Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    BeritaDirakit di Indonesia, Harga VW Tiguan Allspace Lebih Murah Hampir Rp 100...

    Dirakit di Indonesia, Harga VW Tiguan Allspace Lebih Murah Hampir Rp 100 jutaan

    Pecinta Volkswagen (VW) kini bisa sedikit bernafas lega, kenapa? Karena PT Garuda Mataram Motor selaku agen pemegang merek VW kini menjual Tiguan Allspace dengan harga lebih murah dan proses suplai terbilang cepat.

    Hal ini tak lain karena unit VW Tiguan Allspace ternyata sudah resmi diproduksi di Indonesia, tepatnya di Cikampek, Jawa Barat melalui anak perusahaan Indomobil PT National Assemblers.

    Bahkan Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor Andrew Nasuri dan jajaran bos-bos VW dari Jerman turun langsung menyerahkan lima unit pertama VW Tiguan Allspace kepada lima pembeli pertama di Indonesia.

    “VW Tiguan Allspace ini merupakan hasil karya tenaga kerja Indonesia dengan kualitas tinggi sesuai standar Volkswagen Jerman. Kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen Volkswagen di Indonesia yang sudah mempercayai produk hasil dalam negeri dengan kualitas internasional,” ungkap Andrew saat acara ceremony penyerahan lima VW Tiguan Allspace di salah satu hotel di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (2/10/2019) malam.

    Kata Andrew, VW sengaja memproduksi produknya di Indonesia agar  lebih banyak orang dapat memiliki mobil asal Jerman ini, terlebih harganya menjadi lebih kompetitif.

    Sementara itu, Chief Operation Officer PT Garuda Mataram Motor Jonas Chendana mengatakan, sejak VW Tiguan Allspace diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 setidaknya sudah 450 unit terpesan.

    “Jumlah tersebut akan kami dahulukan untuk diselesaikan terlebih dulu dan hingga akhir tahun nanti kami menargetkan akan ada 800 – 1.000 unit selesai diproduksi,” ucap Jonas.

    Jonas sendiri tak menampik, bahwa dengan keberadaan fasilitas produksi VW secara lokal, maka hal itu turut serta mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia.

    Dengan diproduksi secara lokal ternyata harga VW Tiguan Allspace lebih murah Rp 97 juta, yakni dari Rp 695 juta menjadi Rp 598 juta.

    Kehebatan VW Tiguan Allspace

    VW Tiguan Allspace yang menggunakan platform MQB (modular transverse matrix) memiliki dimensi lebih besar, plus jarak sumbu roda 77mm lebih panjang dibanding generasi  sebelumnya, membuat kabin lebih leluasa. Pada bangku baris kedua dan ketiga disebut menawarkan fleksibilitas pelipatan bangku.

    Mobil ini memiliki kapasitas bagasi ketika seluruh bangku ditegakkan mencapai 230 liter, sementara saat bangku baris ketiga dilipat, kapasitasnya mencapai 700 liter, dan saat kedua baris bangku belakang terlipat, kapasitas terdongkrak menjadi 1.775 liter. 

    Di balik dashboardnya, semua tombol dan fitur tertata rapi dan dirancang agar mudah dijangkau oleh pengemudi. Konsep driver-oriented yang dimiliki Tiguan Allspace dirancang ergonomis dan memanjakan pengemudi.

    Pada panel instrumen, display Volkswagen Active Info menampilkan berbagai informasi multifungsi pada layar sebesar 12,3 inci, yang juga dapat menampilkan data spesifik di panel instrumen selain speedometer dan odometer.

    Sejumlah fitur yang ada pada mobil ini juga tak kalah menarik, seperti 3 Zone Climatronic AC, Cruise Control, kamera 360 derajat Area View, Park Assist System, Tire Pressure Monitoring, Electronic Stability Control (ESC), Automatic Post Collision Brake System, Electronic Parking Brake dengan Auto hold, enam buah Airbags dan ISOFIX untuk penggunaan tempat duduk anak yang aman di Tiguan Allspace.

    Nah, untuk jantung pacu, VW Tiguan Allspace dibenamkan mesin TSI empat silinder berkapasitas 1.4 liter yang mampu menyemburkan daya 150 bhp pada 5.000-6.000 rpm dan torsi 250 Nm  pada 1,500 – 3,500 rpm, yang disalurkan transmisi otomatis 6-speed kopling ganda (DSG) plus triptonic.

    Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim dapat berakselerasi 0 – 100 km/ jam dalam waktu 9,5 detik, dan sanggup mencapai kecepatan puncak hingga 202 km/ jam. 

    Oia, untuk memberikan pilihan warna Candy White, Deep Black, Indium Grey, Reflex Silver, dan Silk Blue.  (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait