda di tengah-tengah kondisi pasar yang masih belum stabil di awal tahun ini. Saat ini kami juga melakukan monitoring dari hari ke hari untuk menanggapi kondisi terkini terkait kondisi pasar, untuk memastikan permintaan konsumen terhadap produk-produk Honda, termasuk untuk Honda Brio tetap terpenuhi,” ujar Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu. 

    Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2012, disusul dengan Honda Brio Satya di 2013, hingga saat ini sudah tercatat 345.013 unit Honda Brio yang terjual di seluruh Indonesia. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here